Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Hobi

Desa Adat Citagelar, Menikmati Sisi Lain Geopark Ciletuh yang Mendunia

Published

on

Ketika mendengar tentang Geopark Ciletuh Sukabumi, maka yang akan terbayang dipikiran adalah pantai, laut, gunung, air terjun serta berbagai macam pemandangan alam lainnya. Tapi ada satu sisi dari geopark yang kini telah mendunia itu, yakni desa adat Ciptagelar atau Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar

Kampung adat Ciptagelar berada di wilayah administrasi kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Yang menjadi keunikan dari kampung ini adalah kehidupan masyarakatnya yang sangat menjaga tradisi adat warisan leluhur. Meski arus modernisasi juga sudah masuk, bukan berarti masyarakat Ciptagelar melupakan ajaran leluhurnya.

images: pariwisatasukabumikab.com

Salah satu tradisi yang tetap terjaga hingga saat ini adalah tradisi untuk bercocok tanam padi. Ciptagelar yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak dianugerahi alam yang subur. Karena itulah bertani menjadi salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh penduduknya.

Namun uniknya, pantang bagi masyarakat Ciptagelar untuk menjual padi atau beras hasil panen mereka. Beras yang dihasilkan hanya digunakan untuk makan. Dan untuk menyimpannya penduduk setempat membuat banyak lumbung padi. Dari banyaknya lumbung padi yang ada, penduduk Ciptagelar ini memiliki stok pangan yang cukup untuk beberapa tahun ke depan. Luar biasa bukan?

Kalau beras tidak boleh dijual, lantas darimana mereka mendapatkan pengasilan? Masyarakat Ciptagelar memperoleh penghasilan dari beternak, berjualan,bahkan ada juga yang menjadi pegawai.

images: http://bisniswisata.co.id

Tapi jangan dibayangkan masyarakat Ciptagelar ini menggunakan traktor ataupun gilingan padi dalam proses bercocok tanam hingga menjadi beras. Semua hal dilakukan secara tradisional. Kamu akan melihat kaum perempuan menumbuk padi di Ciptagelar ini. Pokoknya untuk segala hal yang berurusan dengan padi, semua harus dilakukan secara tradisional karena hal itu merupakan warisan budaya dari leluhur yang telah berlangsung selama 6 abad.

images: kompas.com

images: instagram @Ciletuh

Adat terjaga namun modernisasi juga diterima. Yah seperti itulah Ciptagelar. Akses yang cukup sulit menuju tempat ini ternyata tidak membuat warga Ciptagelar ketinggalan informasi. Untuk memenuhi kebutuhan listriknya, warga memaksimalkan keberadaan sungai di kampung tersebut sebagai pembangkit tenaga listrik. Bahkan kini kampung adat Ciptagelar sudah memiliki stasiun TV sendiri yang bernama Ciga TV.

Dari Ciga TV itu pulalah nama Ciptagelar semakin terdengar. Suasana desa yang asri dan nyaman dipadukan dengan tradisi adat sunda yang masih terjaga akan membuat setiap pengunjung yang kesana merasa betah. Biasanya kampung ini akan sangat ramai dikala ada perayaan seren taun atau pesta panen. Tradisi yang telah rutin digelar sejak 6 abad yang lalu ini merupakan puncak dari berbagai tradisi bercocok tanam masyarakat Ciptagelar dalam satu tahun. Selain itu tradisi ini juga menjadi perwujudan rasa syukur atas hasil panen yang diperoleh.

images: http://catatanseorangtraveller.blogspot.co.id

images: pikiran-rakyat.com

images: 4.bp.blogspot.com

Meski sudah ada aliran listrik, dalam hal mengolah beras menjadi nasi penduduk disana juga tetap menggunakan cara tradisional. Yaitu menggunakan berbagai jenis peralatan memasak seperti Aseupan, atau tempat yang terbuat dari bambu berbentuk kerucut yang disimpan diatas wajan atau seng dengan menggunakan energi pemanas dari tungku berbahan kayu bakar. Sementara nasi yang dihidangkan dimasukan kedalam boboko atau bakul yang sebelumnya sudah dikasih daun pisang sebagai alas.

Sementara itu untuk bentuk rumah, jelas tidak akan ditemukan rumah bergaya minimalis atau bergaya bak istana di Ciptagelar. Rumah-rumah disana berbahan kayu atau bambu dan beratap daun rumbia atau ijuk. Semua itu bertujuan untuk menjaga kelestarian serta keselarasan alam.

Jadi kalau sedang traveling ke kawasan Geopark Ciletuh, jangan sampai lupa untuk berkunjung ke kampung adat Ciptagelar. Dari kota Sukabumi jarak ke kampung ini 103 km. Jangan khawatir, akses jalan sampai ke Cisolok sudah bagus. Hanya saja perjalanan dari Cisolok ke Ciptagelar sejauh 27 km medannya cukup sulit dan menantang. Dijamin kamu akan merasakan suasana berbeda dari perkampungan pada umumnya.

Komentar

Artis

Inspirasi Foto Prewedding A La Boy William-Karen Vendela

Published

on

Host dan penyanyi berwajah oriental Boy William sebentar lagi akan mengakhiri masa lajang bersama Karen Vendela, kekasihnya. Melalui akun instagram masing-masing, pasangan yang jarang tersorot media ini membagikan momen tunangan bersama kedua keluarga besar. Sebelumnya, Boy dan Karen juga telah melakukan sesi foto prewedding hingga ke berbagai belahan dunia.

