Connect with us

Gadget

4 Rekomendasi Tablet Berspesifikasi Tangguh Tapi Berdesain Minimalis

Published

on

Dibandingkan dengan smartphone biasa, tablet tentunya memiliki desain yang lebih besar. Biasanya orang lebih memilih menggunakan tablet karena ukurannya dan spesifikasinya. Selain membantu dalam hal pekerjaan, pengguna  yang hobi membaca tentu akan semakin terbantu dengan ukuran yang ditampilkan oleh tablet.

Akan tetapi hal itu jugalah yang menjadi kekurangan dari tablet. Dengan dimensi yang lebih besar, terkadang pengguna menjadi agak ribet ketika membawanya bepergian. Jika dengan smartphone cukup digenggam atau dimasukkan ke tas pocket, maka ketika membawa tablet setidaknya harus membawa tas pinggang.

Untuk kamu yang ingin menggunakan tablet tetapi ingin tetap tampil minimalis, berikut kami berikan 4 rekomendasi tablet yang harus kamu miliki.

  1. Samsung Galaxy Tab A8

images: home.ripley.cl

Galaxy Tab A8 merupakan salah satu tablet mid-end yang dikeluarkan Samsung pada tahun 2019 ini. Tablet ini menggunakan jenis layar IPS LCD berukuran 8 Inchi dengan resolusi 1200 x 1920 pixels. Di sektor baterai, Galaxy Tab A8 dibekali dengan baterai berkapasitas 4200 mAh.

Untuk kamera, tablet ini memiliki kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP. Tak terlalu buruk untuk ukuran smartphone masa kini mengingat tujuan penggunaan tablet bukanlah untuk fotografi seperti halnya smartphone pada umumnya. Berpindah ke sektor dapur pacu, Samsung Galaxy Tab A 8 dibekali chipset Exynos 7904 dengan kinerja CPU Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53) serta media penyimpanan sebesar 3/32 GB.

2. Huawei MediaPad M5 8

images: media.4rgos.it

Tablet ini menggunakan jenis layar IPS LCD berukuran 8.4 inci dengan resolusi 2560 x 1600 pixels serta kerapatan pixel yang mencapai 359 ppi. Dengan kualitas layar seperti itu, bisa dipastikan gambar yang dihasilkan sangatlah jernih dan cerah. Di sektor dapur pacu, Huawei MediaPad M5 8 dibekali dengan chipset HiSilicon Kirin 960s dengan performa CPU Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan media penyimpanan sebesar 4/64 GB.

Sementara itu untuk bagian kamera, MediaPad M5 8 dibekali dengan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 8 MP. Baterainya pun cukup besar yakni 5100 mAh.

3. Huawei MediaPad M5 Lite 8

images: mynexttablet.com

Tablet rekomendasi yang ketiga masih dari Huawei, yakni MediaPad M5 Lite 8. Dengan body yang terbuat dari material aluminium, tablet ini memiliki layar tipe IPS LCD berukuran 8 inci dengan resolusi 1920 x 1200 pixels. Dipersenjatai chipset Hisilicon Kirin 710 dengan performa CPU Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) dan memory 4/64 rasanya cukup handal untuk melakukan kegiatan multitasking.

Di sektor kamera dan baterai, tablet ini tak jauh berbeda dengan tablet Huawei Mediapad M5 8, yaitu dibekali dengan kamera belakang beresolusi 13 AF serta kamera depan 8 MP dan ditenagai baterai berkapasitas 5100 mAh.

4. Xiaomi Mi Pad 4

images: d2giyh01gjb6fi.cloudfront.net

Selain Samsung dan Huawei, Xiaomi juga tak mau ketinggalan untuk meluncurkan tablet. Mi Pad 4 dibekali dengan layar IPS LCD berukuran 8 inci dengan resolusi 1200 x 1920 pixels. Dibandingkan dengan 3 tablet diatas, Mi Pad 4 memiliki kapasitas baterai yang paling besar yakni 6000 mAh.

