Olahraga

Lalu Muhammad Zohri, Pemuda Asal Nusa Tenggara yang Harumkan Nama Indonesia

images: bisnis.com

Di tengah hiruk pikuk pemberitaan tentang piala dunia dan persiapan Asian Games, mendadak muncul berita mengejutkan dari Finlandia. Jauh di Eropa Utara sana seorang anak muda dari Nusa Tenggara Barat berhasil menjadi juara dunia lari 100 meter dalam kejuaraan atletik U-20.

Anak muda itu bernama Lalu Muhammad Zohri. Di usianya yang masih 18 tahun ia sudah bisa menjadi kebanggaan Indonesia karena berhasil menciptakan sejarah baru di dunia atletik untuk Indonesia. Sepanjang sejarah prestasi tertinggi atlet Indonesia di ajang lari 100 meter hanyalah peringkat kedelapan pada tahun 1986.

Zohri berhasil finish di posisi pertama dengan raihan waktu 10,18 detik. Ia lebih cepat dari dua pelari asal Amerika Serikat, Anthony Scwartz dan Eric Harrison yang sama-sama meraih waktu 10,22 detik.

Berbeda dengan atlet negara lain yang langsung mengambil bendera negara untuk dipakai saat selebrasi, Zohri justru terus berlari setelah namanya disebut sebagai yang tercepat. Setelah itu ia melakukan sujud syukur sebagai perayaan atas kemenangannya.

Penasaran seperti apa penampilan Zohri di Finlandia? Saksikan saja video dibawah ini.

Sayangnya prosesi perayaan kemenangan tersebut agak ternoda dengan insiden tidak adanya bendera merah putih dan lagu Indonesia Raya. Meskipun demikian hal itu tetap tidak mengurangi rasa bangga Zohri yang telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia.

images: beritacenter.com

Zohri merupakan anak yatim piatu yang berasal dari Desa Karang Pansor, Pamenang Barat, Nusa Tenggara Barat. Menurut cerita keluarganya, ia semasa kecil sering berlari tanpa sepatu. Bisa dibilang Zohri ini berasal dari keluarga yang kurang mampu. Sepanjang pelaksanaan turnamen, keluarga serta tetangganya di NTB selalu mengikuti jalannya pemberitaan mengenai lomba atletik U-20 melalui berbagai media yang ada.

Beberapa pejabat negara seperti ketua DPR RI Bamsoet meminta pemerintah unuk mengapresiasi hasil kerja keras Zohri. Pemberian bonus ataupun beasiswa pendidikan adalah hal yang pantas didapatkan oleh setiap orang yang telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Zohri di usianya yang baru 18 tahun saja sudah bisa mengharumkan nama Indonesia…kamu??? Paling juga kamu saat ini masih sibuk main mobile legend, PES 2018, atau asik bikin video tiktok sambil sesekali nyinyir di twitter. Kalaupun ada faedahnya, mungkin itu cuma caption kata motivasi di instagram hasil copas dari gugel

Comments

comments