Nah buat kamu yang sedang bingung akan memilih konsep foto prewedding seperti apa, mungkin foto-foto Boy dan Karen berikut bisa menjadi inspirasi. Yuk simak!

  1. Boy dan Karen memilih stasiun sebagai salah satu spot prewedding mereka. Kesan artistik sangat kental dalam foto berikut. Dan jika biasanya foto prewedding di stasiun identik dengan rel kereta, maka pasangan ini memilih gerbong kereta barang sebagai spot utama. Unik ya!

    https://www.instagram.com/karbearv/

     

    https://www.instagram.com/karbearv/

     

  2. Boy dan Karen juga memilih konsep kasual dalam pemotretan mereka. Kali ini Kota Paris, Perancis dipilih sebagai spot yang memang terkenal romantis.

    https://www.instagram.com/karbearv/

     

  3. Ingin konsep foto prewed yang unik? Foto dengan pose memanjat tiang berikut juga bisa kamu coba lho! Ditambah dengan latar belakang gedung di Paris yang menambah kesan ‘Eropa banget’.

    https://www.instagram.com/karbearv/

     

  4. Prewedding di Paris tak lengkap rasanya jika tak berfoto dengan latar belakang Menara Eiffel. Romantis banget!

    https://www.instagram.com/karbearv/

     

  5. Foto prewedding tak melulu di studio atau hanya berdua lho, kamu juga bisa foto dengan konsep berdua di tengah keramaian seperti berikut.

    https://www.instagram.com/karbearv/

    Itulah berbagai potret foto prewedding Boy William dan Karen Vendela, semoga menginspirasi!

Komentar
Continue Reading

Hobi

Resep Nugget Pisang Kekinian Anti Gagal

Published

on

Biasanya, pisang hanya disajikan dalam variasi direbus atau digoreng saja sebagai sajian pendamping saat minum kopi atau teh. Tapi agar semakin nikmat, tak ada salahnya untuk mencoba membuat olahan nugget pisang berikut ini.

img: beautynesia

Bahan-bahan:

  • 10 buah pisang kepok
  • 1 bungkus tepung pisang goreng
  • air es secukupnya
  • tepung roti secukupnya
  • 1 bungkus cokelat untuk topping

img: manaberita.com

Cara membuat:

  • Kupas pisang, belah menjadi 2 atau 4 bagian.
  • Buat adonan tepung dari tepung pisang goreng siap saji, beri air es secukupnya, dan usahakan kental.
  • Gulingkan pisang goreng ke dalam adonan tepung, kemudian gantian ke tepung roti. Tekan-tekan supaya tepung roti menempel dengan baik.
  • Masukkan pisang ke kulkas selama 15 menit, supaya adonan menempel sempurna.
  • Goreng pisang sampai matang hingga warnanya kuning keemasan.

Bagaimana, mudah bukan untuk membuatnya?

Komentar
Continue Reading

Hobi

Fitur Canggih Cybertruck, Truk Futuristik Buatan Tesla

Published

on

Satu lagi teknologi terbaru dari Tesla, sebuah mobil pickup electrik berdesain futuristik yang diberi nama Cybertruck. Lantas, apa saja fitur-fitur canggih Cybertruck? Berikut selengkapnya

  1. Badan mobil dibuat dengan bahan cold-rolled stainless steel. Merupakan bahan yang digunakan SpaceX untuk membuat roket-roket prototipe yang diterbangkannya ke Mars. Selain tahan benturan, rangkanya juga diklaim anti-peluru.

    img: carbuyer.co.uk

  2. Cybertruck akan tersedia dalam tiga konfigurasi: single motor RWD, dual motor AWD, dan tri motor AWD. Dilansir dari sistus resmi Tesla, masing-masing mempunyai jarak tempuh 400 km, 480 km, dan 800 km dalam sekali pengisian
  3. Varian termahalnya yang dilengkapi tiga motor elektrik dengan sistem penggerak empat roda, diklaim mampu mencatatkan kecepatan 0 – 100 km/jam dalam waktu 2,9 detik saja, angka yang tergolong langka bahkan untuk standar mobil sport.

    img: mototrend.com

  4. Utilitasnya pun juga tidak mengecewakan; selain mampu mengangkut kargo hingga seberat 1,5 ton, Cybertruck juga sanggup menderek objek beroda dengan bobot maksimum 6,35 ton.
  5. Semua varian Cybertruck bisa menggunakan opsi sistem Autopilot serta air suspension.
  6. Bukan cuma itu, pintu penutup baknya di belakang juga bisa di-extend sampai membentuk tanjakan, sehingga konsumen bisa menaikkan objek beroda, macam sebuah ATV misalnya.

    img: nerdist.com

  7. Untuk interiornya, dashboard Cybertruck didesain sangat minimalis dan bersih dari pernak-pernik. Dibagian depan hanya terdapat layar sentuh 17 inci yang sudah pasti menjadi panel kontrol utama. Selain itu, Cybertruck juga masih mempertahankan ciri khas Tesla, yakni kaca depan yang memanjang sampai ke bagian atap. Fakta menarik lainnya adalah kabin mobil canggih ini bisa diisi hingga enam orang, bukan hanya lima seperti pickup lain pada umumnya.

    img: dailysocial.id

Tertarik untuk meminang Cybertruck? Harga mobil listrik ini dipatok mulai USD 40 ribu dan sudah bisa dipesan melalui situs resmi tesla. Perusaan milik Elon Musk ini mengklaim jika peminat mobil ini membludak dengan jumlah sudah mendekati 200 ribu pesanan.

Bagaimana, kamu tertarik ?

Komentar
Continue Reading

Trending