Connect with us

Moto GP

Mengenal Sirkuit Mandalika, Calon Tuan Rumah MotoGP di Indonesia

Published

on

Kabar gembira datang untuk Sobat Spaneng penggemar MotoGP, bahwasanya Sirkuit Mandalika terpilih menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia pada tahun 2021 mendatang. Sirkuit yang berlokasi di Lombok tersebut bahkan sudah ‘mengalahkan’ Sirkuit Sentul dan Palembang yang sebelumnya juga menjadi kandidat. Seperti apa layout lintasan sirkuit tersebut ?

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit jalan raya sepanjang 4,32 kilometer yang telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tanggal 20 Oktober 2017 silam. Nama Mandalika diambil dari legenda putri yang cantik jelita di Lombok.

Bukan tanpa alasan Mandalika terpilih menjadi tuan rumah MotoGP tahun 2021. Sirkuit yang berada di kawasan wisata ini berada di lahan yang cukup luas yakni 1.035 hektar berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Mandalika pun juga sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata sejak tahun 2017 karena menghadirkan tempat liburan yang dilengkapi beberapa hotel dan beragam fasilitas rekreasi.

www.instagram.com/sea.infra

Di kawasan Mandalika akan ada 7 destinasi wisata utama yakni Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Serenting, Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Batu Payung dan Pantai Gerupuk. Masing-masing spot tersebut juga mempunyai keistimewaan masing-masing, mau berjemur di Pantai Tanjung Aan, belajar surfing di Pantai Gerupuk, main air di Pantai Kuta atau hiking ke atas Bukit Merese.

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati menawarkan panorama indah sebuah lagun, solar cell farm, lapangan golf, area komersil dan perkotaan, serta Samudera Hindia. Saat kejuaraan MotoGP digelar, diproyeksikan akan menarik kunjungan wisatawan 100 ribu – 150 ribu orang per hari.

www.instagram.com/sea.infra

Dan berikut beberapa fakta tentang Sirkuit Mandalika

1. Pengembangan Sirkuit

Pembangunan Sirkuit Mandalika dilakukan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan anak perusahaan konstruksi global dari Prancis, Vinci Construction Grands Projets (VCGP).

www.instagram.com/sea.infra

2. Waktu pembangunan

Pembangunan badan jalan akan dimulai pada Oktober 2019 mendatang dan diperkirakan memakan waktu 6-9 bulan. Beberapa terowongan juga akan dibuat, sehingga nanti akhir tahun 2020 dapat dilakukan uji kelayakan.

www.instagram.com/sea.infra

3. Biaya Pembangunan

Pembangunan infrastruktur di KEK Mandalika, termasuk untuk sirkuit jalan raya, membutuhkan investasi yang tak sedikit yakni sebesar Rp 4,54 triliun.

Jadi, bagaimana ? segera menabung untuk nonton Marc Marquez dkk yhaa~~

Komentar
Continue Reading

Moto GP

Pihak MotoGP Wajibkan Tambah Aksesoris Rem Untuk Hindari Kecelakaan

Published

on

By

Bermain dalam kecepatan tinggi menjadi sesuatu hal yang paling menarik dari ajang MotoGP. Oleh karena itu, perihal safety drive menjadi hal yang paling diutamakan bagi setiap pebalap dan pabrikan yang menaunginya.

Resiko kecelakaan menjadi tantangan sekaligus resiko yang harus dihadapi oleh setiap pebalap. Maka tiap pabrikan yang menaunginya diharuskan memberikan fitur pengamanan yang maksimal untuk meminimalisir resiko cedera yang diakibatkan jika terjadi kecelakaan.

Untuk menghindari akibat fatal dari senggolan antar pebalap di sirkuit, pihak MotoGp berencana untuk mewajibkan setiap pabrikan memberikan aksesoris tambahan pada tuas rem. Sebelum adanya tambahan aksesoris tersebut, pebalap tak diperbolehkan untuk berlaga.

Dilansir dari akun Twitter resminya, pihak MotoGP baru saja merilis video yang menunjukan bahwa aksesoris tambahan berupa pelindung tuas rem bisa melindungi para pebalap saat sedang berada di atas lintasan balapan. Adanya aksesoris tambahan ini sangat membantu para pebalap tetap aman jika motor yang dikendarainya menyenggol pebalap lain yang bisa berakibat fatal berupa kecelakaan.

