Connect with us

Hits Banget

Finalis Miss Grand Malaysia Kenakan Kostum Kuda Lumping,Ini Reaksi Nitizen Indonesia

Published

on

Penghujung Bulan September kemarin,masyarakat Indonesia dihebohkan dengan postingan Miss Grand International dari Malaysia Sanjeda Jhon yang mengenakan kostum Kuda Lumping, yang sudah lama kita kenal merupakan suatu kebudayaan yang identik dengan Budaya yang ada tanah Jawa.

Setelah foto Miss Grand Internasional Malaysia diposting oleh beberapa akun sosial media instagram yang followersnya mayoritas orang Indonesia, wis otomatis ratusan komentar pun  menghujani kolom komentar yang isinya menanggapi penggunaan kostum yang dikenakan Sanjeda Jhon  tersebut. “Belum usai masalah bendera terbalik kini giliran Kuda Lumping bikin geram’ tulis salah satu pengguna instagram di kolom komentar.

Tak hanya di akun Instagram Nitizen Indonesia pun ramai-ramai menanggapi postingan foto kostum tersebut di akun jejaring Facebook Miss Grand Internasional, postingan yang sudah memiliki 1000 komentar tersebut juga sudah dibagikan sebanyak 368 kali.

facebook Miss Grand Internasional

 

“ketara banget bukan budaya nya. ..org JARAN KEPANG tuh gk pake sepatu bot….pemain jaran kepang/kuda lumping itu gk pakai alas kaki/sepatu. Ajang international tp memakai budaya negara lain…HERAN” ( komentar Santi Rahmawati Wijaya)

“Pulau Jawa itu ada di Indonesia bukan dimalaysia dan kuda lumping adalah kebudayaan asli masyarat Jawa, meskipun dimalaysia banyak orang jawanya tetapi mereka pendatang bukan suku asli dari malaysia. kalau negara kalian ingin dihormati dan disegani oleh bangsa negara lain tolong jangan mengklaim kebudayaan negara lain. apalagi natcos tersebut dibawa keajang MISS GRAND INTERNATIONAL yang mana kita semua tau MGI adalah pageant yang bertujuan untuk menciptakan perdamaian dunia. jadi stop untuk mengklaim kebudayaan negara lain, Tulis (Han Tian Junior)

“Javanesse in indonesia not from malaysia.. why malaysian no use they culture … stop climed and using indonesian culture in international event”. ( Lion Chan )

 

Di sisi lain  Miss Grand Internasional Malaysia di akun sintagramnya memberi kejelasan tentang  kostum tersebut .

“The “Kuda Warisan” National Costume Inspired by the Javanese community residing in the southern state of Johor, Malaysia. In the early 20th century, the migration of Javanese community through the Dutch and Japanese commerce ships in search of new land brought along its culture including this unique dance performance which is performed at merry occasions. In 1971, the ministry tourism of Johor acknowledged the Kuda Kepang dance for the Javanese community residing in Johor as a symbolic sign of unity and diversity in culture for the Johor people. With a strong historical resemblance, the origin of the Javanese cultural heritage are spread across in the northern state of Johor, Perak and Selangor in Malaysia, and Singapore. Designer: Hana Yaakob Photograph: Arazzs Razzswil”

“Kostum Nasional ‘Kuda Warisan.’ Terinspirasi oleh komunitas Jawa yang berada di negara bagian selatan Johor, Malaysia.

“Pada awal abad ke 20, migrasi masyarakat Jawa melalui kapal dagang Belanda dan Jepang untuk mencari lahan baru membawa serta budayanya termasuk pertunjukan tari unik ini yang dilakukan pada kesempatan menyenangkan.

“Pada tahun 1971, pariwisata kementerian Johor mengakui tarian Kuda Kepang untuk masyarakat Jawa yang berada di Johor sebagai tanda simbolis kesatuan dan keragaman budaya bagi masyarakat Johor. “Dengan kemiripan sejarah yang kuat, asal mula warisan budaya Jawa tersebar di negara bagian utara Johor, Perak dan Selangor di Malaysia, dan Singapura,”

 

Jadi apa tanggapan kalian , semoga saja kejadian ini bukan disengaja atau perbuatan mengklaim warisan budaya kita.

 

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Koopssus, Pasukan Elit TNI Penangkal Terorisme di Dalam dan Luar Negeri

Published

on

By

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto baru saja meresmikan Komando Operasi Khusus TNI (Koopssus) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Koopssus ini nantinya akan bekerja secara berdampingan dengan Densus 88 dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk melawan ancaman terorisme.

Sebenarnya, masing-masing angkatan sudah memiliki satuan tersendiri untuk menangani persoalan terorisme. Seperti Satgultor Kopassus (AD), Denbravo Paskhas (AU), dan Denjaka (AL). Akan tetapi untuk mempermudah koordinasi, maka dibentuklah Koopssus TNI yang isinya merupakan gabungan pasukan elit dari ketiga angkatan di TNI.

Koopssus TNI sebenarnya telah dibentuk di masa kepemimpinan Panglima TNI Jenderal Moeldoko pada tahun 2015. Saat itu, pasukan ini terdiri dari 90 orang yang akan bertugas dalam status operasi. Jika dibutuhkan, mereka dapat langsung diterjunkan.

