Fotografi, Hits Banget, Tips

Cara Membuat Foto Dengan Teknik “Flatland Fotografi”

Dukungan teknologi yang semakin kekinian membuat semua orang bisa menciptakan kreasi dan inovasi sesuai dengan ide dan daya kreativitas mereka masing – masing.

Munculnya alat alat penunjang kreativitas seperti Kamera Mirorrless, Drone  maupun handphone yang dilengkapi fitur kamera yang oke membuat siapa saja bisa menjadi seorang fotografer.

Belakangan ini Instagram sedang populer dengan munculnya foto-foto yang sedikit bikin penasaran, fotografi flatland atau lebih sering disebut fotografi tanah dasar.

image/pinterest
image/pinterest

Tekhnik fotografi ini memang agak sedikit berbeda yaitu menggunakan drone , sehingga gambar yang dihasilkan menjadi luar biasa.

Dikutip dari oneeyeland. com Teknik fotografi flatland merupakan teknik foto yang memotret sebuah bidang yang mendatar , mulai dari mengambil beberapa bidang dan menggabungkanya menjadi satu frame.

image/pinterest

 

Di Indonesia, fotografer yang terkenal dan sering melakukan pemotretan tanah datar (flatland) adalah Rudi Sunandar,

instagram @ryu_rudy
instagram @ryu_rudy

Ia menjelaskan cara pembuatan fotografi flatland dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Buat foto A dengan drone setinggi 30 meter dari permukaan pemotretan.
  2. Lalu buatlah foto B (objek yang sama) dengan menaikkan drone ke ketinggian 60 meter.
  3. Majukan drone sambil menaikkan pada ketinggian 90 meter, untuk membuat foto C, dengan sudut menukik 45 derajat.
  4. Lalu majukan drone lagi, kemudian memotret dengan sudut lebih tegak untuk foto D.
  5. Terakhir, naikkan drone di ketinggian 120 meter, dan buat foto E, memotretlah tegak lurus ke bawah, sambil menambahkan area di depan.
  6. Akhirnya foto A sampai E digabung dengan perangkat lunak photoshop, dalam tahap layer demi layer sesuai bagian foto yang diperlukan.
  7. Penggabungan layer-layer itu memakai fungsi Liquefy agar peralihan antar foto tampak halus dan menyatu.

Jika Anda serius menjadi pilot drone, minimal Anda harus punya drone dan banyak belajar terbang secara otodidak dan mengikuti banyak workshop. Googling dan ikuti saja workshop pilot drone dari Rudi Sunandar, informasinya tersebar di internet, serta pada berbagai sosial media dan website.

Comments

comments