Desain Rumah, Inspirasi

Dekorasi Dengan Hidrogel, Membuat Rumah Lebih Menawan

dekorasi hidrogel via id.aliexpress.com

Mempunyai rumah dengan tatanan yang sangat cantik tentu menjadi impian setiap orang. Apalagi bagi pasangan pengantin yang baru menempati rumah, pasti sangat antusias dalam penataan ruangan. Nah untuk melengkapi dekorasi rumah kamu, cobalah bereksperimen dengan tanaman indoor. Ya ! tanaman indoor kini sedang hits banget untuk dijadikan inspirasi dekorasi ruangan. Namun tidak melulu menggunakan media tanam yang biasa aja (tanah, pasir), media Hidrogel pun kini semakin banyak diminati.

Lalu apa itu Hidrogel ?

Hidrogel adalah media tanam hidroponik berbentuk bola-bola gel kecil yang berfungsi menyimpan air dan nutrisi dalam jumlah banyak. Hidrogel dapat menyerap air 500x berat hidrogel itu sendiri.

Bagaimana Cara Penggunaannya ?

Caranya sangat mudah, pertama hidrogel kering di rendam air selama 4-6 jam. Setelah mengembang, kemudian tiriskan dan hidrogel sudah siap untuk digunakan. Noted ya ! Penempatan media ini disarankan pada wadah transparan agar lebih indah dipandang.

pembuatan hidrogel via bibitbunga.com

Berapa Lama Daya Tahan Hidrogel ?

Hidrogel biasanya akan menyusut dalam waktu 1-2 bulan, dan akan hancur dalam waktu kurang lebih 1 tahun. Jika hidrogel kamu sudah menyusut, cara mengembalikannya dengan disemprot air atau direndam kembali dengan air. Dan kelebihan media ini adalah bisa juga dijadikan sebagai pengharum ruangan, caranya juga mudah yaitu hidrogel direndam dalam larutan parfum.

So, Tanaman Apa Saja Yang Bisa Ditanam Dengan Hidrogel ?

Banyak sekali, intinya yang tidak berkambium atau tidak berkayu. Berikut beberapa tanaman yang bisa kamu tanam di media Hidrogel

  1. Aglaonema
    Aglonema via tanamanhidrogel.blogspot.com

    2. Lucky Bamboo / Bambu Hoki

    bambu hoki via bukalapak.com

    3. Sansevieria / Lidah Mertua

sansivieria via bj-sanse.blogspot.co.id

4. Sirih Belanda

sirih belanda via lakako.com

5. Kuping Gajah

kuping gajah via tanamanmurah-berkualitas.blogspot.com

Dan masih banyak lagi jenis tanaman lain yang bisa kamu tanam, semuanya tergantung kreativitas kamu. Bagaimana, media yang satu ini sangat menginspirasi bukan ? Segera dicoba dirumah, dan jangan lupa upload ke sosmed kamu biar makin hits ! heheh

 

Comments

comments