Connect with us

Hiburan

Jangan Pernah Melanggar 5 UU ITE Berikut Jika Tak Ingin Masuk Penjara

Published

on

Transaksi elektronik terutama dunia maya kini tak bisa lepas dari keseharian kita. Namun pastinya Sobat Spaneng tentu sering menjumpai hal-hal yang bersifat negatif seperti penghinaan, uajaran kebencian, konten asusila dll. Nah untuk membentengi hal-hal negatif tersebut, dibuatlah UU ITE.
Apa itu UU ITE ? Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) adalah undang-undang pertama di bidang Teknologi Informasi dan Transaksi Elektronik sebagai produk legislasi yang sangat dibutuhkan untuk pengaturan di bidang pemanfaatan Teknologi Informasi dan Transaksi Elektronik.
Biar lebih jelas, berikut hal-hal yang tak boleh kamu lakukan agar tak melanggar UU ITE :

1. Langgar Kesusilaan

Pasal 45 ayat 1: Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

2. Menyebarkan Berita Bohong dan Menyesatkan Yang Mengakibatkan Kerugian Konsumen

Pasal 45A ayat 1: Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

3. Menyebarkan Kebencian Atau Permusuhan Individu Dan/Atau Kelompok Masyarakat Tertentu Berdasarkan Atas Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

Pasal 45A ayat 2: Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/ atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/ atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah)

4. Penghinaan Dan/Atau Pencemaran Nama Baik

Pasal 45 ayat 3: Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

5. Pemerasan Dan/Atau Pengancaman

Pasal 45 ayat 4: Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Nah, biar Sobat Spaneng punya file lebih lengkap tentang UU ITE bisa download disini

Komentar
Continue Reading

Artis

Selfie Pertama Nicholas Saputra Bikin Warganet Heboh

Published

on

Bersamaan dengan hari pemungutan suara pada Pemilu 2019, aktor tampan Nicholas Saputra juga membuat heboh jagat maya karena untuk pertama kalinya si “Rangga” tersebut mengunggah foto selfie di akun instagramnya. Memang semenjak membuat akun instagram beberapa tahun kebelakang, Nicholas belum pernah memposting foto selfie sama sekali. Laman instagramnya dipenuhi dengan foto-foto hasil jepretannya yang berupa pemandangan alam di berbagai belahan dunia. Ya, aktor satu ini memang mempunyai hobi travelling dan fotografi.

img: www.instagram.com/nicholassaputra

Dalam foto selfienya tersebut Nicholas menunjukkan jari kelingkingnya yang sudah dicelupkan tinta ungu dan menambahkan caption

Baiklah.. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah ikut berpartisipasi dalam pemilu 2019 
Tetap damai dan selamat merayakan demokrasi! 
PS : postingan ini akan dihapus dalam waktu 24 jam

Dan seketika foto yang diunggah siang hari setelah pemungutan suara itupun langsung banjir beragam komen dari warganet.

akun aktris Adinia Wirasti @adiniawrst berkomentar: “Hari mengcapture ig nico se Indonesia.”

akun penulis @fiersabesari pun ikut berkomentar: “Akhirnya, sejarah telah terukir. Selfie pertama seorang Nicholas Saputra”

akun @kartuposinsta: “24 jam doang???? 24 purnama donggggggggg minimal”

akun @dianpurnomo: “Pliss… Jangan dihapus, setidaknya biarkan ada satu mimpi yg jd nyataaa… Plissss”

akun @lubnaasyaa: “Aku sabar nunggu 5 tahun lagi demi foto selfiemu”

akun @ndennnn: “TEPAT DI HARI INI SETELAH 7 TAHUN TIDAK POST FOTO SELFIE AKHIRNYA YAAMPUN TERNYATA NICHOLAS SAPUTRA SETAMPAN ITU. berasa diliatin jodoh”

 

Komentar
Continue Reading

Hiburan

Beberapa Lagu Untuk Orang Ketiga yang Sedang Meminta Kepastian

Published

on

By

Menjadi orang ketiga dalam suatu hubungan memang tidak menyenangkan. Dianggap setan lah, pelakor lah, pebinor lah, anjing lah, dan berbagai sumpah serapah lainnya. Padahal kalau boleh milih, tak ada yang mau jadi orang ketiga.

Hanya saja rasa cinta yang datang dari sang Pencipta ini datangnya seringkali tak terduga. Malahnya, tujuannya pun tak terduga pula. Tidak menjadi masalah ketika orang yang kamu cintai itu posisinya sedang single. Lha kalau sudah punya pasangan? Atau sebaliknya, kamu yang punya pasangan?

Nah, untuk menghayati posisi dan keadaanmu saat ini, tak ada salahnya untuk mendengarkan lagu-lagu berikut ini. Semoga saja bisa membuat suasana hatimu menjadi lebih plong.

  1. Juara Kedua-Fiersa Besari

mampukah kekasihmu setangguh aku

menunggu tapi tak ditunggu, bertahan tapi tak ditahan

Yah siapa yang tak kenal dengan Fiersa Besari. Penulis, traveler, serta musisi ini sangat terkenal dengan karya-karyanya. Salah satu karyanya adalah lagu yang berjudul “Juara Kedua”. Lagu itu berisikan tentang seseorang yang jatuh cinta dengan orang yang sudah punya kekasih. Silahkan dengar sendiri aja yaa, biar lebih paham!

2. Diantara Kalian-D’Masiv

Lupakan aku, kembali padanya

Aku bukan siapa-siapa, untukmu

Lagu yang sempat ngehits pada tahun 2008 ini merupakan karya dari D’Masiv. Isinya seputar orang ketiga yang mengikhlaskan kembalinya orang yang dicintainya kepada kekasihnya. Ribet ya? Kalau gak mau ribet ya jangan jadi orang ketiga lah.

