Connect with us

Karir

Pernah Diminta Menggambar Pohon Ketika Psikotest ? Ini Dia Triknya

Published

on

Jika kamu pernah mengikuti psikotest/ test IQ/ atau tes CPNS pasti sudah tak asing dengan perintah menggambar sebuah pohon. Kira-kira apa maksudnya ya ? Nah ternyata tes menggambar pohon atau tes BAUM bertujuan untuk menilai karakter seseorang dengan cara menganalisis gambar yang dibuat peserta tes. Si pencipta test, Emil Jucker memilih pohon sebagai objek gambar dengan alasan pohon selalu tumbuh dan berkembang. Serta hasil penelitian menunjukkan bahwa pohon memiliki makna penting bagi manusia dan pohon dianggap mewakili manusia. 

Ketika psikotest akan dimulai, petugas akan membagikan kertas HVS putih dan kamu diberi kebebasan dalam menggambar pohon. Hasilnya gambarmu nanti akan dianalisis dan bisa dijadikan acuan untuk menilai karakter dan kepribadianmu.

Nah agar nantinya hasil testmu memuaskan, berikut beberapa point rahasia yang harus kamu perhatikan

  1. Pilihlah gambar pohon yang memiliki daun yang rindang, mempunyai kayu, ranting dan cabang, dan akan lebih bagus apabila kamu melengkapinya dengan bunga, buah, hingga akar.
  2. Pilihlah gambar pohon yang berkambium seperti pohon mangga, durian, jambu, atau pohon rambutan.
  3. Jangan menggambar pohon yang tidak berkambium dan tidak sempurna sesuai dengan poin nomor dua. Pohon-pohon yang perlu dihindari yaitu pohon bambu, pohon pisang, pohon pepaya, pohon cemara, pohon kelapa, pohon beringin atau pohon yang tidak berkambium lainnya.
  4. Berusahalah untuk menggambar dengan tidak terlalu banyak dihapus, hal ini akan menjadi penilaian oleh pihak HRD, karena hasil gambar yang rapi dan tidak terlalu banyak koreksi menunjukkan kamu sebagi pribadi yang tegas dengan karakter psikologi yang kuat dan stabil.
  5. Jangan terlalu kreatif dalam tahap menggambar pohon ini, apa maksudnya? yaitu menggambarlah tepat di tengah kertas yang kosong, jangan menggambar pada bagian pojok kanan atas, pojok kanan bawah, pojok kiri atas, ataupun pojok kiri bawah.
  6. Berilah judul sesuai dengan gambar pohon yang telah kamu buat, sehingga hal ini akan mempermudah penyeleksi menerjemahkan maksud gambar pohon yang kamu buat.

Agar lebih jelas, berikut contoh cara menggambar pohon yang tepat

 

Komentar
Continue Reading

Karir

Pendaftaran Dibuka 25 Oktober, Waktu Pelaksanaan Tes CPNS 2019 Masih Belum Pasti

Published

on

By

Kabar gembira datang bagi para pencari kerja. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tak lama lagi akan segera dibuka. Ini akan menjadi seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) kedua tahun ini setelah sebelumnya diselenggarakan tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I pada 23-24 Februari kemarin.

Berita ini jelas menjadi kabar yang menyejukkan, khususnya buat kamu yang tahun kemarin gagal lolos dalam seleksi CPNS 2018. Penantian dan kesabaranmu tak lama lagi akan terbayar.

Hanya saja, mengenai waktu pelaksanaan tesnya sampai saat ini masih belum bisa dipastikan. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dirinya masih harus membicarakan itu bersama pihak terkait lainnya.

Walaupun demikian, beliau juga menyatakan bahwa hal ini sama sekali tak terkait dengan proses pelantikan presiden pada tanggal 20 Oktober mendatang. Menteri baru dan program perekrutan ini tidak saling terkait lantaran sudah menjadi program pemerintah.

Sementara itu MenPAN-RB Syafruddin  menginformasikan bahwa penerimaan CPNS 2019 bakal menerima kurang lebih 100 ribu formasi. Dari 100 ribu formasi tersebut, kebanyakan merupakan tenaga pendidikan dan kesehatan.

Daripada penasaran dengan waktu pelaksanaan tes, ada baiknya waktu yang ada kamu gunakan untuk mempersiapkan segala administrasi yang diperlukan untuk pendaftaran nanti. Jadi tidak kebingungan saat mengisi form pendaftaran.

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu berlatih soal ujian CPNS. Soal-soal semacam itu bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko buku ataupun internet. Banyak berlatih akan membuat kemungkinanmu untuk lolos seleksi semakin besar.

Komentar
Continue Reading

Karir

Beberapa Peluang Kerja Untukmu yang Kuliah di Jurusan Filsafat

Published

on

Ketika mendengar Jurusan Filsafat mungkin yang terlintas di benak kamu adalah jurusan apa itu? Apa yang dipelajari? Bagaimana peluang kerjanya nanti? Dilansir dari wikipedia, filsafat merupakan studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.

