Inspirasi, Motivasi

6 Hal yang Harus Kamu Pahami Tentang Pekerjaan, Agar Tidak Lupa Caranya Bersenang-senang

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan hidup adalah dengan memiliki pekerjaan. Apapun itu, asalkan halal dan menghasilkan uang layak untuk kamu jalani. Bahkan saking takutnya tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup, ada orang yang sampai rela kerja keras siang dan malam tanpa memperhitungkan waktu. Namun ada pula yang bekerja ala kadarnya, sekedar cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya saja, tanpa perlu ribet memikirkan masa depan.

Padahal tujuannya sama, yaitu mendapatkan kebahagiaan. Sayangnya, untuk mendapatkan sebuah kebahagiaan terkadang justru membuat kita lupa caranya bersenang-senang. Misalnya begini, kamu ingin punya mobil. Untuk itu kamu akan bekerja sepanjang hari bahkan mengambil lembur setiap malam tanpa memperhitungkan kesehatanmu demi mengumpulkan pundi-pundi uang. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari. Bisa saja uang yang kamu kumpulkan susah payah itu nantinya akan terpakai untuk berobat karena kamu mengabaikan kesehatanmu saat kejar tayang tadi.

Pahami betul caramu bekerja, agar tidak menyesal dikemudian hari karena salah langkah dalam mengambil keputusan.

  1. Sebelum bekerja, yakinkan dulu kalau kamu akan menyukai pekerjaan itu
images :lowongan.id

Kalau kamu bekerja hanya karena terpaksa, maka ada baiknya untuk segera berhenti dari pekerjaanmu itu. Bekerja itu harus sesuai dengan hati. Kalau kamu bisa bekerja dengan sepenuh hati dan penuh keikhlasan, maka hasil yang akan kamu dapatkan pasti memuaskan. Semuanya akan terasa ringan meski kamu berada dibawah tekanan.

2. Ketika keadaan memaksamu, maka belajarlah untuk menyukai apa yang kamu kerjakan

images : whateverjeezz

Sayangnya tidak semua orang mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang ataupun minatnya. Kalau kamu termasuk salah satunya, maka satu-satunya jalan adalah belajar untuk menyukai apa yang kamu kerjakan, bukan hanya sekedar mengerjakan apa yang kamu sukai. Orang jawa bilang witing tresno jalaran seko kulino, cinta datang karena terbiasa. Belajarlah terus untuk mencintai pekerjaanmu saat ini. Saat kamu mulai putus asa, ingat kembali mimpi-mimpimu untuk membahagiakan orang-orang yang kamu cintai. Semoga dengan hal itu akan terus memotivasimu untuk terus survive di pekerjaanmu sekarang.

3. Bekerja keras boleh, tapi bekerja cerdas lebih baik

images : rula.co.id

Orang yang bekerja keras biasnya cenderung lupa waktu dan sengaja mengabaikan kesenangan saat ini. Tujuan mereka adalah kesenangan di kemudian hari. Tidak salah sih, hanya kurang tepat saja sebab kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita suatu hari nanti. Sementara itu, orang yang bekerja cerdas akan tahu mengatur waktu kapan harus bekerja, kapan harus bersenang-senang. Mereka tidak akan pernah “mendewakan” pekerjaan karena merasa masih banyak hal yang lebih penting daripada itu. Mereka juga biasanya lebih santai dan tidak spaneng dalam menghadapi beban kerja yang ada.

4. Istirahatlah saat merasa lelah

images : sleeprate.com

Tubuhmu juga memiliki batas daya tahan. Saat merasa kondisi badanmu sudah tidak baik, maka sesegera mungkin kamu harus cepat rehat sejenak. Tidak perlu takut pekerjaan akan terbengkalai. Sebab kalau kamu paksakan, kamu bisa tambah sakit dan pekerjaanmu pun justru akan berantakan.

5. Sama halnya dengan fisik, otakmu juga butuh istirahat

images : http://1.bp.blogspot.com

Kalau pikiranmu sudah mulai jenuh dengan pekerjaan yang ada, maka ada baiknya buat kamu untuk segera mengambil cuti. Manfaatkan waktu cuti atau libur itu dengan sebaik mungkin. Jangan sampai kamu pulang kerumah dengan membawa pekerjaan yang belum kamu selesaikan di kantor. Selama cuti lakukanlah segala hal yang bisa membuatmu senang. Seperti traveling, nongkrong, belanja, ataupun bermalas-malasan ria di rumah. Setelah itu dijamin baterai kamu yang tadinya sudah low bat bisa terisi penuh kembali dan siap menghadapi kesibukan yang ada.

6. Pekerjaan yang pertama, tapi keluarga dan bersosial tetap yang utama

images : mirror.co.uk

Esensi dari bekerja adalah untuk kebahagiaan diri sendiri dan keluarga. Terlalu sibuk di kantor jangan dijadikan alasan untuk lupa dengan orang dirumah. Percuma kalau karir kamu bagus, tapi keluargamu berantakan. Begitu juga dengan kehidupan bersosial masyarakat. Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, kamu juga harus mau srawung (bergaul) dengan masyarakat sekitar tempat tinggalmu. Sebab saat terjadi suatu hal, merekalah orang terdekat setelah keluargamu yang akan kamu mintai pertolongan. Sesekali luangkan waktu untuk nongkrong bareng mereka. Siapa tahu akan menambah wawasanmu.

Kamu harus bisa memaknai arti peribahasa berakit-rakit dahulu berenang ketepian, bersakit dahulu senang kemudian secara luas. Jangan memandangnya terlalu sempit. Sambil terus bekerja keras untuk masa depanmu nanti, jangan abaikan juga kesenanganmu saat ini. Dua hal itu saling berkaitan dan bisa saling mendukung. Jadi….jangan lupa bahagia yaa…

Comments

comments