Connect with us

Hobi

Tempat-tempat Eksotis yang Harus Kamu Datangi Ketika Berkunjung ke Morotai

Published

on

Apa yang pertama kali tersirat di pikiranmu ketika mendengar kata Morotai? Pasti yang terbayang adalah sisa-sisa peninggalan perang dunia ke-2 yang tercecer di berbagai tempat di pulau itu. Anggapan tersebut tidak salah karena Morotai memang menjadi salah satu medan pertempuran antara tentara Jepang dengan tentara Sekutu. Namun dibalik sejarah panjangnya, Morotai memiliki banyak tempat eksotis untuk dikunjungi.

Pulau yang terletak di Provinsi Maluku Utara itu dianugerahi keindahan alam yang mempesona. Sangatlah rugi apabila kamu sedang berwisata ke kawasan Indonesia Timur tapi tidak menyempatkan waktu untuk mampir ke Morotai. Nah biar kamu memiliki gambaran tentang pulau cantik di Maluku Utara ini, nih kami kasih beberapa tempat yang wajib kamu datangi ketika berkunjung ke Pulau Morotai nanti.

  1. Museum Perang Dunia ke-2

images: tagpariwisata.com

Kalau kamu ingin mencari jejak-jejak peninggalan salah satu perang terbesar di abad ke-20 yang terjadi di pulau ini, maka kamu harus datang ke Museum Perang Dunia II. Posisi Morotai yang strategis membuat Jepang menjadikannya sebagai salah satu pangkalan militernya di kawasan Asia Tenggara. Hal itu jugalah yang pada akhirnya membuat pulau ini menjadi salah satu target tentara Sekutu di masa akhir perang dunia ke-2.

Di museum ini kamu bisa menemukan berbagai pernak-pernik peninggalan perang dunia ke-2. Mulai dari barang-barang kecil seperti dogtag, amunisi peluru, tempat makan sampai barang-barang besar semacam senapan ataupun sepeda untuk tentara.

Beberapa dari barang itu ditemukan dengan cara digali. Wajar sih, mungkin para tentara mengubur benda-benda itu untuk menghilangkan jejak agar tidak diketahui pihak lawan. Saat ini banyak turis dari Australia, Jepang ataupun Amerika Serikat yang datang ke museum ini. Beberapa dari mereka adalah keturunan dari tentara Sekutu dan Jepang yang ingin melihat langsung bekas medan pertempuran keluarganya dulu.

2. Monumen Trikora

images: http://infojakarta.net

Selain perang dunia ke-2, ada satu lagi peristiwa penting di Morotai yaitu Operasi Trikora. Dalam upayanya mengembalikan Papua ke Indonesia, Presiden Soekarno melakukan operasi militer untuk menyerang kedudukan Belanda di Papua yang saat itu diberi nama Irian Barat. Operasi militer itu diberi nama Trikora (tiga komando rakyat).

Morotai merupakan pulau yang dijadikan basis pangkalan militer oleh TNI. Proses pendaratan TNI di Morotai dalam rangka pembebasan Irian Barat kini diabadikan dalam bentuk monumen yang didirikan di Wawama. Monumen tersebut diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2012.

Jika kamu pernah melihat poster film flag of our father, maka bentuk monumen ini hampir mirip dengan itu. Cukup ikonik jika kamu akan foto di monumen ini sebagai kenang-kenangan pernah singgah di Morotai dan mengenang jasa para pahlawan.

3. Air Terjun Raja

images: [email protected]_bai

Air terjun ini terletak di Desa Raja, Morotai, Maluku Utara. Entah kenapa banyak juga yang menyebutnya air terjun bobo. Tapi satu hal yang pasti, air terjun ini akan membuat betah setiap pengunjung yang sedang menenangkan diri dengan bermain air disana. Dengan bentuk yang unik, air terjun ini juga sangat cocok untuk kamu yang hobi fotografi. Kamu bisa mengambil gambar dari berbagai sudut karena setiap sudut dari air terjun ini sangatlah eksotis.

4. Lapangan Pante

images: travelingyuk.com

Eits jangan salah paham dulu, kami tidak sedang mengajak untuk bermain sepakbola, tapi diving. Yah, Lapangan Pante adalah salah satu spot diving paling unik di Morotai. Berlokasi dekat dengan bekas landasan pacu yang digunakan untuk perang dunia ke-2, di spot diving ini kamu bisa menemukan sisa-sisa puing peperangan. Mobil, tank, bahkan pesawat dapat kamu temui di kedalaman 35 meter di bawah permukaan laut dan kini jadi terumbu karang yang sangat eksotis.

