Connect with us

Tips

5 Alasan Kenapa Acar Harus Ada Saat Kamu Menyantap Sate Kambing

Published

on

Menu makanan serba daging akan tersaji di meja makan selama beberapa hari kedepan. Mulai dari dari daging kambing hingga daging sapi.Berbagai macam makanan tambahan pun menjadi pelengkap suguhan makanan berbahan dasar daging seperti lontong maupun berbagai jenis lalapan dan juga acar.

Acar biasanya dibuat dari irisan ketimun, nanas, wortel,  dan cabai yang dicampur dengan rendaman air cuka. Jika disandingkan dengan sate atau gulai akan memberikan sensasi pedas dan segar.

Ternyata dibalik rasa asam, amis dan pedas acar tersimpan beberapa manfaat lho! Seperti yang dikutip dari CNN Indonesia ternyata acar memiliki segudang manfaat. Oleh karena itu tidak ada salahnya saat kamu makan daging atau makan sate kambing janganlah melupakan acar sebagai sajian tambahan.

Berikut ini beberapa manfaat acar yang harus kamu tahu.

  1. Menjaga kadar kolesterolSatu hal yang paling ditakutkan dari konsumsi daging adalah naiknya kadar kolesterol dalam darah. Namun jika konsumsi daging diimbangi dengan konsumsi acar maka kolesterol dalam daging tak lagi menakutkan. Acar, khususnya acar timun dan wortel memiliki kandungan alami untuk menurunkan dan menjaga kadar kolesterol berlebih.
  2. Menontrol tekanan darahJika ingin menjaga tekanan darah tetap stabil, sebaiknya konsumsi daging bersama dengan acar. Acar mengandung magnesium, potasium, dan fosfor yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

    Serat alami pada timun dianggap ampuh menurunkan kadar lemak dan kolesterol.

 

  1. Mencegah gangguan pencernaanBeberapa jenis acar dibuat dengan proses fermentasi. Acar seperti ini biasanya dibuat dengan cara tradisional misalnya kimchi dari Korea dan sauerkraut dari Eropa.

    Selama proses fermentasi, gula pada sayur dipecah hingga menjadi asam laktat atau bakteri asam laktat yang lazim disebut probiotik. Probiotik membantu mengatasi masalah pencernaan termasuk iritasi usus, sembelit dan diare.

 

  1. Sumber antioksidanKandungan alami sayur dan buah membantu tubuh melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel dan menimbulkan penyakit. Acar pun mengandung nutrisi antioksidan yang berperan untuk melawan radikal bebas.

    Biasanya proses pengolahan bahan makanan membuat kandungan nutrisi pada sayur atau buah rusak bahkan berkurang. Sedangkan acar justru mempertahankan nutrisi asli makanan tetap terjaga.

 

  1. Cegah kenaikan gula darahJika acar yang dibuat dengan cuka jadi pilihan, maka acar ini membantu memperlambat proses pencernaan makanan. Perut pun melepas glukosa dengan lambat dan mencegah kenaikan gula darah secara mendadak setelah makan apalagi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat.

    Acar menjadi antiglikemik atau penurun kadar gula untuk mereka yang resisten terhadap insulin dan yang memiliki risiko diabetes tipe 2.

 

Buat kamu yang belum terbiasa memakan acar mungkin rasanya agak sedikit aneh, akan tetapi tidak ada salahnya kamu mencoba karena ada manfaat besar dibaliknya.

Komentar
Continue Reading

Karir

Pendaftaran Dibuka 25 Oktober, Waktu Pelaksanaan Tes CPNS 2019 Masih Belum Pasti

Published

on

By

Kabar gembira datang bagi para pencari kerja. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tak lama lagi akan segera dibuka. Ini akan menjadi seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) kedua tahun ini setelah sebelumnya diselenggarakan tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I pada 23-24 Februari kemarin.

Berita ini jelas menjadi kabar yang menyejukkan, khususnya buat kamu yang tahun kemarin gagal lolos dalam seleksi CPNS 2018. Penantian dan kesabaranmu tak lama lagi akan terbayar.

Hanya saja, mengenai waktu pelaksanaan tesnya sampai saat ini masih belum bisa dipastikan. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dirinya masih harus membicarakan itu bersama pihak terkait lainnya.

Walaupun demikian, beliau juga menyatakan bahwa hal ini sama sekali tak terkait dengan proses pelantikan presiden pada tanggal 20 Oktober mendatang. Menteri baru dan program perekrutan ini tidak saling terkait lantaran sudah menjadi program pemerintah.

Sementara itu MenPAN-RB Syafruddin  menginformasikan bahwa penerimaan CPNS 2019 bakal menerima kurang lebih 100 ribu formasi. Dari 100 ribu formasi tersebut, kebanyakan merupakan tenaga pendidikan dan kesehatan.

Daripada penasaran dengan waktu pelaksanaan tes, ada baiknya waktu yang ada kamu gunakan untuk mempersiapkan segala administrasi yang diperlukan untuk pendaftaran nanti. Jadi tidak kebingungan saat mengisi form pendaftaran.

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu berlatih soal ujian CPNS. Soal-soal semacam itu bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko buku ataupun internet. Banyak berlatih akan membuat kemungkinanmu untuk lolos seleksi semakin besar.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Tak Ingin Cepat Keriput? Hindari Kebiasaan Buruk Berikut ini

Published

on

By

Memiki wajah berseri-seri dan “awet muda” merupakan impian bagi sebagian orang. Untuk mendapatkannya, tak jarang ada yang sampai mengeluarkan budget hingga jutaan rupiah dengan melakukan perawatan kulit. Sedangkan cara yang paling sederhana dan hemat biaya adalah dengan mencuci muka di mata air yang “konon” berkhasiat membuat awet muda.