Tablet ini juga menggunakan chipset Qualcomm kelas menengah yaitu Snapdragon 660 dengan kinerja CPU Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260) dan memiliki media penyimpanan sebesar 4/64GB. Dengan spesifikasinya tersebut, kamu yang hobi main game jelas akan sangat terdukung. Sektor kamera juga cukup bagus dengan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP.

Komentar

Aplikasi

Mengintip Beberapa Fitur Baru Di WhatsApp

Published

on

Platform perpesanan pribadi WhatsApp kini terus mengembangkan berbagai fitur untuk memaksimalkan pelayanannya. Dan fitur terbaru yang akan dirilis adalah Boomerang dan Dark Mode. Bagaimana fitur-fitur tersebut ? berikut penjelasannya

  1. WhatsApp Boomerang

    img: harapan rakyat

    Seperti halnya fitur Boomerang di platform Instagram, Boomerang di WhatsApp pun sama yaitu gerakan berulang-ulang dengan durasi maksimal 7 detik. Nantinya para pengguna dapat memilih fitur Boomerang tersebut disebelah menu GIF.

    Fitur Boomerang di WhatsApp ini nantinya bisa dibagikan sebagai status WhatsApp, atau langsung dibagikan ke teman-teman di kontak WhatsApp. Namun, fitur itu nantinya akan tersedia untuk WhatsApp di iOS terlebih dahulu, baru kemudian disusul untuk pengguna WhatsApp di Android.

  2. Dark ModeDark mode atau mode gelap di WhatsApp memang belum dirilis secara resmi. Namun jika kamu sudah tak sabar, berikut beberapa langkah untuk mencobanya

Khusus untuk pengguna android, sebelumnya kamu bisa mendownload Android Q yang saat ini tersedia dalam versi beta.

1: Masuk ke menu Settings –> Display –> Select Theme –> Dark. Tema ini adalah tema gelap bawaan yang ditambahkan Google pada Android Q.

2: Jika dark theme sudah diaktifkan, selanjutnya kalian perlu mengaktifkan opsi developer untuk memberikan izin. Caranya, kembali ke Settings –> About Phone –> Build Number. Tap beberapa kali hingga muncul pesan ‘Developer Options is turned on’ yang menandakan bahwa opsi developer telah diaktifkan.

3: Setelah Developer Options aktif, cari ‘Override force-dark’ lalu tap. Sekarang kamu telah menggunakan mode gelap di WhatsApp !

4: Langkah-langkah di atas akan mengaktifkan tema gelap untuk WhatsApp di Android Q. Untuk mendapatkan pengalaman mode gelap seutuhnya, pastikan kalian menggunakan wallpaper gelap gelap sebagai background WhatsApp.

Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis secara global oleh Facebook, mengingat WhatsApp telah dibeli oleh Facebook. Namun jika bocoran dari fitur tersebut sudah terungkap, maka bisa diperkirakan bahwa fitur ini akan segera diluncurkan oleh Facebook dalam waktu dekat.

Bagaimana menurut sobat spaneng, apakah fitur ini nantinya cukup berguna atau akan sia-sia belaka ?

Komentar
Continue Reading

Gadget

Meski Belum Resmi, Android 10 Dikabarkan Akan Launching Bulan Depan

Published

on

By

Seperti kita ketahui bersama, Android selalu memakai nama makanan penutup dan diatur urut berdasarkan abjad. Namun mulai saat ini, pola penamaan itu secara resmi akan segera ditinggalkan. Pekan lalu Google telah mengumumkan bahwa generasi terbaru Android akan mengusung nama Android 10.

Itu berarti sistem operasi mobile yang rilis tahun depan akan diberi nama Android 11 dan seperti itu seterusnya. Keputusan untuk merubah nama tersebut diambil karena menurut pengguna, tidak semua orang mengerti dengan pola penamaan tersebut. Apalagi ketika membedakan Android R dan L.

