Inspirasi, Motivasi

3 Srikandi Tangguh Pemerintahan Jokowi, Yang Manakah Idolamu ?

Pemerintahan Kabinet Kerja yang dipimpin oleh Presiden Jokowi menuai banyak perhatian masyarakat, mulai dari awal pelantikan hingga biografi tiap menterinya. Salah satu hal yang menjadi sorotan adalah keberadaan beberapa wanita ‘super’ yang memimpin beberapa kementerian tersebut. Lantas siapa saja kah mereka ?

  1. Sri Mulyani

Sosok wanita yang satu ini memang tidak diragukan lagi kredibilitasnya, bisa dikatakan sangat totalitas dalam berkarir. Terlahir dari orang tua yang bergelar profesor, ibu tiga orang anak ini mempunyai prinsip bahwa pendidikan adalah hal penting dan utama bagi keluarganya. Semenjak duduk di bangku SMA, Sri Mulyani sudah aktif di berbagai kegiatan dan organisasi, salah satunya pernah menjabat sebagai ketua OSIS. Hal yang patut kita contoh adalah kepandaiannya dalam membagi waktu, terbukti walaupun menjabat sebagai ketua OSIS namun tetap bisa berprestasi di kelas.

Selepas SMA, Sri Mulyani melanjutkan studi ke Universitas Indonesia (UI) Jurusan Ekonomi Prodi Pembangunan dan lulus dengan predikat lulusan terbaik kala itu. Tak berhenti sampai disini, Sri Mulyani kembali menorehkan prestasi dengan mendapat beasiswa S2 dan S3 sekaligus dari University of Illinois Urbana-Champaign di Amerika Serikat.

Istri dari Tonny Sumartono ini kemudian kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program doktornya, dan berbagai jabatan strategis pun sempat disandangnya. Hal yang paling membekas adalah ketika pada tahun 2004 beliau diberi amanah oleh Presiden SBY menjadi menteri keuangan. Karir cemerlang tersebut kemudian meredup kala wanita kelahiran 1962 ini dikaitkan dengan skandal bank Century. Puncaknya tahun 2009 beliau mengundurkan diri.

sri mulyani via asiaone.com

Perjalanan karir Sri Mulyani ternyata tak berhenti begitu saja, bahkan di tahun berikutnya beliau dipercaya menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia hingga tahun 2016. Memperoleh peran penting dan mendapat berbagai penghargaan internasional, membuat Presiden Joko Widodo kembali ‘melirik’ Sri Mulyani untuk masuk ke dalam kabinet pemerintahannya.  Hingga saat ini Sri Mulyani masih menjadi wanita tangguh yang memegang puncak kendali keuangan di negeri ini, Menteri Keuangan.

  1. Khofifah Indar Parawansa

Berbeda dengan Sri Mulyani, sosok srikandi yang satu ini juga berhasil menuai perhatian publik. Menjabat sebagai menteri sosial di era kabinet kerja membuat Khofifah begitu dekat dengan masyarakat. Wanita yang khas dengan gaya hijab sederhananya ini sebetulnya bukan orang yang baru dalam kancah politik tanah air. Khofifah pernah menjabat sebagai wakil ketua DPR tahun 1999. Di masa pemerintahan Gus Dur juga dipercaya menjadi menteri pemberdayaan perempuan, dan pada masa pemerintahan Jokowi Khofifah kembali dipercaya Presiden Jokowi memegang puncak kendali kementerian sosial.

mensos via politiktoday.com

Walaupun Khofifah kiprahnya kebanyakan di dalam negeri, namun kredibilitasnya juga tidak diragukan lagi. Banyak kebijakan-kebijakan yang langsung terasa di masyarakat. Hingga akhirnya suami dari Ir.H. Indar Parawansa, M.Si ini tetap dipercaya menjadi menteri sosial, tidak ikut terkena reshufle kabinet kerja beberapa waktu lalu.

  1. Susi Pudjiastuti

Siapa yang tak kenal sosok wanita yang satu ini ? Dengan gaya khasnya yang nyentrik sempat menjadi pusat perhatian netizen kala Presiden Jokowi mempercayakan jabatan sebagai menteri kelautan dan perikanan kepadanya. Bagaimana tidak, pro kontra sempat terjadi ketika wanita yang hanya mempunyai ijazah SMP ini ketahuan merokok dan memiliki tatto di kakinya. Hal yang tidak lazim bagi seorang menteri. Namun berbeda halnya dengan Presiden Jokowi, beliau lebih memandang dari sisi kinerja dari pada segelintir ‘assesories’ negatif yang tersemat kepadanya.

menteri susi via berita168.com

Terbukti menteri Susi memulai karir bisnisnya dari semasa SMA bahkan sampai memutuskan keluar sekolah demi menyeriusi bisnis perikanannya tersebut. Hingga akhirnya putri dari saudagar sapi ini mendirikan maskapai SUSI AIR yang melayani penerbangan-penerbangan di daerah terpencil. Pandai sekali mencium aroma peluang bisnis bukan ?

Demi profesionalitas kerja, menteri Susi pun melepas semua jabatan di bidang bisnisnya untuk lebih fokus dalam dunia pemerintahan. Berbagai kebijakan pun membuat masyarakat berdecak kagum, salah satunya adalah keberanian menteri Susi meledakkan kapal-kapal pencuri ikan (illegal fishing) di kawasan perairan Indonesia.

Untuk kehidupan pribadi, Menteri Susi diketahui menikah tiga kali dan mempunyai tiga orang anak dari pernikahan-pernikahannya tersebut.

 

Itu dia tiga srikandi di pemerintahan kabinet kerja Presiden Jokowi. Sebagai wanita, masing-masing mempunyai keahlian yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Lalu, yang manakah idolamu ?

Comments

comments