Connect with us

Kesehatan

Lakukan Cara Alami Berikut ini Agar Rambut Rontok Berkurang dan Tumbuh Kembali!

Published

on

Bagi manusia, rambut ibarat mahkota untuk raja. Rambut bagus akan menunjang penampilan, bahkan bagi sebagian orang bisa mencerminkan kepribadian. Namun apa jadinya jika rambut yang diibaratkan mahkota itu rapuh dan sering rontok? Kalau ini terus dibiarkan, resiko kebotakan akan jelas akan menghampiri.

Penyebab rambut rontok memang banyak. Beberapa diantaranya adalah faktor keturunan, nutrisi, lingkungan, serta tingkat stress. Seandainya hal itu menimpa cowok, mungkin masih bisa berkilah kalau cowok botak itu keren karena itu tandanya dia seorang pemikir. Lain cerita kalau menimpa cewek, bisa berabe pastinya.

Nah untuk mencegah kerontokan dan efektif menumbuhkan kembali kepala yang sudah mulai terkena tanda-tanda kebotakan, bisa kamu coba nih memakai cara-cara alami berikut ini.

  1. Minyak Kemiri

images: cdn1-production-images-kly.akamaized.net

Mungkin ini yang paling umum digunakan. Selain sebagai bumbu makanan, minyak kemiri juga efektif untuk menyuburkan serta menghitamkan rambut. Kamu yang bekerja di tempat yang terpapar sinar matahari langsung selama sehari penuh sepertinya harus menggunakannya. Kecuali kamu ingin punya rambut merah tanpa menggunakan pewarna rambut.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu membakar kemiri sampai keluar minyaknya. Oleskan minyak itu ke rambut dan biarkan selama beberapa saat. Lakukan hal tersebut secara rutin sampai terasa efeknya bagi rambut dan kulit kepala.

2. Lidah Buaya

images: http://www.satuharapan.com

Bukan, bukan dengan cara kamu memasukkan kepala ke dalam mulut buaya lalu biarkan si buaya menjilati kepala serta rambutmu. Bukan itu maksudnya, tapi dengan tanaman lidah buaya. Dengan cairan yang ada di dalam tanaman lidah buaya, kamu bisa menyuburkan kembali rambutmu yang mulai rontok. Kamu tinggal kupas kulit lidah buaya, kumpulkan cairannya, lalu oleskan ke rambut.

3. Minyak Urang Aring

images: http://www.satuharapan.com

Bukan hanya rambut rontok saja, tapi minyak urang aring juga bisa mengatasi rambut kering dan bercabang. Kamu hanya perlu mengambil daunnya saja. Setelah itu rendam dalam air lalu tiriskan remas sehingga keluar minyaknya.

4. Teh Hijau

images: http://cdn2.tstatic.net

Jenis teh yang satu ini memang banyak khasiatnya. Selain biasa dikonsumsi untuk mereka yang sedang diet, ternyata teh hijau juga berkhasiat untuk mengatasi tanda-tanda kebotakan. Kamu hanya perlu menyeduhnya, lalu basahi kulit kepala dengan airnya. Jangan tambahkan gula, kalau tak ingin kepalamu dikerubuti semut karena rasa manisnya.

5. Bawang merah

images: http://cdn2.tstatic.net

Meskipun kamu akan sedikit meneteskan air mata waktu mengirisnya, namun tak ada salahnya untuk mencoba mengatasi rambut rontok dengan bawang merah. Potong bawang merah tipis-tipis lalu haluskan sampai lembut. Oleskan pada rambut. Jangan tambahi cabe, gula merah ataupun garam, sebab itu akan mengundang ibu-ibu komplek berkumpul. Kenapa? dikiranya kamu sedang nyambel untuk bikin rujak atau petis.

6. Minyak Kelapa

images: hellosehat.com

Ini adalah ramuan warisan leluhur dan terkenal bisa mengatasi rambut rontok. Kamu bisa menggunakannya sebelum atau sesudah keramas. Memang sih baunya agak nyentrik kalau gak mau dibilang aneh. Hanya saja itu perlu kamu praktekkan jika ingin mengatasi kerontokan rambut secara alami.

 

 

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Tanda-Tanda Gangguan Jiwa Pada Caleg yang Gagal di Pemilu

Published

on

Pesta demokrasi 2019 sudah usai, dan kini tinggal menunggu hasil akhir perhitungan. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, tak sedikit caleg yang gagal duduk di kursi DPR pusat sampai daerah mengalami gangguan jiwa.

