Connect with us

Karir

Pendaftaran Dibuka 25 Oktober, Waktu Pelaksanaan Tes CPNS 2019 Masih Belum Pasti

Published

on

Kabar gembira datang bagi para pencari kerja. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tak lama lagi akan segera dibuka. Ini akan menjadi seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) kedua tahun ini setelah sebelumnya diselenggarakan tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I pada 23-24 Februari kemarin.

Berita ini jelas menjadi kabar yang menyejukkan, khususnya buat kamu yang tahun kemarin gagal lolos dalam seleksi CPNS 2018. Penantian dan kesabaranmu tak lama lagi akan terbayar.

Hanya saja, mengenai waktu pelaksanaan tesnya sampai saat ini masih belum bisa dipastikan. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dirinya masih harus membicarakan itu bersama pihak terkait lainnya.

Walaupun demikian, beliau juga menyatakan bahwa hal ini sama sekali tak terkait dengan proses pelantikan presiden pada tanggal 20 Oktober mendatang. Menteri baru dan program perekrutan ini tidak saling terkait lantaran sudah menjadi program pemerintah.

Sementara itu MenPAN-RB Syafruddin  menginformasikan bahwa penerimaan CPNS 2019 bakal menerima kurang lebih 100 ribu formasi. Dari 100 ribu formasi tersebut, kebanyakan merupakan tenaga pendidikan dan kesehatan.

Daripada penasaran dengan waktu pelaksanaan tes, ada baiknya waktu yang ada kamu gunakan untuk mempersiapkan segala administrasi yang diperlukan untuk pendaftaran nanti. Jadi tidak kebingungan saat mengisi form pendaftaran.

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu berlatih soal ujian CPNS. Soal-soal semacam itu bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko buku ataupun internet. Banyak berlatih akan membuat kemungkinanmu untuk lolos seleksi semakin besar.

Komentar

Karir

Resmi Dibuka 11 November 2019! Inilah Daftar Formasi Lengkap Rekruitmen CPNS 2019

Published

on

By

Setelah sempat mundur karena adanya pergantian menteri di Kementerian PAN-RB, akhirnya jadwal penerimaan CPNS 2019 secara resmi telah ditetapkan akan dibuka mulai tanggal 11 November 2019 mendatang. Pengumuman itu disampaikan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo lewat Pengumuman No: B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Sama seperti pada rekrutmen tahun sebelumnya, pendaftaran rekrutmen CPNS tahun ini juga dilakukan pada website SSCASN BKN (sscasn.bkn.go.id). Satu orang pelamar hanya boleh mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda. Jadi tidak ada ceritanya seorang pelamar akan diterima di dua instansi sekaligus.

Selain akan membingungkan, hal tersebut juga berpotensi menimbulkan iri hati dan dengki bagi mereka yang tidak lolos. Sehingga panitia menetapkan bahwa satu pelamar hanya bisa mengisi satu formasi jabatan dan satu instansi saja sebagai tempat yang dituju untuk menggantungkan masa depannya.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada rekrutmen CPNS 2019 juga tetap akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang telah terbukti menekan angka kecurangan dan percaloan. Rencananya, SKD akan dilakukan pada Februari 2020 dan dilanjutkan dengan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

Kamu yang gagal di CPNS 2018 masih ingat kan bagaimana membingungkannya soal-soal di test ini??? Semoga tim pembuat soalnya tak seperti tahun lalu yaa..

Dilansir dari detik.com (28/10/2019), berikut susunan lengkap formasi CPNS 2019. Selamat memilah dan memilih. Semoga tepat dan akurat.

Komentar
Continue Reading

Karir

Efek Pergantian Menteri, Pengumuman Pendaftaran Seleksi CPNS 2019 Mundur

Published

on

By

Sobat pencari kerja idaman calon mertua dimanapun kalian berada, ada baiknya bagi kalian untuk beli stok kesabaran di toko terdekat. Pengumuman pendaftaran seleksi CPNS 2019 yang seharusnya dilakukan hari ini batal terlaksana.

Hal itu merupakan efek dari adanya pergantian menteri di Kementerian PAN-RB. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan mengatakan pengumuman seleksi kemungkinan diundur.

