Connect with us

Hits Banget

Finalis Miss Grand Malaysia Kenakan Kostum Kuda Lumping,Ini Reaksi Nitizen Indonesia

Published

on

Penghujung Bulan September kemarin,masyarakat Indonesia dihebohkan dengan postingan Miss Grand International dari Malaysia Sanjeda Jhon yang mengenakan kostum Kuda Lumping, yang sudah lama kita kenal merupakan suatu kebudayaan yang identik dengan Budaya yang ada tanah Jawa.

Setelah foto Miss Grand Internasional Malaysia diposting oleh beberapa akun sosial media instagram yang followersnya mayoritas orang Indonesia, wis otomatis ratusan komentar pun  menghujani kolom komentar yang isinya menanggapi penggunaan kostum yang dikenakan Sanjeda Jhon  tersebut. “Belum usai masalah bendera terbalik kini giliran Kuda Lumping bikin geram’ tulis salah satu pengguna instagram di kolom komentar.

Tak hanya di akun Instagram Nitizen Indonesia pun ramai-ramai menanggapi postingan foto kostum tersebut di akun jejaring Facebook Miss Grand Internasional, postingan yang sudah memiliki 1000 komentar tersebut juga sudah dibagikan sebanyak 368 kali.

facebook Miss Grand Internasional

 

“ketara banget bukan budaya nya. ..org JARAN KEPANG tuh gk pake sepatu bot….pemain jaran kepang/kuda lumping itu gk pakai alas kaki/sepatu. Ajang international tp memakai budaya negara lain…HERAN” ( komentar Santi Rahmawati Wijaya)

“Pulau Jawa itu ada di Indonesia bukan dimalaysia dan kuda lumping adalah kebudayaan asli masyarat Jawa, meskipun dimalaysia banyak orang jawanya tetapi mereka pendatang bukan suku asli dari malaysia. kalau negara kalian ingin dihormati dan disegani oleh bangsa negara lain tolong jangan mengklaim kebudayaan negara lain. apalagi natcos tersebut dibawa keajang MISS GRAND INTERNATIONAL yang mana kita semua tau MGI adalah pageant yang bertujuan untuk menciptakan perdamaian dunia. jadi stop untuk mengklaim kebudayaan negara lain, Tulis (Han Tian Junior)

“Javanesse in indonesia not from malaysia.. why malaysian no use they culture … stop climed and using indonesian culture in international event”. ( Lion Chan )

 

Di sisi lain  Miss Grand Internasional Malaysia di akun sintagramnya memberi kejelasan tentang  kostum tersebut .

“The “Kuda Warisan” National Costume Inspired by the Javanese community residing in the southern state of Johor, Malaysia. In the early 20th century, the migration of Javanese community through the Dutch and Japanese commerce ships in search of new land brought along its culture including this unique dance performance which is performed at merry occasions. In 1971, the ministry tourism of Johor acknowledged the Kuda Kepang dance for the Javanese community residing in Johor as a symbolic sign of unity and diversity in culture for the Johor people. With a strong historical resemblance, the origin of the Javanese cultural heritage are spread across in the northern state of Johor, Perak and Selangor in Malaysia, and Singapore. Designer: Hana Yaakob Photograph: Arazzs Razzswil”

“Kostum Nasional ‘Kuda Warisan.’ Terinspirasi oleh komunitas Jawa yang berada di negara bagian selatan Johor, Malaysia.

“Pada awal abad ke 20, migrasi masyarakat Jawa melalui kapal dagang Belanda dan Jepang untuk mencari lahan baru membawa serta budayanya termasuk pertunjukan tari unik ini yang dilakukan pada kesempatan menyenangkan.

“Pada tahun 1971, pariwisata kementerian Johor mengakui tarian Kuda Kepang untuk masyarakat Jawa yang berada di Johor sebagai tanda simbolis kesatuan dan keragaman budaya bagi masyarakat Johor. “Dengan kemiripan sejarah yang kuat, asal mula warisan budaya Jawa tersebar di negara bagian utara Johor, Perak dan Selangor di Malaysia, dan Singapura,”

 

Jadi apa tanggapan kalian , semoga saja kejadian ini bukan disengaja atau perbuatan mengklaim warisan budaya kita.

 

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Senyum Manis Bripda Kiki yang Menyejukkan Panasnya Pemilu 2019

Published

on

By

Hampir mirip dengan Pemilu 2014, pesta demokrasi tahun 2019 ini tak kalah panasnya. Khususnya di ajang pemilihan calon presiden dan wakil presiden. Rematch antara Prabowo vs Jokowi menjadi pertarungan sengit yang selalu layak diperbincangkan. Apalagi, mengulang narasi 2014 lalu, kedua kubu menyatakan “menang”.

Kubu Jokowi belum membuat keputusan resmi, tapi hasil perhitungan cepat menyatakan kubu petahana telah memenangkan pemilu. Sebaliknya, kubu Prabowo justru telah membuat pernyataan resmi soal kemenangan berdasarkan survei internal. Mana yang harus dipercaya?

Hal seperti inilah yang membuat suasana pemilu semakin memanas. Namun di tengah panasnya suasana pemilu, mendadak viral foto polwan cantik Bripda Kiki Widya Sari dengan tagar #pemiludamai2019. Dengan senyum manisnya, seolah-olah ingin mendinginkan tensi panas di arena pemilu 2019.

