Inspirasi, Kisah Nyata

Microsoft Pelunas Utang! Inilah Alasan Bill Gates Melunasi Utang Nigeria

Meski bukan lagi berpredikat sebagai orang terkaya di dunia, namun hal itu tidak mengurangi semangat Bill Gates untuk saling berbagi dengan sesama. Baru-baru ini pemilik Microsoft itu telah melunasi utang pemerintah Nigeria kepada Jepang senilai 76 juta dollar AS atau setara dengan 1,02 triliun rupiah. Nominal yang cukup fantastis, apalagi yang dibantu bukanlah sekedar yayasan atau perorangan melainkan sebuah negara.

Bill Gates menyalurkan bantuannya tersebut melalui yayasannya yaitu Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF) yang telah didirikan sejak tahun 2000. Jangkauan donasi lembaga ini telah mencapai lebih dari 100 negara. Berkantor pusat di Washington DC, BMGF juga memiliki sejumlah kantor cabang mulai dari India, Cina, Inggris, Ethiopia, hingga ke Afrika Selatan. Jumlah karyawannya pun cukup banyak yaitu 1400an orang. Dengan daya jangkaunya yang luas itu, BMGF telah banyak memberikan bantuan sosial kepada mereka yang membutuhkan.

Program pemberantasan polio

images : buzznigeria.com

Sebenarnya apa sih alasannya Bill Gates mau ikut membantu melunasi utang Nigeria? Ternyata alasannya adalah pemberantasan penyakit polio. Nigeria tercatat sebagai negara yang beresiko tinggi terkena polio. Karena itulah pemerintah Nigeria sampai berhutang kepada pemerintah Jepang untuk membiayai proses vaksinasi dan telah dimulai sejak tahun 2014 lalu. Dengan jangka waktu pelunasan selama 20 tahun, itu artinya utang pemerintah Nigeria baru akan lunas tahun 2034 mendatang.

Beruntungnya Nigeria tak perlu menunggu selama itu untuk melunasi utangnya. Karena kesuksesannya dalam memerangi polio, terbukti pada tahun 2017 tidak ada lagi kejadian polio di negara itu, BMGF ikut membantu Nigeria dalam pelunasan utang tersebut. Sebab pemberantasan polio merupakan salah satu program kemanusiaan yang dijalankan oleh BMGF.

Bill Gates adalah orang kaya berhati mulia

http://www.surechill.com

Kekayaan tampaknya tidak membuat seorang Bill Gates lupa diri. Justru sebaliknya, semakin dia kaya maka semakin banyak juga uangnya yang dipakai untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Salah satunya adalah negara Nigeria tadi. Melalui BMGF itu pulalah Bill Gates banyak menyalurkan bantuannya.

Mulai dari program pemberantasan penyakit, pengentasan kemiskinan, sampai hal-hal kecil seperti pemberian perangkat komputer. BMGF inipun sampai dikenal sebagai lembaga sosial yang paling murah hati. Sampai tahun 2016 saja, nilai bantuan yang telah disalurkan mencapai 413 milyar dolar. Namun dalam mengelola BMGF Bill Gates juga tidak sendirian. Lembaga ini juga didukung modal besar oleh teman-teman Gates seperti Warren Buffet.

Terlepas dari siapa donaturnya, tetap saja inisiatif Bill Gates untuk mendirikan BMGF patut di apresiasi. Status sebagai salah satu orang terkaya di dunia tidak membuat Gates menjadi sombong dan terus berupaya memperkaya diri. Ia justru semakin memperbanyak program kemanusiaan. Selain itu segala aktivitasnya ini juga bukan sebuah pencitraan karena Gates bukanlah seorang politikus yang sedang ingin memperoleh kekuasaan. Segala aktivitasnya itu murni program kemanusiaan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dunia.

Semoga saja semakin banyak orang-orang kaya yang berhati mulia seperti Bill Gates yaa, biar tidak ada lagi berita tentang kelaparan, wabah penyakit, ataupun gizi buruk di dunia ini. Asalkan mau saling membantu, kita semua bisa saling berbagi kebahagiaan.

 

 

Comments

comments