Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Piknik

Mengenal Lebih Dekat Pulau Derawan, Kepingan Surga Kecil di Kalimantan Timur

Published

on

Wisata Bahari di Indonesia identik dengan Pulau Bali, Bunaken, atau Raja Ampat. Namun, siapa sangka ternyata di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ternyata juga mempunyai surga tersembunyi yang tak kalah eksotis bernama Pulau Derawan. Menjadi satu diantara beribu-ribu pulau di Indonesia, Pulau Derawan merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi kamu yang menyukai snorkeling, diving, atau penggemar fauna bawah laut yang langka seperti penyu hijau. Pulau yang keindahannya tak kalah dengan Maldives ini memang terkenal dengan kawasan konservasi penyu hijau dimana wisatawan mancanegara sering berkunjung ke kawasan ini untuk menikmati aktivitas diving sekaligus menyaksikan proses bertelurnya penyu hijau.

img: indozonetravel.com

Untuk mencapai Pulau Derawan yang pertama kamu lakukan adalah menuju kota Balikpapan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Batu di Kabupaten Berau dimana bisa ditempuh dengan 2 jalur yaitu darat dan udara. Untuk jalur udara, cukup ditempuh dalam waktu 45 menit sedangkan untuk jalur darat perjalanan cukup panjang yaitu mencapai 20 jam. Dari Pelabuhan Tanjung Batu ke Pulau Derawan ditempuh dengan menggunakan speedboat dalam waktu 30 menit.

Perjalanan panjang tersebut akan setimpal dengan apa yang akan kamu dapatkan di sana. Berikut beberapa objek wisata yang dapat dinikmati di kawasan Kepulauan Derawan

  1. Aktivitas Bawah Laut Pulau Derawan

    img: dolandolen.com

    Berbagai aktivitas bisa kamu nikmati disini mulai dari snorkeling, diving, hingga berenang bersama Hiu Paus di Taliyasan. Jangan heran apabila di sana air begitu jernih dan pulaunya masih sangat bersih, karena memang kawasan tersebut masih jarang terjamah wisatawan.

  2. Pulau Sangalaki

    img: borukaro.com

    Salah satu pulau di Kepulauan Derawan ini terkenal dengan konservasi penyunya. Kamu bisa menyaksikan langsung bagaimana penyu bertelur di sana, dan juga berbagai spot diving dapat kamu nikmati di Pulau Sangalaki.

  3. Pulau Gusung Sanggalau

    img: borukaro.com

    Seperti halnya di Kepulauan Karimun Jawa atau di Pulau Belitung, di kawasan Kepulauan Derawan juga mempunyai pulau gosong atau pulau yang hanya muncul ketika air laut sedang surut. Masyarakat setempat menyebutnya Pulau Gusung Senggalau.

  4. Derawan Dive Resort

    img: tripadvisor.co.za

    Tak perlu jauh-jauh ke Maldives untuk menginap di atas laut berwarna biru tosca dengan jalan setapaknya yang sungguh memukau mata. Di penginapan Derawan Dive Resort kamu sudah bisa menikmati semuanya itu dengan harga yang setimpal.

5. Pulau Maratua dan Goa Haji Mangku

img: marischkaprudence.blogspot.com

Masih di kawasan Berau, lebih tepatnya 3 jam perjalanan menggunakan speedboat kamu bisa menemukan pecahan surga kecil yang begitu indahnya di Pulau Maratua. 

img: derawan.info

6. Danau Labuan Cermin

img: indonesiakaya.com

Bagaimana, tertarik untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba spot wisata ini ? 

Komentar
Continue Reading

Hobi

Resep Nugget Pisang Kekinian Anti Gagal

Published

on

Biasanya, pisang hanya disajikan dalam variasi direbus atau digoreng saja sebagai sajian pendamping saat minum kopi atau teh. Tapi agar semakin nikmat, tak ada salahnya untuk mencoba membuat olahan nugget pisang berikut ini.

img: beautynesia

Bahan-bahan:

  • 10 buah pisang kepok
  • 1 bungkus tepung pisang goreng
  • air es secukupnya
  • tepung roti secukupnya
  • 1 bungkus cokelat untuk topping

img: manaberita.com

Cara membuat:

  • Kupas pisang, belah menjadi 2 atau 4 bagian.
  • Buat adonan tepung dari tepung pisang goreng siap saji, beri air es secukupnya, dan usahakan kental.
  • Gulingkan pisang goreng ke dalam adonan tepung, kemudian gantian ke tepung roti. Tekan-tekan supaya tepung roti menempel dengan baik.
  • Masukkan pisang ke kulkas selama 15 menit, supaya adonan menempel sempurna.
  • Goreng pisang sampai matang hingga warnanya kuning keemasan.

Bagaimana, mudah bukan untuk membuatnya?

Komentar
Continue Reading

Kuliner

Berbagai Resiko Kesehatan Dibalik Nikmatnya Kol Goreng

Published

on

Buat kamu yang hobi kuliner di warung tenda kaki lima pasti tak asing lagi dengan sajian kol goreng. Ya, selain disajikan sebagai lalapan, ternyata sebagian orang lebih suka jika kol digoreng dahulu. Mungkin terdengar aneh, namun rasanya tak kalah enak bahkan akan lebih nikmat bila di campur sambal.

