Connect with us
https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js

Kuliner

7 Kuliner Khas Banyuwangi yang Wajib Dicoba

Published

on

Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai macam suku, budaya, dan kuliner. Salah satu wilayah yang kaya akan wisata kuliner adalah Banyuwangi. Kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa ini memiliki berbagai macam kuliner khas menggugah selera yang wajib untuk dicoba ketika kamu berkunjung kesana. Apa sajakah itu ? berikut selengkapnya

  1. Sego Tempong. Sego tempong adalah sajian khas banyuwangi berupa rebusan sayur-sayuran seperti kacang panjang, kol, bayam, atau kenikir yang direbus kemudian disajikan bersama tahu dan tempe goreng. Terakhir bersama nasi dan sambal yang pedas, semuanya disiram dengan bumbu kacang. Kata tempong berasal dari bahasa Osing yang artinya “nampar”, disebut demikian karena rasa yang pedas seakan seperti ditampar.

    img: id.wikipedia.org

  2. Sego Cawuk. Sego cawuk adalah nasi yang disajikan dengan daun pisang dan dimakan secara . Nasi cawuk terdiri dari nasi yang disiram dengan kuah parutan kelapa dan serutan jagung muda bakar serta kuah ikan pindang. Sedangkan untuk lauk pendampingnya ada pepes ikan laut, telur pindang, tahu cacah dan semanggi sambal serai. Disebut nasi cawuk karena pada zaman dahulu kala sebelum ada sendok, masyarakat makan nasi menggunakan tangan. Cara makan tersebut dinamakan “cawuk”

    img: suara.com

  3. Pindang Koyong. Kuliner khas Banyuwangi yang satu ini juga tak kalah menggugah selera. Ikan tenggiri/ tongkol yang dimasak dengan kuah asam pedas akan beradu dengan sempurna di dalam mulut kamu. Dijamin nggak akan berhenti mengunyah hingga potongan terakhir.

    img: resepnikmat.com

  4. Pecel Pitik. Berbeda dengan menu pecel pada umumnya yang biasa menggunakan bumbu kacang, pecel pitik merupakan ayam panggang yang di suwir-suwir dan disajikan dengan parutan kelapa.

    img: sajianbunda.com

  5. Botok Tawon. Tawon atau lebah mungkin kurang lazim apabila dijadikan sebagai menu makanan. Namun tidak di daerah Banyuwangi, tawon atau lebah merupakan sajian yang lezat apabila sudah ‘disulap’ menjadi botok tawon. Dengan bahan dasar sarang lebah lengkap dengan larvanya, kemudian dimasak menggunakan parutan kelapa dan dibungkus dengan daun pisang, maka kamu akan ketagihan setelah mencoba pertama kali !

    img: penulispro.net

  6. Rujak Soto. Menu perpaduan antara rujak cingur dan soto babat ini juga menjadi favorit warga Banyuwangi karena rasanya yang unik. Rujak cingur yang sudah jadi biasanya akan disiram dengan kuah soto beserta babatnya. Hmmm… penasaran kan ?

    img: ncepsuroboyo.com

  7. Kupat Lodoh. Sajian kuliner yang terakhir berikut adalah kupat lodoh, yaitu menu kupat yang disajikan bersama dengan ayam yang dimasak lodoh. Lodoh adalah parutan kelapa tua yang disangrai dengan minyak hingga kering kemudian ditumbuk sampai halus dan keluar minyaknya. Bentuk lodoh sendiri menyerupai pasta.

    img: travel.kompas.com

Komentar
Continue Reading

Hobi

Resep Nugget Pisang Kekinian Anti Gagal

Published

on

Biasanya, pisang hanya disajikan dalam variasi direbus atau digoreng saja sebagai sajian pendamping saat minum kopi atau teh. Tapi agar semakin nikmat, tak ada salahnya untuk mencoba membuat olahan nugget pisang berikut ini.

img: beautynesia

Bahan-bahan:

  • 10 buah pisang kepok
  • 1 bungkus tepung pisang goreng
  • air es secukupnya
  • tepung roti secukupnya
  • 1 bungkus cokelat untuk topping

img: manaberita.com

Cara membuat:

  • Kupas pisang, belah menjadi 2 atau 4 bagian.
  • Buat adonan tepung dari tepung pisang goreng siap saji, beri air es secukupnya, dan usahakan kental.
  • Gulingkan pisang goreng ke dalam adonan tepung, kemudian gantian ke tepung roti. Tekan-tekan supaya tepung roti menempel dengan baik.
  • Masukkan pisang ke kulkas selama 15 menit, supaya adonan menempel sempurna.
  • Goreng pisang sampai matang hingga warnanya kuning keemasan.

Bagaimana, mudah bukan untuk membuatnya?

Komentar
Continue Reading

Kuliner

Berbagai Resiko Kesehatan Dibalik Nikmatnya Kol Goreng

Published

on

Buat kamu yang hobi kuliner di warung tenda kaki lima pasti tak asing lagi dengan sajian kol goreng. Ya, selain disajikan sebagai lalapan, ternyata sebagian orang lebih suka jika kol digoreng dahulu. Mungkin terdengar aneh, namun rasanya tak kalah enak bahkan akan lebih nikmat bila di campur sambal.

Pada dasarnya, kol mempunyai banyak manfaat bagi tubuh karena banyaknya zat di dalamnya. Contohnya saja kol punya zat anti kanker yang dapat menurunkan resiko kanker, seperti kanker payudara. Namun manfaat tersebut akan berbanding terbalik ketika kol digoreng di suhu yang sangat panas, karena justru akan merusak zat baik dan malah menghasilkan beragam risiko bagi kesehatan tubuh.

