Connect with us

Hits Banget

Finalis Miss Grand Malaysia Kenakan Kostum Kuda Lumping,Ini Reaksi Nitizen Indonesia

Published

on

Penghujung Bulan September kemarin,masyarakat Indonesia dihebohkan dengan postingan Miss Grand International dari Malaysia Sanjeda Jhon yang mengenakan kostum Kuda Lumping, yang sudah lama kita kenal merupakan suatu kebudayaan yang identik dengan Budaya yang ada tanah Jawa.

Setelah foto Miss Grand Internasional Malaysia diposting oleh beberapa akun sosial media instagram yang followersnya mayoritas orang Indonesia, wis otomatis ratusan komentar pun  menghujani kolom komentar yang isinya menanggapi penggunaan kostum yang dikenakan Sanjeda Jhon  tersebut. “Belum usai masalah bendera terbalik kini giliran Kuda Lumping bikin geram’ tulis salah satu pengguna instagram di kolom komentar.

Tak hanya di akun Instagram Nitizen Indonesia pun ramai-ramai menanggapi postingan foto kostum tersebut di akun jejaring Facebook Miss Grand Internasional, postingan yang sudah memiliki 1000 komentar tersebut juga sudah dibagikan sebanyak 368 kali.

facebook Miss Grand Internasional

 

“ketara banget bukan budaya nya. ..org JARAN KEPANG tuh gk pake sepatu bot….pemain jaran kepang/kuda lumping itu gk pakai alas kaki/sepatu. Ajang international tp memakai budaya negara lain…HERAN” ( komentar Santi Rahmawati Wijaya)

“Pulau Jawa itu ada di Indonesia bukan dimalaysia dan kuda lumping adalah kebudayaan asli masyarat Jawa, meskipun dimalaysia banyak orang jawanya tetapi mereka pendatang bukan suku asli dari malaysia. kalau negara kalian ingin dihormati dan disegani oleh bangsa negara lain tolong jangan mengklaim kebudayaan negara lain. apalagi natcos tersebut dibawa keajang MISS GRAND INTERNATIONAL yang mana kita semua tau MGI adalah pageant yang bertujuan untuk menciptakan perdamaian dunia. jadi stop untuk mengklaim kebudayaan negara lain, Tulis (Han Tian Junior)

“Javanesse in indonesia not from malaysia.. why malaysian no use they culture … stop climed and using indonesian culture in international event”. ( Lion Chan )

 

Di sisi lain  Miss Grand Internasional Malaysia di akun sintagramnya memberi kejelasan tentang  kostum tersebut .

“The “Kuda Warisan” National Costume Inspired by the Javanese community residing in the southern state of Johor, Malaysia. In the early 20th century, the migration of Javanese community through the Dutch and Japanese commerce ships in search of new land brought along its culture including this unique dance performance which is performed at merry occasions. In 1971, the ministry tourism of Johor acknowledged the Kuda Kepang dance for the Javanese community residing in Johor as a symbolic sign of unity and diversity in culture for the Johor people. With a strong historical resemblance, the origin of the Javanese cultural heritage are spread across in the northern state of Johor, Perak and Selangor in Malaysia, and Singapore. Designer: Hana Yaakob Photograph: Arazzs Razzswil”

“Kostum Nasional ‘Kuda Warisan.’ Terinspirasi oleh komunitas Jawa yang berada di negara bagian selatan Johor, Malaysia.

“Pada awal abad ke 20, migrasi masyarakat Jawa melalui kapal dagang Belanda dan Jepang untuk mencari lahan baru membawa serta budayanya termasuk pertunjukan tari unik ini yang dilakukan pada kesempatan menyenangkan.

“Pada tahun 1971, pariwisata kementerian Johor mengakui tarian Kuda Kepang untuk masyarakat Jawa yang berada di Johor sebagai tanda simbolis kesatuan dan keragaman budaya bagi masyarakat Johor. “Dengan kemiripan sejarah yang kuat, asal mula warisan budaya Jawa tersebar di negara bagian utara Johor, Perak dan Selangor di Malaysia, dan Singapura,”

 

Jadi apa tanggapan kalian , semoga saja kejadian ini bukan disengaja atau perbuatan mengklaim warisan budaya kita.

 

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Calum Scott & MLTR Sukses Memeriahkan Acara Pernikahan ‘Crazy Rich Surabayan’ Jusup-Clarissa

Published

on

Pernikahan pasangan Jusup Cayadi dan Clarissa Wang pun akhirnya digelar tadi malam (1/12) di Hotel Mulia, Bali. Pesta yang digadang-gadang menjadi pesta pernikahan termewah tahun 2018 ini pun digelar dengan begitu meriah dan tentu saja, super mewah.

Rencana pernikahan anak pengusaha kelapa sawit ini sempat viral di media sosial lantaran beredar fakta-fakta tentang mewahnya acara pernikahan tersebut. Salah satunya adalah memberikan souvenir emas batangan dan mengundang bintang tamu kelas dunia yakni Calum Scott dan MLTR.