3. Jadikan Aku yang Kedua-Astrid

Jadikan aku yang kedua, buatlah diriku bahagia

Walaupun kau takkan pernah, kumiliki selamanya

Tampaknya lagu ini sangat cocok jika kamu sudah ikhlas jadi yang nomor dua. Kamu yang sedang puber di medio 2006-an pasti sangat hafal dengan suara genit Astrid di lagu ini.

4. Jangan Bilang Siapa-siapa-Ratu

Aku suka kamu suka sudah jangan bilang siapa-siapa

Lagu ini dipopulerkan oleh duo Ratu jilid 1 yang terdiri dari Maia Ahmad (belum Maia Estianti) dan Pinkan Mambo. Liriknya sih terkesan nakal, tapi sangat lugas.

5. Waktu Yang Salah-Fiersa Besari

Kita adalah rasa yang tepat di waktu yang salah

Dari penggalan liriknya sudah terbayang kan bagaimana suasana yang digambarkan oleh sang penyanyi? Yah, entah angin apa yang membuat buang Fiersa Besari membuat lagu yang cocok untuk orang yang sedang dilanda dilema tingkat dewa semacam ini.

6. Kekasih Kedua-Cassandra

kau kan s’lalu kupuja dan kan slalu kupuja
ku tetap bahagia walau sebagai kekasih kedua

Hampir sama dengan lagunya Astrid, keikhlasan yang mendalam untuk menjadi yang kedua. Duh kok sampai segitunya yaa?

Yah itulah beberapa lagu yang mungkin akan cocok untuk suasana hati kalian, wahai orang ketiga. Dan satu hal lagi, jangan merasa rendah diri kalau menjadi orang ketiga. Sebab yang namanya jodoh itu sudah ketetapan dari yang Maha Kuasa. Kita sebagai mahluknya hanya sebatas menjalani guratan cerita yang sudah tertulis di langit sana.

Komentar
Continue Reading

Artis

Ariel Noah Jadi Trending Youtube Lewat Lagu ‘Mungkin Nanti’ Versi Jepang

Published

on

Ariel Noah kembali menjadi perbincangan warganet di jagat maya. Kali ini bukan tentang kisah asmaranya, melainkan tentang karya terbarunya dimana ayah satu anak ini menyanyikan lagu “Mungkin Nanti” dengan Bahasa Jepang. Lagu tersebut merupakan salah satu lagu di album kedua Peterpan “Bintang di Surga”. Dan kini “Mungkin Nanti” dinyanyikan kembali dengan judul “Moshimo Mata Itsuka”.

Lagu berbahasa Jepang ini pertama kali diterjemahkan oleh Naoko Kunimoto pada 2013 dan liriknya disempurnakan oleh Hiroaki Kato pada 2019. Ariel NOAH mengemas video tersebut dengan sederhana, hanya memperlihatkan ia dan kedua rekannya yang tak lain adalah gitaris Nidji yang juga bernama Ariel. Satu benda yang cukup kental dengan nuansa Jepang adalah action figure Gundam yang ditaruh di depan Ariel.

Hingga kini video yang diposting pada 7 April tersebut telah ditonton oleh lebih dari 5 juta viewer dan menjadi trending #3 youtube !

Dan berikut lirik Moshimo Mata Itsuka selengkapnya

Hanashite okitainda
(Saatnya ku berkata)
Kitto Kore ga saigosa
(Mungkin yang terakhir kalinya)
Subete tebanashite shimaou
(Sudahlah lepaskan semua)
Sore ga ima dato omounda
(Kuyakin inilah waktunya)

Kimi wa kawatte shimattandarou
(Mungkin saja kau bukan yang dulu lagi)
Ai wa kiete shimattandarou
(Mungkin saja rasa itu telah pergi)

Moshimo mata itsuka
(Dan mungkin bila nanti)
Bokura ga deau nara
(Kita kan bertemu lagi)
Onegai dakara mou nanimo kikanai de
(Satu pintaku jangan kau coba tanyakan kembali)
Kinou made koko ni atta
(Rasa yang ku tinggal mati)
Kimi e no ai wa
(Seperti hari kemarin)
Okizari ni shitekita kara
(Saat semua di sini)

Kokoro ga shizunde
(Dan bila hatimu termenung)
Kimi ga yume kara sametara
(Bangun dari mimpi-mimpimu)
Omoidashite hoshiinda
(Membuka hatimu yang dulu)
Kimi to boku monogatari wo
(Cerita saat bersamaku)

Kimi wa kawatte shimattandarou
(Mungkin saja kau bukan yang dulu lagi)
Ai wa kiete shimattandarou
(Mungkin saja rasa itu telah pergi)

Moshimo mata itsuka
(Dan mungkin bila nanti)
Bokura ga deau nara
(Kita kan bertemu lagi)
Onegai dakara mou nanimo kikanai de
(Satu pintaku jangan kau coba tanyakan kembali)
Kinou made koko ni atta
(Rasa yang ku tinggal mati)
Kimi e no ai wa
(Seperti hari kemarin)
Okizari ni shitekita kara
(Saat semua di sini)

Moshimo mata itsuka
(Dan mungkin bila nanti)
Bokura ga deau nara
(Kita kan bertemu lagi)
Onegai dakara mou nanimo kikanai de
(Satu pintaku jangan kau coba tanyakan kembali)
Kinou made koko ni atta
(Rasa yang ku tinggal mati)
Kimi e no ai wa
(Seperti hari kemarin)
Okizari ni shitekita kara
(Saat semua di sini)

Komentar
Continue Reading

Trending