Postingan lewat akun instagramnya @kikiwidyass tersebut mendapat banyak tanggapan dari netizen. Sebagian diantaranya mendadak ingin “diamankan” oleh Bripda Kiki. Wajar saja, siapa juga yang gak pengen kenal lebih dekat dengan sosok manis nan kalem seperti Bripda Kiki ini.

Biar hati kalian semakin adem, nih kami berikan beberapa foto Bripda Kiki yang dilansir dari akun Instagramnya @Kikiwidyaas.

 

 

 

Dalam kesehariannya, Bripda Kiki bertugas di Divisi Teknologi Mabes Polri. Dia adalah lulusan SPN Polda Jabar tahun 2018. Banyaknya follower di akun instagramnya dimanfaatkan oleh Bripda Kiki salah satunya untuk sosialisasi program-program dari kepolisian.

Nah, dengan lihat senyum manisnya, hati cebong dan kampret pasti langsung adem kaya ubin mushola. Ya kan? Udah iyain aja lah. Saran aja buat Mabes Polri, buat pengamanan pengumuman hasil pemilu dari KPU nanti, personel seperti Bripda Kiki ini tolong diperbanyak yaa. Potensi kerusuhan pasti akan mengecil.

 

Komentar
Continue Reading

Gadget

“Time To Say Goodbye”, BBM Akan Tutup Layanan Pada 31 Mei 2019

Published

on

Sobat Spaneng pasti ingat memori-memori ketika mengirim pesan menggunakan BBM atau Blackberry Messenger. Aplikasi yang pernah populer sekitar 6 tahun silam tersebut pernah turut andil meramaikan aplikasi perpesanan di Indonesia. BBM menjadi aplikasi idola karena salah satunya fitur khas emoticon yang unik. Namun tak akan lama lagi hal tersebut tak bisa lagi dinikmati oleh para penggunanya. Pasalnya, aplikasi perpesanan yang khas dengan “PING!” nya  tersebut akan menutup layanannya pada 31 Mei 2019. “Time to Say GOODBYE” ujar pesan yang disampaikan kepada pengguna BBM.

img: bbm.com

Salah satu alasan diberhentikannya layanan BBM adalah karena persaingan di era saat ini. Sulitnya BBM beradaptasi dengan platform lain membuat pengguna berpindah ke layanan lain. Walaupun selama kurang lebih 3 tahun hadir di lintas platform, nyatanya BBM harus tumbang ditengah gempuran inovasi dan teknologi yang semakin berkembang saat ini. Padahal, BBM telah menambahkan beberapa fitur yang cukup menarik bukan hanya untuk sekedar berkomunikasi saja, melainkan juga dapat melakukan aneka pembayaran tagihan. Namun tampaknya hal tersebut masih belum bisa mempertahankan atau bahkan menambah jumlah pengguna barunya. Hingga pada akhirnya penggunanya justru beranjak ke platform lain seperti WhatsApp dan Line.

Pihak BBM mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mitra serta karyawan BBM yang pernah menjadi bagian dari BBM. Dan untuk kamu yang ingin mengunduh data, obrolan, video, dan dokumen penting, BBM memberikan waktu paling lambat 7 hari setelah penghentian operasi. Proses penghapusan data dari infrastuktur Cloud perusahaan akan memakan waktu hingga 180 hari.

Jadi buat kamu yang punya banyak kenangan di BBM, segera unduh data-data penting tersebut !

Komentar
Continue Reading

Artis

Selfie Pertama Nicholas Saputra Bikin Warganet Heboh

Published

on

Bersamaan dengan hari pemungutan suara pada Pemilu 2019, aktor tampan Nicholas Saputra juga membuat heboh jagat maya karena untuk pertama kalinya si “Rangga” tersebut mengunggah foto selfie di akun instagramnya. Memang semenjak membuat akun instagram beberapa tahun kebelakang, Nicholas belum pernah memposting foto selfie sama sekali. Laman instagramnya dipenuhi dengan foto-foto hasil jepretannya yang berupa pemandangan alam di berbagai belahan dunia. Ya, aktor satu ini memang mempunyai hobi travelling dan fotografi.

img: www.instagram.com/nicholassaputra

Dalam foto selfienya tersebut Nicholas menunjukkan jari kelingkingnya yang sudah dicelupkan tinta ungu dan menambahkan caption

Baiklah.. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah ikut berpartisipasi dalam pemilu 2019 
Tetap damai dan selamat merayakan demokrasi! 
PS : postingan ini akan dihapus dalam waktu 24 jam

Dan seketika foto yang diunggah siang hari setelah pemungutan suara itupun langsung banjir beragam komen dari warganet.

akun aktris Adinia Wirasti @adiniawrst berkomentar: “Hari mengcapture ig nico se Indonesia.”

akun penulis @fiersabesari pun ikut berkomentar: “Akhirnya, sejarah telah terukir. Selfie pertama seorang Nicholas Saputra”

akun @kartuposinsta: “24 jam doang???? 24 purnama donggggggggg minimal”

akun @dianpurnomo: “Pliss… Jangan dihapus, setidaknya biarkan ada satu mimpi yg jd nyataaa… Plissss”

akun @lubnaasyaa: “Aku sabar nunggu 5 tahun lagi demi foto selfiemu”

akun @ndennnn: “TEPAT DI HARI INI SETELAH 7 TAHUN TIDAK POST FOTO SELFIE AKHIRNYA YAAMPUN TERNYATA NICHOLAS SAPUTRA SETAMPAN ITU. berasa diliatin jodoh”

 

Komentar
Continue Reading

Trending