Connect with us

Parenting

Berbagai Kegiatan Seru Untuk Mengisi Liburan Dirumah Bersama Si Kecil

Published

on

Saat orang tua ada waktu libur, tentunya ingin menjadikan hari libur tersebut menyenangkan untuk si kecil. Namun terkadang karena satu dan lain hal, orang tua tidak dapat mengajaknya jalan-jalan. Hmm, kalau sudah begini ujung-ujungnya pasti cuma bermalas-malasan di rumah. Dan siapa bilang kalau liburan dirumah itu tidak menyenangkan ? Selain murah, orang tua tentu akan merasakan kedekatan yang lebih terhadap si kecil. Nah, berikut beberapa ide kegiatan seru untuk mengisi liburan di rumah bersama si kecil

  1. Playdate

    img: longfordchildcare.ie

    Mengundang teman-temannya bermain dirumah bisa jadi ide yang menyenangkan dan kegiatan yang asyik untuk anak. Mainan yang selama ini di simpan bisa dikeluarkan agar kegiatan semakin seru, atau orang tua bisa juga membacakan dongeng untuk anak berserta teman-temannya tersebut.

  2. Kegiatan Prakarya

    img: parenting.co.id

    Kegiatan seru lain adalah bermain seni dan prakarya dirumah. Bisa dengan melukis, membuat sesuatu dengan barang bekas, dll. Ini bisa melatih kemampuan motorik halus dan kreativitasnya lho !

  3. Belajar Masak

    www.tramshedssydney.com.au

    Memasak bersama si kecil juga bisa dijadikan ide brilian. Karena selain seru, memasak juga bisa melatih kemandirian anak dan membiasakan pola hidup sehat.

  4. Movie Marathon

    img: dailymail.co.uk

    Terkadang ada beberapa orang tua yang membatasi anaknya menonton TV atau bermain HP karena terlalu membuat kecanduan dan juga tak baik untuk penglihatannya. Namun untuk sesekali, biarkan anak menonton berbagai film yang tentunya sudah diseleksi orang tua.

Walaupun hanya liburan di rumah, namun yang terpenting adalah quality time nya kan !

Komentar
Continue Reading

Parenting

Ternyata Inilah Alasan Kenapa Stres Membuat Menstruasi Jadi Tak Teratur

Published

on

By

Dalam kondisi normal, seorang perempuan idealnya mengalami siklus menstruasi yang teratur dari bulan ke bulan. Apabila biasanya menstruasi pada tanggal 3, maka pada bulan berikutnya pun tak jauh berbeda dari tanggal itu.

Akan tetapi pada kenyataannya seringkali siklus menstruasi tersebut datang tak beraturan. Kalau berbeda satu atau dua hari mungkin masih bisa ditoleransi. Cuma kalau sering terlambat sampai satu atau dua minggu itu berarti ada yang salah dengan kondisi tubuh perempuan.

Salah satu faktor yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur adalah stres. Kondisi psikis yang terganggu karena berbagai macam tekanan ternyata membawa pengaruh buruk terhadap hormon reproduksi.

Siklus menstruasi yang berhenti sementara waktu ini disebut sebagai secondary amenorrhea. Stres memiliki pengaruh yang besar dalam menekan fungsi hipotalamus. Hipotalamus ini bisa mengontrol kelenjar di bawah otak (pituitari) dan sekaligus mengontrol tiroid dan kelenjar adrenal sekaligus ovarium.

Gangguan pada ovariaum akan menyebabkan sejumlah masalah yang berhubungan dengan produksi estrogen, ovulasi, dan proses reproduksi lainnya. Jika ada gangguan dalam produksi estrogen dan ovarium, siklus menstruasi pun akan ikut bermasalah.

Nah itulah penjelasan singkat kenapa stres bisa mengakibatkan siklus menstruasi perempuan menjadi tak teratur. Kalau kamu sering mengalaminya, maka ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter agar semuanya kembali menjadi normal.

Kamu juga jangan langsung panik jika terlambat datang bulan. Coba merenung sejenak, barangkali beberapa waktu belakangan ini kamu sedang banyak pikiran sehingga mengganggu kinerja hormon reproduksi. Untuk kamu yang baru menikah dan sedang dalam “tekanan”untuk segera punya momongan, stres yang mengganggu kerja hormon reproduksi justru bisa membuat semakin sulit untuk segera hamil.

Jadi, jangan stres yaa biar hidupmu tetap sehat dan normal!

Komentar
Continue Reading

Parenting

Tips Agar Bayi Tak Rewel Saat Naik Pesawat

Published

on

Membawa bayi ketika perjalanan jauh memang dibutuhkan tenaga ekstra, karena kita tak pernah tau kapan bayi akan rewel. Mungkin tak akan masalah jika menggunakan kendaraan pribadi, namun bagaimana jika travelling tersebut menggunakan pesawat ? Tentu rasa was-was akan menghantui sebelum bepergian bersama si bayi, salah satunya cemas apabila tangisan bayi akan mengganggu penumpang lain.

img: familyeducation.com

Nah, berikut beberapa tips bagi para orang tua khususnya ibu yang ingin berpergian bersama sang buah hati menggunakan pesawat. Simak yuk!