Ketentuan mengenai Koopssus sendiri diatur dalam Perpres 42 Tahun 2019. Perpres ini merupakan perubahan kedua dari Perpres Nomor 10 Tahun 2010. Dalam Perpres yang baru, pemerintah menambahkan satu pasal yaitu pasal 46B.

Dalam pasal ini dijelaskan bahwa Koopssus bertugas menyelenggarakan operasi khusus dan kegiatan yang mendukung pelaksanaan operasi khusus. Operasi yang dimaksud membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi guna menyelamatkan kepentingan nasional. Baik itu di dalam maupun di luar wilayah Indonesia.

Koopssus akan dipimpin oleh perwira tinggi berpangkat bintang dua yang akan bertanggung jawab langsung kepada Panglima TNI. Ketika sedang ada operasi, maka Panglima TNI bisa langsung menggerakkan pasukan ini. Akan tetapi saat tidak ada operasi, maka pasukan ini akan selalu berada dalam kondisi siaga dan terus berlatih agar siap tempur. Selain kegiatan tempur, satuan ini nantinya juga akan mengoptimalkan fungsi intelijen untuk mendukung tugas-tugasnya.

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Siap-Siap! Pemerintah Buka 175 Ribu Formasi Untuk CPNS dan PPPK Tahun 2019

Published

on

By

Untuk kamu yang tahun kemarin gagal saat mengikuti tes CPNS 2018, tak usah berkecil hati karena masih ada harapan untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyatakan bahwa akan segera digelar seleksi penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2019.

Menteri PANRB, Syarifudin, menyatakan bahwa tahun ini akan digelar seleksi penerimaan CPNS dan PPPK tahap II. Jumlah formasi yang disediakan juga cukup banyak yakni 175 ribu formasi. Alokasinya adalah 100 ribu untuk CPNS dan 75 ribu untuk PPPK.

Hanya saja kamu mesti harus bersabar dulu sebab pemerintah belum bisa menentukan kapan proses seleksi akan dimulai. Hal itu disebabkan karena harus ada koordinasi terlebih dahulu antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah terkait anggaran yang digunakan untuk membiayai ASN.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga membuka kemungkinan untuk membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) Tahap II dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 pada waktu yang bersamaan. Teknisnya bisa dilakukan dengan semisal tes menggunakan 5 ruangan, maka 3 ruangan akan digunakan untuk seleksi CPNS dan 2 ruangan akan digunakan untuk PPPK.

Mengingat jadwal seleksi yang belum pasti, ada baiknya bagi kamu yang berminat untuk menjadi ASN tetap mempersiapkan diri. Manfaatkan waktu yang ada untuk terus berlatih mengerjakan latihan soal CPNS. Jangan lupakan juga kelengkapan administrasi. Kamu tentu tak ingin kegagalanmu di tahun lalu terulang kembali bukan?

ASN memang masih menjadi salah satu pekerjaan idola hingga saat ini. Berkecukupan, jaminan hari tua, dan tentunya menjadi idaman bagi calon mertua (bagi yang masih lajang). Oleh sebab itu, lakukan usaha yang terbaik saja biar bisa lulus jadi ASN!

Komentar
Continue Reading

Artis

Momen Haru Pertunangan Cut Meyriska-Roger Danuarta

Published

on

Kabar bahagia datang dari bintang sinetron Roger Danuarta dan Cut Ratu Meyriska atau yang lebih akrab disapa Chika. Pasalnya, tak lama lagi pasangan selebriti ini akan menuju kursi pelaminan sebagai suami-istri. Melalui akun instagram masing-masing, keduanya berbagi momen ketika prosesi tunangan yang berkonsep outdoor pada hari Minggu (28/7/19) di Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Simak yuk !

  1. Sempat dikabarkan tak direstui oleh ayahanda Cut Meyriska, Roger datang melamar didampingi keluarga besarnya dan juga ustadz Felix Siauw.

    www.instagram.com/diera_bachir

     

  2. Cut Meyriska tampak cantik dan anggun dengan gaun berwarna biru muda rancangan desainer Ayu Dyah Andari. Tak hanya gaun, dekorasi acara pertunangan mereka pun juga tak kalah cantik.

    www.instagram.com/diera_bachir

     

  3. Momen haru ketika Roger sungkem kepada ibunda Cut Meyriska, meminta restu untuk menikahi sang putri tercinta.

    www.instagram.com/diera_bachir

     

  4. Ustadz Felix Siauw turut hadir untuk memberikan tausiyah kepada pasangan selebriti ini. Sama seperti Roger, Ustadz Felix Siauw pun juga seorang mualaf.

    www.instagram.com/diera_bachir

     

  5. Ibunda Roger memberikan souvenir kepada ibunda Cut Meyriska

    www.instagram.com/diera_bachir

     

  6. Dan semua momen di atas diabadikan dalam sebuah video mengharukan karya fotografer langganan para selebriti, Diera Bachir.

Well, semoga berbahagia selalu ya Roger dan Chika !

Komentar
Continue Reading

Trending