Jurusan filsafat memang tidak sepopuler dengan jurusan lain seperti hukum, ekonomi, manajemen, keperawatan, dan lain-lain. Namun, ternyata sebagian besar serjana Filsafat mampu bekerja dalam berbagai bidang pekerjaan dan gajinya pun juga cukup besar. Nah buat sobat spaneng yang masih bingung mau kerja apa nantinya, berikut beberapa prospek kerja dari jurusan filsafat

1. Kependidikan (Guru/ Dosen)

Apapun jurusannya, pasti sangat mungkin untuk menjadi Guru/ Dosen di jurusan tersebut. Tak terkecuali filsafat. Adapun gaji seorang guru maupun dosen berkisar 3 hingga 4 jutaan, dan itu juga belum termasuk tunjangan ya.

2. Penulis Buku

Biasanya seorang mahasiswa filsafat akan terlatih untuk memainkan kata-kata dan berpikir kritis. Kalau sudah punya keahlian ini, jangan sia-siakan begitu saja karena ada baiknya kamu mencoba untuk menulis buku. Jika tulisanmu menjadi best seller, tidak menutup kemungkinan kamu akan menjadi jutawan !

3. Publikasi/ Media (Wartawan/ Reporter)

Jangan sia-siakan kemampuan berpikir kritis kamu untuk tak mencoba hal-hal baru, seperti contohnya menjadi reporter/ wartawan. Profesi ini cocok karena seorang yang memiliki ilmu filsafat dapat dengan mudah melihat kritis suatu berita atau permasalahan yang terjadi di sekitar.

4. Politikus/ Pejabat Pemerintahan

Prospek kerja lain yang bisa kamu coba adalah sebagai politikus/ pejabat pemerintahan. Dalam menyelesaikan permasalahan dan mengambil keputusan, kamu yang memiliki ilmu filsafat dapat menganalisis permasalahan dengan baik. Dan kalau bicara soal gaji pejabat, sudah menjadi rahasia umum jika seorang pejabat gajinya tidaklah sedikit !

5. Auditor Keuangan

Di bidang keuangan, kamu bisa juga menjadi seorang auditor keuangan. Gaji profesi ini juga tak kalah menggiurkan lho,berkisar antara 3 hingga 10 juta.

Itulah beberapa prospek kerja Filsafat. Cukup beragam dan menarik bukan ?

Komentar
Continue Reading

Karir

Mengenal Profesi Public Relations (PR), Cocok Buat Kamu yang Mudah Bergaul

Published

on

Public relations (PR) menjadi salah satu profesi yang banyak diincar oleh para job seeker atau pencari kerja. Karena menjanjikan penghasilan tinggi, maka seorang PR harus menciptakan ide dan solusi serta membangun komunikasi dengan klien maupun media. Profesi ini merupakan pekerjaan yang penting bagi suatu perusahaan.

Mungkin kamu pernah melihat iklan produk sabun di televisi untuk mengampanyekan mencuci tangan secara bersih. Atau mungkin kamu tidak asing mendengar tagline “Sumber air sudekat” di salah satu iklan perusahaan air minum. Itu adalah hasil kerja bagian (PR) perusahaan-perusahaan tersebut.

img: south africa today

Apa tugas dari PR ?

Tugas Public Relation atau Hubungan Masyarakat (Humas) intinya adalah mebangun komunikasi dan mengelola sebuah reputasi dari kliennya, atau instansi tempatnya bekerja. Maka tak jarang seorang PR akan tampil berbicara didepan umum mewakili perusahaannya.

PR menggunakan segala bentuk media dan komunikasi untuk membangun, mengelola, dan menjaga reputasi klien mereka. PR dapat bekerja sebagai bagian internal perusahaan, bekerja bagi pemerintah, maupun bekerja di PR Agency. Seorang PR internal perusahaan salah satu perannya adalah melakukan riset terhadap pasar dan menjelaskan risetnya kepada manajemen sehingga manajemen paham apa yang menjadi perhatian, harapan, dan keinginan konsumen perusahaan tersebut.

Kompetensi apa yang dibutuhkan oleh seorang PR ?

Tentunya menguasai komunikasi baik komunikasi internal maupun komunikasi eksternal, serta memiliki kemampuan analisis yang baik terhadap suatu hal. Misalnya perusahaan terkena isu negatif, maka tugas PR adalah melakukan crisis management untuk menanggulangi isu tersebut

Bagaimana prospek karir seorang PR di Indonesia ?

PR adalah sebuah industri yang sedang berkembang. Menurut data dari pemerintah AS, permintaan terhadap jenis pekerjaan ini meningkat sekitar 12% di beberapa negara berkembang seperti Indonesia pada tahun 2012-2022

Jadi buat kamu yang mempunyai sifat supel, berpenampilan menarik, dan mudah bergaul, profesi yang satu ini sepertinya cocok !

 

Komentar
Continue Reading

Trending