Dan potensi gangguan jiwa pasca pemilu diprediksi kian naik mengingat pasti akan ada caleg yang gagal. Untuk itu, banyak rumah sakit yang menawarkan kesiapannya untuk menampung caleg yang tak siap gagal.

img: batulanteh.com

Adapun tanda-tanda gangguan jiwa tersebut di antaranya:

  • tidak mau makan secara normal
  • susah tidur
  • marah tanpa sebab
  • badannya sakit atau pegal-pegal
  • semangat jadi berkurang
  • ada kemurungan, kesedihan, rasanya ingin mati
  • bahkan yang terberat sudah mulai ada gangguan penilaian realitas seperti mendengar bisikan-bisikan, lihat bayangan seperti ketakutan ada yang mengejar-ngejar

Jika beberapa gejala tersebut telah muncul dan sudah diperiksa namun tidak menemukan faktor sakitnya, maka bisa jadi potensi gangguan jiwa sudah muncul. Penyebab gangguan kejiwaan tersebut biasanya terjadi karena banyak faktor. Mulai faktor genetik atau keturunan sampai akibat keinginan yang tidak tercapai.

Seorang Psikiater Rumah Sakit menjelaskan bahwa penyebab gangguan jiwa tersebut antara lain karena keinginan tidak tercapai, contohnya pada caleg-caleg yang tidak lolos pemilu. Caleg-caleg tersebut mempunyai ekspektasi tinggi dan sudah berusaha maksimal tetapi hasil tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga menyebabkan kekecewaan, kemarahan yang terpendam.

Penanganan terhadap pasien seperti caleg-caleg tersebut pun beragam. Ada yang cukup dengan diberikan obat dan psikoterapi, ada juga yang perlu proses rehabilitasi di bangsal-bangsal rumah sakit jiwa.

Wah bahaya juga ya Sob, wajar jika mereka stress hingga gangguan jiwa karena pastinya rupiah yang dikeluarkan juga tak sedikit…namun hasil tak sesuai harapan.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Hati-hati, Buah dan Sayuran Ini Ternyata Dapat Mengeluarkan Racun Secara Alami

Published

on

Buah dan sayuran dikenal sebagai makanan penghasil vitamin dan mineral yang sangat baik, dimana salah satunya bermanfaat untuk daya tahan tubuh. Namun siapa sangka jika ternyata beberapa buah dan sayuran berikut justru dapat mengeluarkan racun secara alami, salah satunya racun sianida. Sianida ? Yup ! Kamu tentu masih ingat beberapa waktu lalu tanah air sempat dihebohkan oleh kasus seorang wanita yang meninggal akibat diracuni kopi sianida oleh sesama teman wanitanya.

Selain sianida, beberapa jenis racun lain juga bisa dikeluarkan oleh buah dan sayuran apabila tidak diolah dengan benar. Nah biar ngga penasaran, berikut info selengkapnya

  1. Singkong

    img: bp-guide

    Bahan makanan satu ini merupakan alternatif sumber karbohidrat selain nasi. Singkong bisa dinikmati dengan berbagai teknik, seperti digoreng, direbus maupun dipanggang. Selain itu, singkong juga dapat diolah menjadi tepung. Namun, ternyata bahan makanan pokok ini juga dapat mengeluarkan racun hidrogen sianida jika tidak diolah dengan benar. Hidrogen sianida terdapat pada singkong yang masih mentah atau dimasak kurang sempurna.

  2. Almond

    img: drkonopkas.com

    Almond dikenal sebagai jenis kacang-kacangan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Kue dengan topping almond, coklat almond, hingga susu almond. Namun jangan sekali-kali mencoba mengkonsumsi almond mentah, karen akibatny abisa fatal. Perlu kamu tahu, almond yang masih mentah mengandung sianida alami yang jika digigit sedikit saja bisa mengaktifkan sianida tersebut. Serem kan ?

  3. Leci

    img: jitunews.com

    Buah mungil ini mempunyai tampilan luar yang kasar dan berduri, namun teksturnya lembut, berair dan manis. Namun siapa sangka, dibalik kelezatannya tersebut leci bisa jadi racun dan bisa berakibat fatal jika dimakan dalam keadaan perut kosong atau anak yang mengalami malnutrisi. Racun dari leci mentah yang berkolaborasi dengan rendahnya gula darah mengakibatkan kadar gula darah yang semakin rendah atau hipoglikemia. Racun menghambat produksi gula dalam tubuh yang mana jadi berbahaya ketika tidur dan kadar gula darah menurun.