“Nampaknya begitu. Belum ada pengumuman dari Pak Menpan RB,” kata Ridwan yang dilansir dari detik.com (25/06/2019).

Meskipun demikian, Ridwan juga menyampaikan bahwa Bulan Oktober ini masih ada satu minggu lagi. Jadi kalaupun mundur, pengumuman pendaftaran seleksi CPNS 2019 ada kemungkinan masih tetap di bulan Oktober. Panitia seleksi tampaknya perlu koordinasi terlebih dahulu dengan MenPAN-RB yang baru.

Kejadian semacam ini juga terjadi dalam seleksi CPNS 2018 lalu. Adanya pergantian menteri di Kementerian PAN-RB membuat jadwal penerimaan CPNS 2018 diundur. Walaupun begitu, dengan segala suka dukanya, seleksi CPNS 2018 akhirnya dapat terlaksana juga dengan menyisakan kalian yang belum berhasil dan masih menabur harap di seleksi tahun ini.

Mau diundur satu hari, satu minggu, ataupun satu bulan, sebenarnya hal itu bukan suatu penghalang. Anggap saja itu sebagai ujian pertama dalam seleksi CPNS tahun ini. Ya itu, ujian kesabaran. Lagian sebelum ujian tertulis dimulai, ujian kesabaran kalian masih akan terus berlanjut dengan susahnya login ke situs BKN.

Tapi tentunya kita semua berharap hal seperti itu tak terulang lagi tahun ini. Ketikkan amin di kolom komentar…..

Komentar
Continue Reading

Karir

Beberapa Peluang Kerja Untukmu yang Kuliah di Jurusan Filsafat

Published

on

Ketika mendengar Jurusan Filsafat mungkin yang terlintas di benak kamu adalah jurusan apa itu? Apa yang dipelajari? Bagaimana peluang kerjanya nanti? Dilansir dari wikipedia, filsafat merupakan studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.

Jurusan filsafat memang tidak sepopuler dengan jurusan lain seperti hukum, ekonomi, manajemen, keperawatan, dan lain-lain. Namun, ternyata sebagian besar serjana Filsafat mampu bekerja dalam berbagai bidang pekerjaan dan gajinya pun juga cukup besar. Nah buat sobat spaneng yang masih bingung mau kerja apa nantinya, berikut beberapa prospek kerja dari jurusan filsafat

1. Kependidikan (Guru/ Dosen)

Apapun jurusannya, pasti sangat mungkin untuk menjadi Guru/ Dosen di jurusan tersebut. Tak terkecuali filsafat. Adapun gaji seorang guru maupun dosen berkisar 3 hingga 4 jutaan, dan itu juga belum termasuk tunjangan ya.

2. Penulis Buku

Biasanya seorang mahasiswa filsafat akan terlatih untuk memainkan kata-kata dan berpikir kritis. Kalau sudah punya keahlian ini, jangan sia-siakan begitu saja karena ada baiknya kamu mencoba untuk menulis buku. Jika tulisanmu menjadi best seller, tidak menutup kemungkinan kamu akan menjadi jutawan !

3. Publikasi/ Media (Wartawan/ Reporter)

Jangan sia-siakan kemampuan berpikir kritis kamu untuk tak mencoba hal-hal baru, seperti contohnya menjadi reporter/ wartawan. Profesi ini cocok karena seorang yang memiliki ilmu filsafat dapat dengan mudah melihat kritis suatu berita atau permasalahan yang terjadi di sekitar.

4. Politikus/ Pejabat Pemerintahan

Prospek kerja lain yang bisa kamu coba adalah sebagai politikus/ pejabat pemerintahan. Dalam menyelesaikan permasalahan dan mengambil keputusan, kamu yang memiliki ilmu filsafat dapat menganalisis permasalahan dengan baik. Dan kalau bicara soal gaji pejabat, sudah menjadi rahasia umum jika seorang pejabat gajinya tidaklah sedikit !

5. Auditor Keuangan

Di bidang keuangan, kamu bisa juga menjadi seorang auditor keuangan. Gaji profesi ini juga tak kalah menggiurkan lho,berkisar antara 3 hingga 10 juta.

Itulah beberapa prospek kerja Filsafat. Cukup beragam dan menarik bukan ?

Komentar
Continue Reading

Trending