Berikut alasan yang dirangkum hitsbanget.

img: health.detik.com

1. Merusak kandungan dalam kol.
Dibalik rasa yang enak dan lezat, ternyata kol yang digoreng justru dapat menghancurkan berbagai jenis vitamin yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin A, B, C, dan K. Kalau sudah merusak vitamin dan juga kandungan dalam zat, percuma juga ya makan kol yang sebenarnya punya manfaat dalam tubuh. Alih-alih mendapatkan manfaat nutrisi, yang ada malah menumbuhkan penyakit.

2. Dapat memicu kanker.
Dengan menggoreng kol di suhu panas bahkan melakukan di minyak yang sudah digunakan berkali-kali tentunya kol menjadi sangat tidak baik bagi tubuh kita. Minyak yang sudah digunakan berkali-kali mengandung radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, kol goreng tersebut akan merangsang munculnya senyawa amina heterosiklik yang bersifat karsinogenik. Senyawa inilah yang kemudian bisa menjadi pemicu kanker.

3. Menyebabkan obesitas dan serangan Jantung
Sesungguhnya kol mempunyai segudang manfaat terutama untuk kesehatan jantung, namun hal tersebut akan berbeda jika kol diolah secara digoreng karena malah berubah menjadi sangat berbahaya. Kol akan menyerap minyak sehingga kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam minyak goreng akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti obesitas dan serangan jantung. Wah, bahaya banget ya.

Itulah beberapa resiko kesehatan yang akan timbul jika kamu mengkonsumsi kol goreng. Walaupun enak harus dipikirkan lagi ya! Hayo siapa nih yang suka makan kol goreng?

Komentar
Continue Reading

Kuliner

Resep Mudah Membuat Coffee Bun (Rotiboy) Anti Gagal

Published

on

Siapa yang tak kenal dengan Coffe Bun/ Rotiboy? Jika kamu pergi ke pusat perbelanjaan/ mall biasanya jajanan khas Malaysia ini akan menjadi salah satu yang ramai dikunjungi pembeli. Karena selain karena aromanya yang khas, rasanya pun juga lembut dan lezat. Harganya pun juga ramah dikantong, yakni hanya kisaran 10-15ribu saja. Namun, jika kamu ingin menikmati sepuasnya Coffe Bun tanpa harus keluar banyak biaya dan jauh-jauh ke mall, maka tak ada salahnya untuk mencoba membuat sendiri Coffe Bun di rumah. Berikut bahan dan cara membuatnya, simak yuk!

img: yellowpages.co.id

Bahan Biang

1/4 gelas tepung terigu

1/2 gelas air

 

Bahan Ragi

1/2 gelas air hangat kuku

2 sdm gula pasir

11 gram ragi instan

 

Bahan Topping Kopi

100 gram gula pasir

75 gram margarin atau 2 sdm margarin

28 gram kopi instant rasa moka

1 sdt kopi hitam, di larutkan dengan 1 sdm air

1 butir telur

2 sdm susu bubuk

75 gram tepung terigu

 

Bahan Roti

400 gram tepung terigu

75 gram margarin atau 2 sdm margarin

1 butir telur

100 gram tepung terigu untuk menguleni

140 gram margarin, di potong-potong lalu di bekukan di kulkas

 

Cara Membuat

  1. Siapkan bahan biang: masak tepung terigu dicampur air sampai lembut dan sedikit berwarna kuning, angkat dan dinginkan
  2. Siapkan bahan ragi: campur 1/2 gelas air hangat kuku bersama 2 sdm gula pasir, aduk hingga gula larut dan tambahkan 11 gr ragi instan, aduk-aduk dan diamkan hingga ragi mengembang
  3. Siapkan bahan topping kopi: campurkan gula pasir, margarin, kopi instan rasa moka, larutan 1 sdt kopi hitam dengan 1 butir telur. Mixer dengan kecepatan rendah. Setelah benar-benar tercampur rata naikkan kecepatan mixer dan tambahkan 2 sdm susu bubuk dan 75 gram tepung terigu, mixer lagi sampai halus dan lembut
  4. Masukkan bahan topping kopi ke dalam plastik segitiga atau piping bag lalu simpan di dalam kulkas
  5. Membuat roti : Masukkan 400 gram tepung terigu ke dalam wadah baskom yang besar, masukkan bahan biang, 1 butir telur yang sudah dikocok terlebih dahulu & bahan ragi lalu aduk hingga tercampur rata
  6. Uleni bahan roti di atas permukaan meja yang rata sambil di taburi tepung terigu sedikit demi sedikit, tambahkan 2 sdm margarin secara bertahap lalu uleni roti hingga benar-benar kalis. Tutup dan diamkan selama 30 menit sampai 1 jam hingga adonan roti mengembang
  7. Setelah mengembang, bentuk bulat lalu beri isian margarin beku di tengahnya
  8. Panaskan oven sampai suhu 160 derajat celcius, beri topping kopi diatas roti secara melingkar sampai setengah bagian roti tertutupi
  9. Panggang roti selama kurang lebih 25 menit hingga bagian topping mengering
  10. Angkat dan sajikan selagi hangat

Bagaimana, mudah bukan untuk membuatnya? Selamat mencoba!

Komentar
Continue Reading

Trending