Bola, Olahraga

Piala Presiden Resmi Dibuka, Berikut ini Total Hadiahnya

Turnamen pramusim Piala Presiden 2018 telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di stadion Gelora Bandung Lautan Api. Seperti pada 2 edisi sebelumnya, pembukaan turnamen pada tahun ini juga berlangsung meriah. Puluhan ribu suporter Persib Bandung dan Sriwijaya FC terlihat memenuhi tribun GBLA. Sejumlah pejabat negara juga ikut hadir di acara pembukaan itu seperti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menkopolhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Kemaritiman Luhut Panjaitan serta Menpora Imam Nahrowi.

Dari jajaran tamu yang menghadiri saja sudah cukup memperlihatkan bahwa turnamen Piala Presiden ini merupakan suatu ajang pramusim yang cukup prestisius. Selain Bandung yang menjadi tuan rumah, ada 4 kota lain yang ditunjuk sebagai tuan rumah yaitu Balikpapan, Malang, Surabaya dan Bali. Adapun peserta dari Piala Presiden 2018 ini terdiri dari 20 kesebelasan yang terbagi dalam 5 grup.

Fase penyisihan akan digelar sampai tanggal 30 Januari nanti. Setelah itu akan digelar babak 8 besar di kota Solo yang berlangsung dari tanggal 3 sampai 13 Februari 2018. Barulah pada babak semifinal serta perebutan juara ketiga dan partai final pertandingan akan digelar di Gelora Bung Karno Jakarta tanggal 17 Februari 2018.

Berbeda dari turnamen pramusim klub-klub sepakbola di Eropa, turnamen pramusim di Indonesia memiliki gengsi yang bahkan hampir menyamai kompetisi resmi Liga Indonesia itu sendiri. Hal ini tak bisa dilepaskan dari peran media dalam mengangkat isu seputar penyelenggaraan Piala Presiden. Selain itu untuk turnamen sekelas pramusim, Piala Presiden juga memberikan nominal hadiah yang tidak sedikit.

Dikutip dari detik.com berikut ini nominal hadiahnya

images : detik.com

Dengan nilai hadiah sebesar itu, sangat wajar apabila klub-klub peserta turnamen akan menampilkan skuat terbaiknya demi memenangkan Piala Presiden. Padahal di Eropa, saat berlangsung turnamen pramusim justru yang banyak diberikan kesempatan bermain adalah para pemain mudanya. Sebuah anomali di negeri ini, tapi begitulah adanya.

Mari kita coba menghitung berapa kira-kira nominal yang didapatkan oleh juara Piala Presiden ini nantinya. Anggap saja Persib Bandung yang menjadi juaranya. Persib berhasil lolos dari grup A dengan poin sempurna 9, itu artinya Maung Bandung sukses meraih 3 kemenangan. 3 dikalikan 125 juta maka Persib akan mendapatkan uang 375 juta rupiah. Berlanjut ke perempat final Persib juga menang berarti tambahan lagi uang 125 juta. Totalnya sudah mencapai angka 500 juta rupiah.

Berhasil masuk ke final dan menjadi juara, maka uang bonus sebesar 3,3 Milyar pun didapatkan. Dari hadiah saja Persib sudah mendapatkan 3,8 Milyar rupiah dari sebuah turnamen yang memakan waktu hanya 1 bulan saja. Belum lagi tambahan uang subsidi tuan rumah sebesar 800 juta rupiah. Itu artinya Persib sudah mendapatkan uang sebesar 4,6 Milyar rupiah.

Jadi sangat wajar apabila nanti kita akan menyaksikan laga-laga yang keras dan panas di Piala Presiden 2018 ini. Gengsi dan nominal hadiah yang tinggi menjadi hal yang patut diperjuangkan sampai titik darah penghabisan. Semoga saja sportifitas tetap terjaga selama turnamen berlangsung. Jangan sampai ajang bergengsi yang digagas oleh orang nomor 1 di negara ini tercoreng karena ulah segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab.

Comments

comments