Gadget, Hobi

Spesifikasi dan Harga Nokia 8, Smartphone Baru Keluaran Nokia

images : www.gsmarena.com

Meski namanya sudah tak setenar dulu, namun Nokia tetap meluncurkan seri terbarunya di Indonesia. Agar mampu mengobati kerinduan para penggemar Nokia, maka perusahaan tersebut meluncurkan smartphone dengan spesifikasi dan harga kelas premium.

Sempat menguasai pasar peredaran handphone di awal milenium baru, Nokia mulai kehilangan kendali semenjak kedatangan Blackberry pada tahun 2010an. Ditambah lagi dengan kehadiran Android membuat pamor Nokia yang bertahan dengan windows phonenya semakin memudar.

images : www.gsmarena.com

Untuk mengembalikan nama besar Nokia, akhirnya perusahaan tersebut menggunakan sistem operasi Android untuk mengikuti perkembangan pasar smartphone. Pada tahun 2017 Nokia lantas merilis Nokia 6 yang diikuti Nokia 2,3 dan 5. Yang paling terbaru tentu saja Nokia 8 yang dirilis 13 Februari 2018.

Sebenarnya smartphone Nokia 8 itu telah diluncurkan September 2017, namun baru masuk ke Indonesia dan resmi dirilis beberapa hari yang lalu. Nokia 8 hadir dengan mengusung system-on-chip Snapdragon 835. Snapdragon berseri itu masuk dalam kategori premium dan merupakan prosesor pertama yang mengusung teknologi 10nm yang akan sangat lebih efisien serta memiliki performa sangat tinggi.

Untuk kapasitas RAM, Nokia 8 memiliki RAM sebesar 6GB dan memori internal 64GB yang akan ditunjang dengan slot micro sd sampai dengan 256GB. Sedangkan untuk kapasitas baterainya tergolong cukup besar yaitu 3090 mAh. Ukuran layarnya sendiri juga cukup lebar yaitu 5,3 inchi IPS LCD resolusi QHD (2560 x 1440 piksel) dengan 700 nits screen brightness. Layar Nokia 8 tampak melengkung di bagian tepi berkat teknologi 2,5D Glass dan anti gores serta gesekan karena terlindungi kaca Corning Gorilla Glass generasi kelima.

Dari sisi sistem operasi, Nokia 8 mengusung Android yang “pure, secure, dan up-to-date” yang diklaim bisa menghilangkan segala aplikasi mengganggu alias bloatware serta dijanjikan dapat memperoleh update Android Oreo.

Dalam hal kamera, Nokia 8 kembali menjalin kerja sama dengan Carl Zeiss yang pernah sukses ketika bekerja sama dalam Nokia N95. Baik kamera depan maupun kamera belakang sama-sama memiliki resolusi 13 MP. Sebuah resolusi yang pas untuk pengguna yang suka fotografi.

Lantas berapa harga Nokia 8 ini? Smartphone ini dibanderol dengan harga 6.449.000 rupiah. Harga yang tergolong cukup mahal namun sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkannya. Kamu tak perlu malu lagi kalau dianggap ketinggalan zaman ketika membawa smartphone ini sebab kelasnya akan sama dengan LG V30 ataupun Samsung Galaxy S8. Tapi kalau perbandingannya dengan i Phone X memang masih sedikit kalah. Hanya saja itu cuma sekedar mindset semata, tidak lebih.

Comments

comments