5. Pulau Dodola

images: instagram @exploremorotai

Keunikan dari pulau ini adalah keduanya menjadi satu tatkala air laut surut dan kembali terpisah saat air laut pasang. Hampir mirip sih sama hubunganmu dengan dia, putus nyambung. Hamparan pasir putih yang terbentang diantara Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola kecil tampak sangat menawan ketika air laut sedang surut. Tak heran jika pulau ini menjadi destinasi favorit ketika para wisatawan datang ke Morotai.

Komentar
Continue Reading

Hobi

Hati-hati, Naik Motor Sambil Merokok Akan Dikenakan Sanksi Hukum

Published

on

Mengendarai sepeda motor sambil merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk masyarakat di negara berkembang, bahkan hal tersebut sudah menjadi hal biasa. Padahal, selain dapat mengganggu konsentrasi, abu rokok yang berterbangan juga dapat membahayakan pengendara lain.

Dan buat kamu yang pernah melakukannya, sebaiknya jangan coba-coba lagi ya. Karena menurut UU no.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengendara yang merokok sambil berkendara akan dikenakan denda Rp 750 ribu atau pidana kurungan paling lama 3 bulan. Menurut pasal tersebut, pemotor yang merokok sambil berkendara dianggap dapat mempengaruhi konsentrasi pengendara motor dan beresiko membahayakan pengendara motor dan pengguna jalan lainnya.

Berikut bunyi pasal 283 selengkapnya UU No.22 Tahun 2009

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp 750 ribu,” begitu bunyi UU no.22 Tahun 2009 Pasal 283.

img:dishubdiy

Dalam pasal tersebut memang tak dijelaskan secara rinci perbuatan apa saja yang  mengganggu konsentrasi mengemudi. Namun menurut Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, beberapa contoh perbuatan yang mengganggu konsentrasi tersebut adalah merokok, menggunakan telepon genggam, dan juga mendengarkan musik.

Nah, mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan buruk itu ya ! Kalau Sobat Spaneng lagi spaneng atau mengantuk saat berkendara, lebih baik istirahat dulu sambil jajan es kelapa muda~

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Sudah Pernah Membuat Nasi Goreng Oreo yang Lagi Hits ? Ini Dia Resepnya

Published

on

Selama ini Oreo dikenal sebagai biskuit yang bisa dinikmati dan diolah menjadi berbagai jenis dessert. Es krim oreo, puding oreo, cake oreo, dan sebagainya. Namun bagaimana jadinya jika biskuit Oreo diolah menjadi sebuah nasi goreng ?

Dilansir dari akun twitter asal Malaysia @mdamndn, nasi goreng ini dibuat dengan menggunakan Oreo sebagai bahan pendamping utama. Bukan lagi petai, ati ampela, atau telur. Lantas bagaimana cara membuatnya ? Berikut langkah-langkahnya

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan yaitu 2 cup nasi hangat, susu segar, dan 2 bungkus Oreo. Kemudian campurkan nasi, susu putih dan oreo pada sebuah panci.

twitter.com/mdamndn

2. Kemudian, panaskan campuran ini sampai mendidih. Perlu disadari, oreo akan meleleh selagi ditempatkan bersamaan dengan cairan, dalam hal ini susu. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengaduknya. Lakukan tahap ini sampai cairan sedikit mengental tapi jangan sampai terlalu pekat.

twitter.com/mdamndn

3. Jika dirasa sudah cukup pas adonannya dan susu pun sudah mendidih, tinggal aduk semua bahan sampai tercampur rata dan warna kehitaman. 

4. Dan nasi goreng oreo pun sudah jadi. Lebih baik dinikmati selagi hangat ya supaya rasa susu dan oreo yang menyatu bisa dirasakan lidah dengan baik.

Postingan menu yang diposting pada 21 Maret 2019 ini pun langsung viral dan mendapat 3500 retweet. Bagaimana sudah siap untuk mencoba resep unik ini ?

