Connect with us

Hobi

Mau Ke Luar Negeri Untuk Pertama Kalinya ? Simak Tips Berikut

Published

on

Bagi kamu yang belum pernah liburan ke luar negeri biasanya tujuan pertama yang murah dan mudah adalah Singapura. Sebelum memulai perjalanan perdana ke Singapura, ketahui dulu hal-hal penting berikut

img: fineartamerica.com

1. Hunting Tiket Pesawat yang Murah
Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah tiket pesawat tentunya. Harga tiket pesawat terendah dari Jakarta ke Singapura saat ini sekitar 700 sampai 800 ribu rupiah untuk sekali jalan. Kamu bisa mendapatkannya melalui aplikasi travel online yang tersedia di playstore. Jangan lupa untuk jeli melihat berbagai promo tiket penerbangan.

2. Tempat Menginap Murah
Kamu bisa menemukan pilihan murahnya di kawasan Little India, Geylang, dan Chinatown. Kawasan tersebut adalah favorit wisatawan ransel karena banyak menawarkan penginapan ekonomis berkonsep unik.

3. Ketahui Berbagai Tempat Wisata di Singapura
Sebelum berangkat travelling, sebaiknya kamu pahami dulu ya berbagai tempat-tempat wisata di Singapura, lengkap dengan rute, tiket masuk, dan berbagai informasi lainnya. Seperti Universal Studio, Merlion Park, Singapore Zoo, dll. Jangan sampai udah jauh-jauh sampe Singapura, eh malah bingung disana mau kemana.

4. Siapkan Paket Data atau Wifi Wireless
Ada baiknya jika kamu membekali diri dengan paket data demi kelancaran komunikasi. Beli paket data roaming sesuai operator nomor ponsel kamu saat ini agar tidak perlu repot berganti kartu. Atau, jika ingin lebih nyaman menggunakan internet kamubisa menggunakan wifi wireless/ wifi public yang bisa dibawa kemanapun

5. Tips Menukarkan Dolar Singapura
Berdasarkan pengalaman wisatawan yang sudah sering ke Negeri Singa, sebaiknya kamu menukar uang saat tiba di Singapura. Sebab, nilai tukarnya lebih baik dibandingkan di Indonesia.

6. Gunakan Transportasi Publik Agar Lebih Hemat
Gunakan MRT untuk berkeliling kota dengan cepat dan murah. Pilihan lainnya adalah bus kota dengan tempat naik dan turun yang lebih fleksibel. Namun buat kamu yang tidak bermasalah dengan bujet dan ingin lebih leluasa berkeliling, maka pilihlah Taksi.

7. Manfaatkan Singapore Tourist Pass
Untuk memudahkanmu berkeliling naik MRT dan bus selama di Singapura, belilah Singapura Tourist Pass (STP) dari sejumlah Kantor Tiket TransitLink di beberapa Stasiun MRT. Dengan kartu ini, kamu bisa berkeliling kota sekali bayar. Pilihan paket STP saat ini adalah $10/hari, $16/2 hari, dan $20/3 hari.

8. Ketahui Tempat-Tempat Belanja yang Murah
Bila kamu ingin shopping tanpa menguras tabungan, datanglah kekawasan Little India, Mustafa Center, dan Chinatown yang terkenal sebagai destinasi termurah.

9. Selain itu, Ketahui Juga Tempat Makan yang Murah Meriah
Singapura tak hanya menawarkan sederetan restoran kelas dunia di Marina Bay atau di Pulau Sentosa. Tempat-tempat seperti Lau Pa Sat dan Chinatown selalu siap menghidangkan aneka makanan dengan harga bersahabat.

Sekadar informasi, bahwa kamu tidak memerlukan visa untuk memasuki negara-negara lain di kawasan ASEAN, cukup dengan tiket pulang pergi di tangan dan paspor, kamu bebas berkeliling.

Selamat mencoba !

Komentar

Otomotif

Tips Merawat Persneling Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Published

on

By

Seiring perkembangan zaman, penggunaan mobil dengan transmisi otomatis semakin diminati. Khususnya di kota-kota besar, kenyamanan di tengah kemacetan menjadi keunggulan mobil dengan transmisi otomatis dibandingkan dengan yang bertransmisi manual.