Berikut potret acara pernikahan si ‘crazy rich surabayan’ tersebut

  1. Dipandu oleh MC papan atas tanah air, Choky Sitohang Jusup dan Clarissa berjalan disambut para tamu.

2. Dibalut gaun berwarna ungu muda yang gemerlap, Clarissa tampak begitu anggun. Penampilannya makin paripurna dengan dilengkapi mahkota dan bucket bunga dengan warna senada. Sedangkan Jusup tampil dnegan balutan suit berwarna navy.

https://www.instagram.com/jusupclarissawed

3. Penyanyi asal Inggris Calum Scott juga diundang secara spesial untuk memeriahkan acara pernikahan mereka. Dan lagu “you’re the reason” sukses menghiptonis para tamu malam itu

4. Tak hanya Calum Scot, grup musik senior Michael Learn To Rock (MLTR) juga dihadirkan di tengah-tengah acara pernikahan ‘crazy rich surabayan’ itu. Serasa nonton konser gratis ya !

5. Hal lain yang mencuri perhatian adalah daftar menu makanan yang dihidangkan. Makanan dari lima benua disediakan spesial untuk para undangan. Hmm kamu cari tongseng ? yhaa jelas nggak ada ~~

https://www.instagram.com/jusupclarissawed

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Crazy Rich Surabayan Berikan Klarifikasi Tentang Doorprize di Hari Pernikahan

Published

on

By

Berita seputar pernikahan super mewah Jusup Maruta Cayadi dan Clarissa yang viral disebut sebagai Crazy Rich Surabayan seolah tak ada habisnya. Banyaknya pemberitaan tentang rencana pernikahan pasangan itu akhirnya membuat keduanya menggelar konferensi pers untuk memberikan klarifikasi.

Bertempat di The Hotel Mulia Bali, Jumat (30/11/2018), Rendra Tjajadi selaku orang tua Jusup Maruta memberikan keterangan kepada pers terkait resepsi pernikahan anak laki-lakinya itu. Pesta pernikahan itu sendiri rencananya akan digelar Sabtu (01/12/2018) besok.

“Masalah koin emas itu tidak benar, tidak ada Jaguar dan koin emas. Yang ada acara bertajuk membantu keluarga atau rekan-rekan kita yang kesusahan pada saat ini,” kata Rendra.

Sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa pihak keluarga akan memberikan souvenir pernikahan berupa koin emas. Selain koin emas, ada yang menyebutkan juga bahwa akan diselenggarakan doorprize dengan hadiah 5 mobil jaguar.

Padahal menurut Rendra, souvenir yang akan diberikan pada para tamu undangan pernikahan Jusup dan Clarissa nantinya adalah berupa peralatan rumah tangga. Begitu juga dengan kabar biaya pernikahan yang mencapai angka 1 triliun, Rendra juga menampiknya.

“Kita menganggarkan tidak lebih dari Rp 10 Miliar. Jadi untuk tidak diplintir Rp 1 Triliun, kalau Rp 1 Triliun mungkin bisa beli hotel ini,” lanjut Rendra dilansir dari Detik.com (30/11/2018).

Sementara itu untuk jumlah undangan yang beredar, Rendra juga menjelaskan bahwa ia hanya menyebar 450 undangan. Sejak berhembus kabar rencana pernikahan Jusup Maruta dan Clarissa, sejumlah media menyebutkan bahwa keluarga ini menyebar lebih dari 1000 undangan.

“Jadi tidak sesuai dengan yang di lapangan 1.000 orang, apa cukup di Mulia 5.000 orang. Paling maksimal 750 orang, bisa cek ke Mulia,” ujar Rendra.

Berbeda dengan kabar yang beredar beberapa hari belakangan ini tentang pesta pernikahan super mewah, pada kenyataannya besok Rendra Tjajadi justru akan menggalang dana untuk korban gempa di Palu dan Donggala. Sungguh suatu perbuatan mulia, sesuai nama tempat resepsinya, The Mulia Hotel.

 

 

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

KA Joglosemarkerto, Kereta Api Komuter dengan Rute Lingkar Jawa Tengah

Published

on

Buat kamu yang hobi jalan-jalan atau sering melakukan perjalanan dari Purwokerto ke Semarang maupun sebaliknya, kini tak perlu lagi repot-repot menggunakan kendaraan pribadi yang tentunya menguras tenaga dan biaya. Pasalnya, di tanggal 1 Desember 2018 mendatang PT KAI akan segera meluncurkan kereta api komuter dengan jalur baru yakni lingkar Jawa Tengah. Adapun rutenya yakni Purwokerto-Jogja–Solo–Semarang–Tegal-Purwokerto dan sebaliknya.

Kereta yang bisa menampung hingga 100.000 penumpang per hari ini mempunyai dua kelas yakni ekonomi dan eksekutif. Seperti kereta api pada umumnya, penumpang pun bisa memesan makanan dalam gerbong tersebut. KA Joglosemarkerto difungsikan untuk melebur dua layanan kereta api yang telah ada sebelumnya, yakni Kamandaka dan Joglokerto. Demi penyederhanaan pelayanan sekaligus meningkatkan okupansi rute Yogyakarta–Semarang tanpa perlu transfer di Stasiun Purwokerto.

Berikut gambar rute perjalanan KA Joglosemarkerto

img: awansan

Namun meski belakangan banyak beredar gambar tarif dan jadwal perjalanan KA Joglosemarkerto, hingga kini PT KAI mengklaim belum mengeluarkan jadwal dan tarif secara resmi. Jadi, hati-hati ya dengan tarif KA yang sudah beredar karena itu bukan resmi dari PT KAI.

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.