 

Komentar
Continue Reading

Hobi

Sedang Berkunjung ke Purwokerto? Jangan Lupa Mampir ke Destinasi Menarik Berikut Ini

Published

on

By

Bingung mau liburan kemana waktu akhir pekan tiba? Jangan khawatir, kami punya solusinya. Tapi perkara mau cari pasangan buat nemenin kamu liburan kala weekend, maaf kami tak punya stocknya. Maklum, ini situs bukan untuk biro jodoh.

Purwokerto, dilihat dari nama tempatnya jelas “njawani” banget. Jadi jangan sampai salah kaprah dengan Purwakarta di Jawa Barat yaa. Purwokerto ini terletak hampir persis di tengah-tengahnya pulau Jawa. Kamu bisa lihat maps untuk membuktikannya.

Untuk mengisi libur akhir pekan ataupun sekedar mampir sambil numpang lewat, kamu bisa mengunjungi beberapa destinasi menarik di kota Purwokerto ini.

  1. Telaga Sunyi

images: instagram @algisan_9

Untuk kamu yang sedang mencari ketenangan dari hiruk pikuknya suasana perkotaan, Telaga Sunyi bisa menjadi destinasi yang tepat untuk kamu kunjungi. Sesuai namanya, lokasi Telaga Sunyi memang relatif sepi. Cukup dengan uang tiket sebesar 13 ribu rupiah kamu bisa menikmati ketenangan itu.

Di Telaga Sunyi kamu bisa bertapa merenung, berenang, ataupun berdiam diri meratapi dia yang telah pergi. Cuma kamu harus hati-hati saja kalau berenang di tempat ini karena cukup dalam. Oh iya, jangan lupa bawa jaket yaa karena tempat ini suasananya dingin mendekati sejuk. Tapi tenang, masih lebih dingin sikap dia kok.

2. Bukit Watu Meja

images: instagram @dwisetyo_aji

Untuk mencapai tempat ini, kamu harus mendaki bukit terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit. Meski terlihat melelahkan, semua akan terbayar ketika kamu sampai di Bukit Watu Meja. Disana kamu akan disuguhi pemandangan Sungai Serayu yang membelah Purwokerto, lembah pegunungan, dan tentunya kalau beruntung bisa melihat Gunung Slamet yang gagah.

Akan lebih asyik kalau kesana di waktu senja bersama gebetanmu. Kali aja dia jadi luluh begitu melihat suasana romantis di bukit Watu Meja dan tanpa sadar menerima cintamu.

3. Curug Cipendog

images: instagram @riptosudarmo

Bukan hanya curugnya saja yang indah, tapi juga jalan menuju lokasi ini. Jalanan bagus nan lurus dengan pohon yang tumbuh di kanan kirinya bisa menjadi spot yang bagus untuk feed instagram kamu. Jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan caption bijak tentang kehidupan, biar terkesan gimana gitu.

Curug ini masih terbilang perawan. Kalau sedang beruntung, kamu bisa melihat monyet abu-abu yang merupakan spesies endemik di Purwokerto. Mengingat aliran airnya cukup deras, kamu wajib ekstra hati-hati yaa kalau mau bermain air di dekatnya.

4. Pancuran Pitu

images: instagram @pancuran7baturaden

Nah kalau beberapa tempat diatas berhawa dingin, maka pancuran pitu sebaliknya. Bukan, bukan maksudnya tempat ini berhawa panas seperti di tengah garis khatulistiwa ataupun gurun Sahara. Pancuran Pitu merupakan sumber mata air panas di Baturaden.

Jadi di tengah hawa sejuk Baturaden, kamu bisa menghangatkan diri di Pancuran Pitu. Konon katanya, Pancuran Pitu juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Cocok buat kamu yang menderita karena terkena penyakit macam panu, kadas, kurap, ataupun kutu air. Gak perlu beli salep deh.

5. Museum Jenderal Soedirman

images: banyumaskab.go.id

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. Nah untuk mengenang jasa pahlawan, ada baiknya kamu berkunjung ke museum. Salah satu museum yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman.

Di museum ini terdapat patung Jenderal Soedirman duduk di atas kuda terbuat dari bahan perunggu, beratnya sekitar 5,5 ton dengan tinggi 4,5 meter. Di dalamnya terdapat berbagai diorama seputar perjuangan di masa-masa awal kemerdekaan. Kamu akan tambah pengetahuan setelah berkunjung ke museum ini.

Jadi, sudah tentukan mau mampir kemana kalau sedang berkunjung ke Purwokerto?

Komentar
Continue Reading

Trending