Connect with us

Fotografi

Menghasilkan Foto Bagus dari Tempat Yang Biasa-Biasa Saja? Fotografer Profesional ini Menceritakan Rahasianya!

Published

on

Dengan segala kemudahan di era kemajuan, setiap orang bisa menjadi seorang fotografer untuk dirinya sendiri atau orang lain. Berbagai alat pendukung seperti beberapa jenis kamera maupun kecanggihan fitur kamera smartphone bisa menjadi senjata utama untuk kamu yang ingin bergelut di dunia fotografi.

Akan tetapi, menjadi seorang fotografer bukanlah hal yang mudah, selain harus tahu beberapa fungsi dari kamera kamu juga harus bisa mencari dan mengexplore ide-ide serta konsep unik bahkan pemilihan spot atau tempat foto yang belum pernah ada atau belum pernah digunakan oleh orang lain agar hasil fotomu bisa berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri.

Untuk kamu yang masih bingung menemukan spot atau tempat foto yang bagus, namun masih bingung bagaimana menjadikan tempat tersebut menjadi indah jika diabadikan, mungkin trik dan tips dari seorang fotografer profesional ini bisa kamu coba. Dilansir dari borendpanda.com  Philip Haumeseer seorang fotografer profesional, menceritakan tentang proses pengambilan foto yang terbilang unik dan simple namun menghasilkan karya foto yang luar biasa.

Philip Haumeseer sering mendapat pertanyaan tentang pemilihan lokasi pemotretan, ia menegaskan jika keindahan itu ada di sekitar kita, tidak perlu jauh-jauh di sungai dekat rumah pun bisa dijadikan lokasi pemotretan. “buka mata, mereka ada di sekitar anda, dan anda tidak perlu kemana-mana” kata Philip.

Pemilihan lokasi memang sering menjadi pertimbangan besar bagi para forografer pemula, namun jika kamu melihat proses Philip menciptakan sebuah karya dari tempat-tempat yang terbilang biasa mungkin kamu akan berfikir bahwa foto itu bukan hanya tentang kamera dan lokasi akan tetapi lebih ke rasa, kekuatan ide dan konsep gagasan.

Berikut beberapa foto yang menunjukkan bagaimana proses Philip Haummeser menggunakan tempat-tempat biasa untuk dijadikan sebuah karya fotografi yang luar biasa.

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

image : boredpanda. com

 

Komentar
Continue Reading

Fotografi

Ingin Liburan ke Dieng? Inilah Tips Agar Kamera Tidak Berembun Karena Suhu Dingin

Published

on

By

Libur lebaran memang telah usai. Tapi libur semesteran bagi kamu yang masih kuliah ataupun duduk di bangku kuliah justru baru akan dimulai. Salah satu destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi saat musim liburan adalah kawasan dataran tinggi Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah.

Bagi kamu yang ingin berlibur ke kawasan Dieng, perlu kamu ketahui bahwa suhu di kawasan tersebut saat ini sedang dingin-dinginnya. Jaket adalah atribut wajib yang harus kamu bawa jika hendak kesana. Begitu juga dengan setelan pakaian tebal jika tidak ingin menggigil kedinginan.

Bahkan dimalam sampai pagi hari, suhu di Dieng bisa mencapai minus 0 derajat celcius atau mencapai titik beku. Maka jangan heran jika kamu nanti menemukan butiran-butiran es yang berasal dari embun yang membeku di dedaunan.

Tentunya kamu tak ingin melewatkan moment tersebut. Karena itulah kamu juga harus membawa kamera untuk mengabadikannya. Lantas bagaimana caranya agar kamera tidak berembun jika hendak digunakan di kawasan dengan suhu sedingin sikapnya ke kamu Dieng saat ini?

Dilansir dari laman detik.com caranya ternyata cukup mudah. Kamera bisa kamu masukkan terlebih dahulu ke plastik yang diziplock agar kedap udara, baru masuk ke dalam ruangan. Kamera bisa dibiarkan selama 15-30 menit supaya bisa perlahan-lahan menyesuaikan dengan suhu di dalam ruangan. Yang lebih perlu diperhatikan adalah kameranya sebaiknya memiliki fitur weathersealing yang bagus, supaya bisa tahan air dan suhu ekstrim.

Dengan begitu kameramu akan aman dari dinginnya suhu yang bisa membuat lensa berembun dan akan mengganggu proses pengabadian momentmu. Jadi kamu bisa dengan leluasa memotret suasana pagi yang penuh dengan kebekuan di dataran tinggi Dieng.