Di beberapa tempat, pengucapan L dan R terkadang bermasalah. Akibatnya sering terjadi kesalahpahaman ketika hendak membeli smartphone. Untuk itulah pihak Google akhirnya mengganti penamaan Android dengan menggunakan angka.

Dari kabar yang diperoleh, sistem operasi anyar ini siap diluncurkan mulai bulan depan. Informasi ini diketahui dari staf layanan pelanggan Google pada seorang konsumen beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (27/8/2019), ketika itu ada seorang konsumen menanyakan jadwal rilis Android 10 untuk Pixel 3a miliknya. Sebagai jawabannya, staf tersebut menyebutkan bahwa sistem operasi terbaru Android ini akan dirilis pada 3 September 2019 mendatang.

Meski Google masih belum menyatakannya secara resmi, pembaruan Android 10 ini hampir dapat dipastikan akan menyambangi lini Google Pixel lebih dulu. Karenanya, pengguna Pixel 3, Pixel 2, termasuk generasi pertama yang dapat merasakan lebih awal dari merek lain.

Jadi mulai bulan September 2019 mendatang para pengguna tak akan mendapatkan nama makanan lagi pada sistem operasi Android. Yang ada hanyalah angka-angka yang bertambah naik untuk setiap pembaruannya. Tampak lebih mudah dimengerti bukan?

Komentar
Continue Reading

Gadget

Tips Menghemat Memori Internal Android Kamu

Published

on

Pernah merasa kesal karena tak bisa lagi install aplikasi di smartphone kamu ? Atau lagi asyik foto-foto namun tak bisa tersimpan karena memori penuh ? Hal ini tentu sering dialami oleh mereka yang smartphone androidnya hanya mempunyai memori internal relatif kecil, antara 8 GB-16 GB dan RAMnya 1 atau 2 GB saja.

Lantas, bagaimana tips agar bisa menghemat memori internal smartphone android kamu ?

1. Hindari Menginstall Aplikasi Cleaner dan Anti Virus

Tahukah kamu jika sebenarnya aplikasi cleaner dan anti virus justru malah bikin beban lho. Karena untuk menginstallnya pun sudah cukup menyita ruang di memori internal kamu. Untuk membersihkan cache aplikasi, dan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan untuk melegakan RAM sebenarnya sudah bisa kamu lakukan sendiri tanpa aplikasi.

2. Rajin Bersih-bersih Aplikasi yang Sudah Tak Terpakai

img: mi community

Buat kamu yang hobi install aplikasi baru, ada baiknya juga untuk rajin uninstall jika sudah tak digunakan lagi. Karena hal ini tentu dapat melegakan memori internal kamu.

3. Install Aplikasi Versi Lite

img: pinterest

Trik lain yang bisa kamu lakukan untuk mensiasati memori smartphone yang terlampau kecil adalah dengan menggunakan aplikasi ‘versi Lite’, dimana kelebihannya adalah ringan dan hemat kuota. Misalnya Facebook Lite, Messenger Lite, LINE Lite, dan YouTube Go.

Meski fiturnya tak begitu lengkap, namun esensi fungsi utamanya tetaplah sama. Bahkan, selain bisa hemat memori internal, install aplikasi versi Lite juga bisa menghemat kuota internet lho.

4. Biasakan Streaming

Nah buat kamu yang hobi mendengarkan musik atau menonton video, tips untuk menghemat memori smartphone kamu adalah streaming melalui platform digital. Sebut saja netflix dan spotify. Apalagi buat kamu yang menggunakan smartphone dengan konektivitas 4G LTE, layanan paket data internet sudah terbilang murah dengan kuota yang cukup besar dan cukup cepat. Terlebih jika dalam kehidupan sehari-hari kamu ada jaringan WiFi gratis. Hal ini tentu sangat membantu daripada menyimpan musik dan video ke smartphone.

Selamat mencoba tips diatas !

Komentar
Continue Reading

Trending