Tapi untuk yang hobi bermain akselerasi, mobil dengan transmisi manual jelas masih menjadi idola. Terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan perdesaan yang masih sepi kendaraan ataupun di kawasan pegunungan dengan kontur jalan naik turun.

Agar kemampuan akselerasi tetap terjaga, pengguna mobil dengan transmisi manual wajib mengerti bagaimana cara merawat dan menggunakan persneling.

  1. Jangan terlalu sering menggunakan setengah kopling

Teknik setengah kopling memang bagus untuk digunakan saat harus menahan mobil di kondisi tanjakan agar tidak mundur ke belakang dan juga agar mesin tidak mati secara tiba-tiba. Tapi terlalu sering menggunakan teknik ini bisa mengakibatkan pelat kopling cepat aus dan pada akhirnya akan mengakibatkan sistem akselerasi mobil terganggu.

2. Saat ganti persneling, biasakan untuk menginjak pedal kopling dengan penuh

Meskipun biasanya gigi persneling mobil tetap akan berpindah, namun lama-lama pelat kopling akan menjadi cepat aus dan akan menjalar ke bagian-bagian penunjang sistem persneling lainnya. Jadi apapun kondisinya, jangan sampai malas untuk menginjak pedal kopling secara penuh! Daripada nantinya harus sering bolak-balik ke bengkel untuk ganti pelat kopling.
3. Jangan terbiasa menaruh tangan di tuas persneling
Apapun alasannya, menempatkan tangan di atas tuas persneling padahal sedang tidak akan ganti persneling adalah tidak benar. Sepele sih, tapi kalau sering dilakukan akan membuat tuas persneling menjadi oblak. Ada baiknya untuk menggunakan arm rest yang memang fungsinya adalah untuk mengistirahatkan tangan.
4. Gunakan gigi persneling sesuai dengan kondisi jalan dan kecepatan
Posisi gigi persneling harus disesuaikan dengan kondisi jalan dan kecepatan agar mobil dapat berjalan dengan lancar. Hindari menggunakan gigi tinggi saat melakukan awalan atau tanjakan. Sebaliknya, hindari juga menahan di gigi rendah saat kecepatan mobil sudah mulai naik. Selain membuat sistem persneling menjadi cepat rusak, keadaan ini juga memberatkan mesin mobil.
5. Jangan terlalu sering memindahkan gigi persneling jika tidak diperlukan
Perlu dipahami bahwa jalanan bukanlah arena balapan. Oleh karena itu, tak perlu buru-buru mengejar kecepatan akselerasi sehingga sering gonta-ganti gigi persneling padahal tidak terlalu dibutuhkan. Jika sering melakukan hal itu, siap-siap saja untuk sering “jajan” ke bengkel karena persneling yang cepat aus.
Komentar
Continue Reading

Kuliner

Berbagai Resiko Kesehatan Dibalik Nikmatnya Kol Goreng

Published

on

Buat kamu yang hobi kuliner di warung tenda kaki lima pasti tak asing lagi dengan sajian kol goreng. Ya, selain disajikan sebagai lalapan, ternyata sebagian orang lebih suka jika kol digoreng dahulu. Mungkin terdengar aneh, namun rasanya tak kalah enak bahkan akan lebih nikmat bila di campur sambal.

Pada dasarnya, kol mempunyai banyak manfaat bagi tubuh karena banyaknya zat di dalamnya. Contohnya saja kol punya zat anti kanker yang dapat menurunkan resiko kanker, seperti kanker payudara. Namun manfaat tersebut akan berbanding terbalik ketika kol digoreng di suhu yang sangat panas, karena justru akan merusak zat baik dan malah menghasilkan beragam risiko bagi kesehatan tubuh.

Berikut alasan yang dirangkum hitsbanget.

img: health.detik.com

1. Merusak kandungan dalam kol.
Dibalik rasa yang enak dan lezat, ternyata kol yang digoreng justru dapat menghancurkan berbagai jenis vitamin yang terkandung di dalamnya, seperti vitamin A, B, C, dan K. Kalau sudah merusak vitamin dan juga kandungan dalam zat, percuma juga ya makan kol yang sebenarnya punya manfaat dalam tubuh. Alih-alih mendapatkan manfaat nutrisi, yang ada malah menumbuhkan penyakit.