Semoga saja dengan adanya aksesoris tambahan itu, tidak akan ada lagi berita pebalap MotoGP yang meninggal karena kecelakaan di lintasan balap.

 

Komentar
Continue Reading

Moto GP

Gagal Tunjukkan Hasil Terbaik di Sesi Latihan Bebas, Dimas Ekky Pastikan Absen di Moto2 Ceko

Published

on

By

Hari Jumat (02/08/2019) kemarin telah selesai dilakukan sesi latihan bebas pertama Moto2 di sirkuit Brno, Ceko. Dalam kesempatan itu, pebalap asal Indonesia, Dimas Ekky, gagal menunjukkan performa terbaiknya.

Ia hanya berhasil duduk diatas posisi terbawah di FP1 Moto2 Ceko dengan torehan waktu 2 metit 05,500 detik. Hal itu membuatnya finish di peringkat ke 31.

Sementara itu posisi pertama ditempati oleh pebalap asal Jepang, Tetsutha Nagashima, yang bermain untuk Onexox TKKR SAG Team. Ia mencatatkan waktu 2 menit 02,080 detik.

Dibelakang Tetsutha Nagashima, ada pebalap asal Afrika Selatan Brad Binder. Selisih waktunya dengan Tetsutha hanya 0,060 detik. Pebalap Spanyol Augusto Fernandez yang berada di posisi ketiga juga hanya memiliki selisih yang tipis dengan Tetsutha, yakni 0,061 detik.

Hari Minggu (04/08/2019) para rider Moto2 tersebut akan berlaga di sirkuit Brno, Ceko. Akan tetapi Dimas Ekky dipastikan tak akan tampil. Dilansir dari akun Twitter MotoGP, Dimas Ekky harus melewati sesi latihan bebas kedua pada Jumat (2/8/19) akibat cedera. Cedera yang ia terima di Sirkuit Assen pada 28 Juni silam disebutkan belum sepenuhnya pulih.

 

Komentar
Continue Reading

Moto GP

Jelang MotoGP Ceska: Marc Marquez Sudah Tak Sabar Ingin Segera Balapan

Published

on

By

Rehat musim panas selama 3 minggu nampaknya membuat Marc Marquez sangat merindukan sirkuit dan balapan. Oleh karena itu, pebalap yang memiliki julukan baby alien ini mengaku tak sabar untuk segera berlaga di sirkuit Brno, Republik Ceska hari Minggu (04/08/2019).

“Liburan musim panas memang selalu menyenangkan. Namun, saya merindukan balapan dan motor saya,” ujar Marquez, seperti dilansir Tuttomoriweb, Rabu (31/7/2019).

Di perhelatan MotoGP musim ini, penampilan Marc Marquez sangat mengagumkan. Ia berhasil meraih lima kali kemenangan dan naik ke atas podium sebanyak delapan kali. Gelar juara dunia bisa dibilang sudah berada di depan mata.

Jika tak ada insiden besar dan mengejutkan, akan sulit rasanya menjegal laju Marquez ke podium juara dunia. Jumlah poin yang berhasil dikumpulkannya selama paruh musim MotoGP sendiri mencapai 185 poin. Perolehan poin Marquez sangat jauh dengan A. Dovizioso yang berada di posisi kedua dengan perolehan 127 poin hasil dari 1 kali menang dan 4 kali naik podium.

“Tujuan kami adalah terus melangkah maju. Saya senang memiliki kesempatan ini lagi dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada HRC dan Tim Repsol Honda,” kata Marquez.

Selain merindukan balapan sekaligus motor RC213V kebangaannya. Marquez mengaku merindukan rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, yang sampai saat ini masih menjalani proses pemulihan patah ruas tulang belakang setelah mengalami kecelakaan di MotoGP Belanda, (28/6/2019). Marquez berharap rekannya tersebut dapat segera pulih dan bergabung kembali dengan tim Repsol Honda.

“Saya berharap pemulihan Jorge berjalan dengan baik dan dia akan segera menjadi bagian dari tim,” demikian pungkas pebalap berusia 25 tahun itu.

Komentar
Continue Reading

Trending