  4. Belimbing

    img: resepkoki.id

    Buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini sangat bermanfaat untuk daya tahan tubuh. Namun siapa sangka jika Belimbing bisa berakibat fatal jika dikonsumsi oleh seseorang yang sakit ginjal.
    Belimbing mengandung racun yang bisa berpengaruh ke otak dan mengakibatkan gangguan saraf. Racun ini diproses dan dihilangkan dalam tubuh bagi orang dengan ginjal yang sehat, tapi sebaliknya, jika orang itu terkena penyakit ginjal kronis, racun tidak dapat dinetralisir. Bah kan sebaliknya, racun ini bisa berpotensi menyebabkan kematian.

  5. Kacang Merah

    img: hellosehat.com

    Buat kamu yang hobi mengkonsumsi kacang merah mentah sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Karena ternyata pada kacang merah yang masih mentah mengandung racun phytohemagglutinin.
    Racun ini selama tiga jam bisa mengakibatkan mual, diare dan muntah, sakit perut. Efek dari racun pada kacang merah tidak separah racun dari ketela atau belimbing. Pemulihan akibat racun ini bisa lebih cepat setelah tiga tau empat jam sejak gejala keracunan muncul. Jadi, sebaiknya kacang merah dimasak dulu sampai betul-betul matang ya !

Jadi, bukan bermaksud menakut-nakuti ya Sobat Spaneng, namun hanya sekedar memberi info bahwa konsumsilah segala sesuatu dengan wajar.

Salam sehat !

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Cara Mudah dan Efektif Meredakan Migrain, Tak Harus Selalu Minum Obat!

Published

on

By

Pernah merasa sakit kepala, tapi cuma terasa di sebagian kepala saja? Ya, itu berarti kamu sedang terkena migrain. Saat terserang migrain, kepala akan terasa berdenyut dan biasanya hanya sebagian saja.

Migrain merupakan penyakit saraf, yang dapat menimbulkan gejala, seperti mual, muntah, serta sensitif terhadap cahaya atau suara. Serangan migrain dengan rasa nyeri yang mengganggu dapat berlangsung selama beberapa jam atau beberapa hari. Migrain lebih sering terjadi pada perempuan daripada laki-laki.

Berdasarkan pengakuan beberapa orang yang pernah mengalami migrain, rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit ini lebih perih daripada sakit kepala biasa. Dan tentunya rasa sakit itu akan sangat berpengaruh dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Bekerja jadi tidak fokus, belajar jadi tidak nyaman, bahkan sekedar duduk santai pun jadi tidak enak.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengobati migrain. Cara paling mujarab tentu saja dengan meminum obat. Saat ini sudah banyak produsen obat-obatan yang menyediakan obat untuk migrain. Tapi hal tersebut pasti akan ada efek sampingnya jika dilakukan terus-menerus.

Cara yang paling efisien dan tidak beresiko untuk meredakan migrain adalah dengan memberikan pijatan. Pijatan dapat membantu meredakan ketegangan otot di seluruh tubuh termasuk mengurangi rasa sakit akibat migrain. Selain itu, pijatan juga membantu meredakan stres yang bisa memicu migrain kambuh kembali.

images: liputan6.com

Ada beberapa teknik pijatan yang bisa kamu coba untuk meredakan migrain. Teknik yang pertama adalah dengan meletakkan kedua ibu jari di jembatan hidung, posisinya di bawah dahi. Tekan perlahan dan urut selama 10 detik sambil menarik nafas dalam-dalam. Lakukan hal tersebut setidaknya dua sampai empat kali.

Teknik pijatan yang kedua adalah dengan meletakkan kedua ibu jari di bawah alis. Lalu kamu tekan dan urut perlahan sampai ke atas dahi sambil menarik nafas secara mendalam. Lakukan hal tersebut sampai kamu merasa lebih baik dari sebelumnya. Untuk teknik yang ketiga kamu bisa menggunakan ketiga jari tangan untuk memijit pelipis secara memutar selama 10 detik dan terus lakukan itu sampai kamu merasa nyaman.

Teknik pijatan yang keempat bisa kamu lakukan dengan cara menjepit kulit di bawah alis dengan jari tanganmu. Jepit kulit tersebut selama 7 sampai 10 detik.

Sebelum dan sesudah melakukan beberapa teknik pijatan diatas, pastikan konsumsi air dan makanan dalam tubuhmu tercukupi terlebih dahulu. Jangan sampai penyebab migrainmu ternyata hanya kehausan atau kelaparan. Walaupun sudah berkali-kali dipijit, tapi kalau kamu masih haus atau lapar, migrain yang kamu rasakan tetap tak akan hilang.

Komentar
Continue Reading

Trending