1. Usahakan bayi tidur selama dalam pesawat

Salah satu tips jitu adalah buatlah bayi tidur sepanjang perjalanan. Ada beberapa cara untuk membuat bayi tertidur, yang pertama dengan melakukan aktivitas sebelum penerbangan agar ketika pesawat take off si bayi akan merasa lelah dan tertidur. Kedua dengan diberi makan/ susu hingga kenyang sebelum penerbangan, karena biasanya setelah kenyang bayi akan mengantuk. Namun jika terpaksanya bayi menangis di dalam pesawat, sebaiknya kamu umumkan kepada penumpang lainnya untuk memahami hal ini. Tapi jika ada penumpang yang kesal kamu bisa langsung meminta maaf.

2. Pesan kursi ekstra

Menurut ahli pediatrik dari Mercy Medical Center di Baltimore, AShanti Woods, mengatakan bahwa anak akan lebih nyaman duduk di kursinya sendiri. Untuk itu jika membutuhkan ruang lebih, kamu bisa pesan kursi ekstra.

3. Pertimbangkan posisi kursi

Sebaiknya pilih posisi kursi yang dekat dengan lorong dan di bagian depan untuk memudahkan pergerakan, misalnya untuk menenangkan bayi saat rewel.

4. Susui bayi

Memberikan ASI saat lepas landas bisa membantu, karena pergerakan menelan akan mengatasi ketidaknyamanan akibat perubahan tekanan. Selain itu ada juga yang menyarankan agar bayi disusi sebelum naik pesawat dan pastikan di bersendawa.

5. Pastikan popok bersih dan baju bayi nyaman

Saat membawa anak berpergian, khususnya naik pesawat selalu pastikan popok dalam keadaan bersih dan baju yang digunakan bayi harus nyaman dan mudah untuk diganti. Selain itu menurut para ahli memakai pakaian yang lucu juga akan membuat penumpang lain cenderung disayangi penumpang lain.

6. Bawa kantong plastik

Seorang pramugari dari Devon, Pa, Amerika Serikat menganjurkan untuk membawa kantong plastik yang bisa di tutup. Ketika selesai mengganti popok sebaiknya masukan popok ke dalam kantong plastik.

Intinya, buat suasana senyaman mungkin agar bayi betah selama perjalanan. Selamat Mencoba !

Komentar
Continue Reading

Parenting

Cara Mudah Untuk Tetap Tidur Nyenyak Saat Hamil Besar

Published

on

By

Ketika sedang hamil besar, bisa tidur dengan nyenyak merupakan tantangan tersendiri bagi seorang perempuan. Kondisi perut yang semakin membesar akan membuat ibu hamil sedikit kesulitan untuk mengatur posisi tidur. Salah dalam menempatkan posisi bisa berakibat fatal bagi kondisi kehamilan. Misalnya saja ibu hamil mengambil posisi tengkurap, sudah pasti akan membahayakan keselamatan dedek bayi dalam kandungan.

Dirangkum dari berbagai sumber dan beberapa pengalaman pribadi, sebenarnya ada beberapa cara agar ibu hamil bisa tetap tidur nyenyak dalam kondisi perut yang semakin membesar. Cara yang pertama adalah dengan membuat suasana kamar menjadi sejuk. Jika keluarga ibu hamil termasuk kalangan menengah ke atas, maka pasang AC adalah solusinya.

Sebab dengan adanya AC, ibu hamil dapat mengatur suhu ruangan kamar tidur sehingga bisa nyaman untuk tidur. Tapi kalau biaya untuk pasang AC lebih baik digunakan untuk biaya lahiran, maka bisa diganti dengan mengatur ventilasi agar sirkulasi udara di dalam kamar menjadi teratur.

Cara yang kedua adalah dengan memilih pakaian yang nyaman saat tidur. Jika ibu hamil merasa nyaman dengan daster, maka tak perlu memaksakan diri mengenakan piyama saat tidur. Bahkan jika nyaman hanya menggunakan pakaian dalam saja, itu juga tak apa asalkan tetap mengenakan selimut. Jangan sampai karena faktor kenyamanan lalu mengabaikan faktor keselamatan. resiko masuk angin jelas akan sangat mengganggu jika memaksakan diri menggunakan pakaian terbuka.

Cara yang ketiga adalah dengan tidur dalam posisi miring. Agar terbiasa, lakukan kebiasaan ini sejak dinyatakan hamil oleh dokter, bidan, ataupun testpack. Mungkin awalnya memang susah, tapi karena keterpaksaan pasti akan terbiasa juga. Setelah melahirkan nanti barulah bisa balas dendam dengan tidur telentang ataupun tengkurap sepuasnya.

Cara yang keempat adalah dengan memastikan perut dalam kondisi kenyang sebelum tidur. Hal ini sangatlah penting. Senyaman apapun ibu hamil menggunakan pakaian ataupun sesejuk apapun kondisi kamar, tapi kalau perut keroncongan pasti tak akan bisa tidur dengan nyenyak. Cara yang kelima adalah dengan membiasakan olahraga rutin setiap harinya.

Tak perlu olahraga berat seperti basket, sepakbola ataupun lari 10K, tapi yang ringan-ringan saja semacam jalan santai atau senam ibu hamil. Dengan pola hidup yang sehat, tidur pun akan nyenyak. Dan cara terakhir yang harus dilakukan adalah jangan biasakan begadang apalagi minum kopi. Jangankan tidur nyenyak, mau memejamkan mata pun akan susah karena kandungan cafein yang ada dalam kopi.

Semoga cara-cara diatas dapat membantu yaa. Kalau masih juga tak bisa tidur nyenyak juga, kamu bisa coba cara alternatif ala anak kecil semisal membayangkan menghitung domba di padang rumput Afrika yang jumlahnya ratusan. Mungkin bisa membantu.

Komentar
Continue Reading

Trending