2. Dapat memicu kanker.
Dengan menggoreng kol di suhu panas bahkan melakukan di minyak yang sudah digunakan berkali-kali tentunya kol menjadi sangat tidak baik bagi tubuh kita. Minyak yang sudah digunakan berkali-kali mengandung radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, kol goreng tersebut akan merangsang munculnya senyawa amina heterosiklik yang bersifat karsinogenik. Senyawa inilah yang kemudian bisa menjadi pemicu kanker.

3. Menyebabkan obesitas dan serangan Jantung
Sesungguhnya kol mempunyai segudang manfaat terutama untuk kesehatan jantung, namun hal tersebut akan berbeda jika kol diolah secara digoreng karena malah berubah menjadi sangat berbahaya. Kol akan menyerap minyak sehingga kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam minyak goreng akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti obesitas dan serangan jantung. Wah, bahaya banget ya.

Itulah beberapa resiko kesehatan yang akan timbul jika kamu mengkonsumsi kol goreng. Walaupun enak harus dipikirkan lagi ya! Hayo siapa nih yang suka makan kol goreng?

Komentar
Continue Reading

Hobi

Negara-Negara Kecil Di Dunia, Cuma Seluas Kecamatan!

Published

on

Beruntunglah kita yang tinggal di Negara Indonesia, negara yang luas dan kaya akan keanekaragaman hayati serta adat budaya. Karena di dunia ini, tidak semua negara mempunyai wilayah yang luas. Beberapa diantaranya hanya seluas kecamatan atau bahkan landasan pacu pesawat! Nah berikut 5 negara terkecil di dunia berdasarkan luas wilayahnya. Yuk simak!

  1. Vatikan.

    img: ilmupengetahuanumum.com

    img: agolf.xyz

    Berada di dalam Kota Roma, Vatikan memiliki nama resmi negara Kota Vatikan. Negara yang dikelilingi tembok ini merupakan negara terkecil didunia dengan populasi sebanyak 842 jiwa penduduk di area 0,44 km persegi, atau hanya 1/3 luas kebun Binatan Ragunan!

  2. Monako.

    img: oocities.org

    img: kumparan.com

    Selain Vatikan, negara kecil lainnya adalah Monako yang hanya memiliki luas 2 km persegi atau setara dengan panjang landasan pacu sebuah pesawat. Dengan luas yang hanya sepanjang landasan pacu, Monako menjadi negara terkecil kedua di dunia. Namun, ibarat ‘kecil-kecil cabe rawit’, negara yang berbatasan dengan Negara Perancis ini menjadi rumah bagi jutawan dan banyak milyader dunia lho!

  3. Nauru.

    img: merdeka.com

    Terletak di sebelah timur Pulau Papua, negara yang merdeka pada tahun 1968 ini memiliki luas daratan 21 km persegi. Namun meskipun hanya memiliki luas wilayah sepanjang Tol Cikampek, Negara Nauru memiliki penduduk lebih dari 10ribu jiwa.

  4. Tuvalu

    img: jpnn.com

    Terletak di antara Hawaii dan Australia, Tuvalu yang hanya mempunyai luas sebesar 26 kilometer persegi ini merupakan negara terkecil keempat di dunia. Populasi penduduknya sekitar 10ribu jiwa dengan pekerjaan rata-rata sebagai nelayan dan pemilik laguna.

  5. San Marino

    img: kumparan.com

    Republik San Marino merupakan negara terkecil kelima di dunia dan di kelilingin oleh negara Italia. Dengan luas daratan yang hanya 61 kilometer persegi, San Marino dihuni oleh 33.562 penduduk. Namun meskipun negara kecil, San Marino pernah menjadi tuan rumah ajang balap motor dunia MotoGP lho!

Itulah lima negara terkecil di dunia, adakah keinginan untuk tinggal di salah satunya ?

Komentar
Continue Reading

Trending