Fotografi

Beberapa Tips Dasar untuk Kamu yang Hobi Merekam Video Dengan Smartphone

Mengabadikan momen sepertinya sudah menjadi kebiasaan kaum milenial sehari-hari, mulai dari berfoto hingga video. Oleh karena itu para pengguna smartphone sering tergoda dengan produk-produk smartphone yang mengunggulkan kualitas gambar atau hasil video dari kamera bawaan smartphone tersebut.

Kemampuan kamera smartphone terus berkembang dan semakin canggih karena dilengkapi beberapa fitur keren seperti kemampuan merekam 4K sampai kemampuan HDR yang bisa dicicipi di beberapa smartphone. Oleh karena itu tidak sedikit pengguna smartphone memanfaatkan perangkatnya untuk mengabadikan momen-momen setiap harinya.

Didukung dengan beberapa aplikasi edit video, ternyata banyak pengguna smartphone mampu berkreasi dan berkarya dengan menggunakan gadgetnya. Bisa dibilang itu merupakan cara paling cepat atau instant karena pengguna bisa merekam, mengedit lalu bisa langsung menggungah hasil video yang mereka buat.

Meskipun didukung dengan kualitas kamera handphone yang mumpuni, belum tentu juga akan menghasilkan video yang bagus karena masih diperlukan orang yang memiliki kemampuan untuk berkreasi melalui smartphonenya.

Beberapa tips dasar ini mungkin akan sedikit membantu kamu untuk berkarya  atau belajar membuat video

  1. Stabilkan pengambilan video
images: jalantikus.com

Salah satu tips dasar untuk menghasilkan video bagus adalah gambar yang stabi. Mungkin masih banyak orang yang melakukan pengambilan gambar hanya menggunakan satu tangan saja, alhasil video yang dihasilkan akan goyang-goyang atau shake. Mengatasi hal ini kamu bisa melakukan pengambilan gambar dengan menggunakan dua tangan agar hasil gambar lebih baik.

  1. Ketahui dulu posisi mikrofon di smartphone kamu
images: sindonews.net

Sebelum melakukan pengambilan gambar, pastikan kamu mengetahui letak atau posisi mikrofon di smartphone kamu. Hal itu bertujuan agar mikrofon berfungsi dengan baik untuk merekam tanpa tertutup oleh tangan saat kamu mengambil gambar. Kualitas video bagus yang tidak diimbangi audio sempurna pasti akan kurang maksimal hasilnya.

  1. Jangan sembarangan main zoom
images: mitrakamerasite.files.wordpress.com

Jika kamu sedang mengambil gambar usahakan tidak menggunakan zoom digital karena penggunaan zoom tersebut pasti akan mengakibatkan kualitas video kamu tidak tajam lagi. Jika objek terlalu jauh lebih baik kamu mendekat untuk menghasilkan gambar yang memiliki kualitas bagus.

  1. Pilihlah lokasi yang tepat
images: blackxperience.com

Sebelum kamu mengambil gambar, pemilihan lokasi sangat menentukan. Cobalah untuk melihat pencahayaan di lokasi tersebut, terlalu terang atau malah terlalu gelap. Hal itu penting karena terkadang smartphone akan kesulitan untuk menyeimbangkan cahaya saat kamu merekam. Karena itu carilah posisi pengambilan gambar yang sekiranya pas agar hasil rekaman terlihat jelas.

  1. Jangan malas untuk terus belajar
images: phinemo.com

Merekam video memang terlihat mudah, akan tetapi hasil akan lebih sempurna jika kamu mau terus belajar dari beberapa tutorial yang bisa kamu cari di website maupun youtube. Berlatih dan terus berlatih akan menjadi kunci keberhasilan kamu dalam menciptakan suatu karya dari smartphone kamu.

Semoga beberapa tips dasar diatas berguna buat kamu yang ingin belajar mengabadikan momen dengan menggunakan kamera smartphone. Selamat belajar ya gaess

Comments

comments