Pada dasarnya, kol mempunyai banyak manfaat bagi tubuh karena banyaknya zat di dalamnya. Contohnya saja kol punya zat anti kanker yang dapat menurunkan resiko kanker, seperti kanker payudara. Namun manfaat tersebut akan berbanding terbalik ketika kol digoreng di suhu yang sangat panas, karena justru akan merusak zat baik dan malah menghasilkan beragam risiko bagi kesehatan tubuh.

Berikut alasan yang dirangkum hitsbanget.

img: health.detik.com

1. Merusak kandungan dalam kol.
Dibalik rasa yang enak dan lezat, ternyata kol yang digoreng justru dapat menghancurkan berbagai jenis vitamin yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin A, B, C, dan K. Kalau sudah merusak vitamin dan juga kandungan dalam zat, percuma juga ya makan kol yang sebenarnya punya manfaat dalam tubuh. Alih-alih mendapatkan manfaat nutrisi, yang ada malah menumbuhkan penyakit.

2. Dapat memicu kanker.
Dengan menggoreng kol di suhu panas bahkan melakukan di minyak yang sudah digunakan berkali-kali tentunya kol menjadi sangat tidak baik bagi tubuh kita. Minyak yang sudah digunakan berkali-kali mengandung radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, kol goreng tersebut akan merangsang munculnya senyawa amina heterosiklik yang bersifat karsinogenik. Senyawa inilah yang kemudian bisa menjadi pemicu kanker.

3. Menyebabkan obesitas dan serangan Jantung
Sesungguhnya kol mempunyai segudang manfaat terutama untuk kesehatan jantung, namun hal tersebut akan berbeda jika kol diolah secara digoreng karena malah berubah menjadi sangat berbahaya. Kol akan menyerap minyak sehingga kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam minyak goreng akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti obesitas dan serangan jantung. Wah, bahaya banget ya.

Itulah beberapa resiko kesehatan yang akan timbul jika kamu mengkonsumsi kol goreng. Walaupun enak harus dipikirkan lagi ya! Hayo siapa nih yang suka makan kol goreng?

Komentar
Continue Reading

Hobi

Negara-Negara Kecil Di Dunia, Cuma Seluas Kecamatan!

Published

on

Beruntunglah kita yang tinggal di Negara Indonesia, negara yang luas dan kaya akan keanekaragaman hayati serta adat budaya. Karena di dunia ini, tidak semua negara mempunyai wilayah yang luas. Beberapa diantaranya hanya seluas kecamatan atau bahkan landasan pacu pesawat! Nah berikut 5 negara terkecil di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Yuk simak!

  1. Vatikan.

    img: ilmupengetahuanumum.com

    img: agolf.xyz

    Berada di dalam Kota Roma, Vatikan memiliki nama resmi negara Kota Vatikan. Negara yang dikelilingi tembok ini merupakan negara terkecil didunia dengan populasi sebanyak 842 jiwa penduduk di area 0,44 km persegi, atau hanya 1/3 luas kebun Binatan Ragunan!

  2. Monako.

    img: oocities.org

    img: kumparan.com

    Selain Vatikan, negara kecil lainnya adalah Monako yang hanya memiliki luas 2 km persegi atau setara dengan panjang landasan pacu sebuah pesawat. Dengan luas yang hanya sepanjang landasan pacu, Monako menjadi negara terkecil kedua di dunia. Namun, ibarat ‘kecil-kecil cabe rawit’, negara yang berbatasan dengan Negara Perancis ini menjadi rumah bagi jutawan dan banyak milyader dunia lho!

  3. Nauru.

    img: merdeka.com

    Terletak di sebelah timur Pulau Papua, negara yang merdeka pada tahun 1968 ini memiliki luas daratan 21 km persegi. Namun meskipun hanya memiliki luas wilayah sepanjang Tol Cikampek, Negara Nauru memiliki penduduk lebih dari 10ribu jiwa.

  4. Tuvalu

    img: jpnn.com

    Terletak di antara Hawaii dan Australia, Tuvalu yang hanya mempunyai luas sebesar 26 kilometer persegi ini merupakan negara terkecil keempat di dunia. Populasi penduduknya sekitar 10ribu jiwa dengan pekerjaan rata-rata sebagai nelayan dan pemilik laguna.

  5. San Marino

    img: kumparan.com

    Republik San Marino merupakan negara terkecil kelima di dunia dan di kelilingin oleh negara Italia. Dengan luas daratan yang hanya 61 kilometer persegi, San Marino dihuni oleh 33.562 penduduk. Namun meskipun negara kecil, San Marino pernah menjadi tuan rumah ajang balap motor dunia MotoGP lho!

Itulah lima negara terkecil di dunia, adakah keinginan untuk tinggal di salah satunya ?

Komentar
Continue Reading

Trending