Komentar
Continue Reading

Fotografi

Harga dan Keunggulan Instax SQ20, Kamera Terbaru Keluaran Fujifilm

Published

on

By

Instax SQ20 akhirnya diluncurkan di Indonesia. Seri kamera terbaru dari Fujifilm ini memiliki sejumlah keunggulan dan lebih menarik daripada seri pendahulunya, Instax SQ10.

Sejak jaman dahulu, Fujifilm sudah terkenal di dunia fotografi. Kamu pasti pernah mengalami saat ikut piknik SD atau SMP, teman-temanmu menggunakan kamera dengan merk Fujifilm untuk mengabadikan momen kala itu. Di medio 90an, nama-nama seperti Sony ataupun Canon belum terlalu familiar di Indonesia. Saat dunia fotografi beralih ke digital, Fujifilm ternyata juga mampu beradaptasi dengan mengeluarkan kamera-kamera andalannya.

Hari ini Fujifilm telah resmi merilis kamera seri terbarunya yakni Instax SQ20. Kamera ini memiliki desain menarik dan ergonomis sehingga diharapkan mampu menarik minat generasi muda yang enerjik serta kreatif. Selama ini pengguna Fujifilm kebanyakan adalah anak muda.

images: photorumors.com

Instax SQ20 merupakan kamera instan hybrid dengan sensor gambar digital. Dengan demikian, pengguna bisa memilih foto, meng-edit, menghiasnya dengan filter, lalu langsung mencetak foto tersebut. Adanya fitur motion grab memungkinkan penggunanya dapat menangkap obyek bergerak sehingga bisa mendapatkan momen terbaiknya untuk diabadikan dalam sebuah foto tanpa terlewat sedikitpun.

Dengan adanya fitur motion grab, pengguna dapat merekam video singkat dengan maksimal durasi 15 detik, dan setelahnya mereka dapat memilih frame foto terbaik dari video yang bisa dicetak langsung. Sangat mudah sekali bukan? Tinggal rekam saja dan kamu bisa memilih frame mana yang pas untuk kamu ambil lalu cetak.

Selain itu, terdapat juga fitur Time Shift Collage yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil 4 gambar berbeda dalam rentang waktu tertentu yang nantinya dapat digabungkan dalam satu foto. Pada kamera digital fitur ini dikenal sebagai burst.

Agar foto yang dihasilkan memiliki kesan lebih hidup, dramatis, dan nyata, instax SQ20  dilengkapi dengan filter sequence sehingga pengguna dapat menambahkan efek dinamis pada foto dengan adanya bayangan pada gerakan obyek. Kamu doyan berswafoto? Jangan khawatir, sebab kamu bisa memanfaatkan kaca refleksi yang terletak di samping lensa.

Lensa instax SQ20 sendiri dibekali dengan 4x digital zoom. Kamera ini hadir dengan dua warna yakni hitam matte dan beige. Lantas berapa harga Instax SQ20? Dengan budget kurang lebih 3 jutaan, kamu sudah bisa membawa pulang kamera ini. Cukup terjangkau bukan?

 

 

 

Komentar
Continue Reading

Fotografi

Beragam Kreasi Foto Unik Dengan Koleksi Buku yang Bikin Feed Instagram Kamu Makin Keren

Published

on

By

Untuk membuat sebuah karya foto memang gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena hanya dengan bermodalkan smartphone saja seseorang sudah bisa membuat foto. Tapi bisa juga dibilang susah karena harus punya kreatifitas agar foto yang dihasilkan berkualitas. Kalau sekedar asal jadi sih gampang, cuma ya siap-siap saja kalau foto yang dihasilkan hanya datar saja.

Seorang instagrammer yang juga pecinta buku, James Trevino, berhasil membuat feed instagramnya terlihat menarik dengan bermodalkan koleksi buku yang dimilikinya. Ia menyusun koleksi buku-bukunya dengan bentuk sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah karya seni foto yang indah dan terlihat sangat kreatif.

Dilansir dari akun instagramnya @james_trevino, berikut ini adalah koleksi foto-fotonya.

  1. Wahh…banyak juga yaa koleksinya…

2. Ahh…mungkin dia sedang lelah sampai ketiduran diatas buku…

3. Harry Poter? Bukan…ini James Trevino yang lagi habis nyapu

4. Kali ini James jadi bajak laut…

5. Karena bertapa didalam gua sudah terlalu mainstream

6. Kayaknya si James lagi nyari inspirasi

7. Ini bentuk apa sih?

8. Jadi matahari…tapi tak bersinar…hahaha

Nah cukup kreatif kan? Kamu bisa mencobanya di rumah biar feed instagram kamu makin variatif. Gak melulu cuma duduk di pantai atau memotret makanan di cafe. Selamat mencoba yaa…

Komentar
Continue Reading

Trending