Sayangnya, tanpa kita sadari, beberapa kebiasaan yang dilakukan sehari-hari justru bisa membuat kulit menjadi cepat keriput sehingga perawatan yang telah dilakukan bisa sia-sia.

1. Terlalu banyak mengkonsumsi gula

images: https://cdn2.tstatic.net

Kehidupan yang terkadang pahit membuat gula menjadi terasa nikmat. Baik dalam bentuk makanan ataupun minuman. Namun jika mengkonsumsinya secara berlebihan, maka bisa berefek kurang baik. Gula berlebih yang tidak dapat diserap tubuh akan berubah menjadi advanced glycation end product (AGE). Ini adalah zat yang akan merusak kolagen dan elastin sehingga kulit akan keriput dan mengendur.

2. Keseringan terpapar sinar UV

images: https://www.go-dok.com

Tak usah bergaya macam turis dengan berjemur disiang hari. Perlu kamu ketahui bahwa ultraviolet dalam sinar matahari dapat mempercepat timbulnya keriput, pengenduran, dan spot hitam. Selain itu, dalam jangka panjang, hal ini juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Kalau ingin menikmati cahaya matahari, baiknya saat pagi atau sore hari saja.

3. Kurang tidur

images: https://hellosehat.com

Sebuah studi dari The American Academy of Sleep Medicine Foundation menemukan bahwa kekurangan tidur memengaruhi munculnya keriput pada sekitar mata mulut, dan kelopak mata. Ini karena kulit kita tidak akan mendapatkan waktu untuk memulihkan diri setelah aktivitas yang padat seharian. Sel-selnya pun akan sulit untuk memperbarui diri.

4. Terlalu sering mengusap mata

images: https://merahputih.com

Kulit di sekitar mata sangat rapuh dan tipis. Ketika kita sering menggosoknya, kulit akan mengendur dan rentan untuk timbul keriput. Oleh karena itu, jika sering menangis, maka biarkan saja air mata kamu mengalir membasahi pipi. Daripada kamu mengusap mata dan beresiko cepat keriput sebelum tua.

5. Terlalu sering menatap layar gadget

images: http://www.intipesan.com

Radiasi cahaya biru yang dihasilkan oleh layar dapat merusak DNA dan kolagen di kulit kita. Jadi kalau mau menggunakan gadget itu baiknya seperlunya saja. Selain berbahaya bagi kulit, kualitas penglihatan juga bisa menurun karena terlalu sering melihat objek dalam jarak dekat.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Empat Manfaat Jambu Biji Bagi Ibu Hamil

Published

on

By

Dalam masa kehamilan, seorang perempuan yang tengah mengandung harus terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Hal itu dapat diperoleh dari asupan makanan yang dikonsumsi baik berupa buah, daging, maupun sayuran. Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil adalah jambu biji.

Kamu tentu tahu jambu biji bukan? Buah ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko buah ataupun rumah tetangga. Biasanya orang menikmatinya dalam bentuk jus. Tapi baik dimakan langsung atau disajikan dalam bentuk jus buah, khasiat dan manfaat buah yang terkenal manis ini tak jauh berbeda.

Usut punya usut, menurut beberapa ahli buah ini ternyata memiliki beberapa manfaat untuk ibu hamil.

  1. Mendukung perkembangan otak bayi.

images: https://www.prenagen.com

Jambu biji memiliki kandungan asam folat yang cukup baik untuk perkembangan otak bayi. Asam folat dibutuhkan tubuh untuk produksi sel darah merah sekaligus membantu perkembangan otak dan sumsum tubuh belakang. Jadi kalau ingin perkembangan otak janin yang sedang dikandung berjalan dengan baik, maka tak ada salahnya untuk sering mengkonsumsi jambu biji selama masa kehamilan.

2. Mencegah komplikasi kehamilan.

images: kumparan.com

Menurut beberapa ahli, jambu biji juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Didalam tubuh, vitamin C dan vitamin E akan bekerja sama untuk meningkatkan antioksidan sehingga mampu menghambat radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh. Itu artinya, sel-sel tubuh akan terlindungi dari berbagai macam peradangan yang mengancam ibu hamil.

3. Mengurangi resiko pegal.

images: cloudfront.net

Seorang wanita yang tengah mengandung biasanya sangat rawan dengan rasa pegal dibagian persendian dan otot. Kondisi ini disebabkan oleh adanya janin sehingga cukup memberikan beban terutama bagi tulang belakang. Selain itu, kurangnya mineral juga dapat mengakibatkan seringnya muncul rasa pegal dan kram dibagian tubuh tertentu. Konsumsi buah dan sayuran yang cukup bisa menjaga kebutuhan mineral tubuh tetap terpenuhi sebagaimana mestinya.

4. Mencegah anemia.

images: jatimtimes.com

Terdapat kandungan zat besi dalam jambu biji. Zat besi ini berguna untuk memproduksi ekstra darah untuk si bayi. Darah yang mengandung hemoglobin ini menjadi media bagi si bayi untuk mendapatkan asupan makanan dan oksigen dari sang ibu. Bila ibu hamil mengalami kurang darah atau anemia, maka bisa beresiko bayi yang dilahirkannya nanti akan mengalami kurang berat badan.

 

Komentar
Continue Reading

Trending