Kesehatan, Tips

Ingin Daya Tahan Tubuh Semakin Kuat? Konsumsi Saja Makanan Berikut Ini

Idealnya musim kemarau berlangsung antara bulan April sampai dengan September. Namun karena situasi di Indonesia akhir-akhir ini sedang tidak ideal, maka kamu akan sering menemui hujan deras beberapa hari di pertengahan musim kemarau yang seharusnya sedang terik-teriknya ini.

Sehingga jangan heran kalau orang menyebut kita sedang berada di musim pancaroba atau peralihan. Aneh sih, dalam satu tahun kita harus mendengarkan kata pancaroba hampir setiap bulan karena cuaca yang tidak menentu. Dengan kondisi cuaca yang seringkali berubah dengan cepat, maka daya tahan tubuh pun jadi terancam. Tubuh jadi rentan terkena penyakit seperti flu, meriang, panas dalam ataupun radang.

Meskipun tergolong bukan penyakit berbahaya, namun tetap saja penyakit itu akan mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Untuk itulah ada baiknya kamu mengkonsumsi makanan berikut ini agar daya tahan tubuhmu meningkat dan tidak mudah sakit.

  1. Bawang Putih
bawang putih via resepkoki.id

Jangan kamu pikir bahwa khasiat bawang putih hanyalah mengusir vampire seperti yang kamu lihat di film-film. Ketika kamu mengkonsumsinya tanpa memasaknya terlebih dahulu secara rutin, kamu akan mendapat banyak sekali manfaat seperti menurunkan resiko kanker, memperkuat daya tahan tubuh, meredakan radang serta pilek dan banyak manfaat lainnya.

Khawatir bau mulut? tenang ini ada solusinya kok. Sebelum kamu makan, bawang putih tersebut kamu cuci bersih dahulu dengan air dingin. Lalu konsumsilah bawang putih bersama daun kemangi. Setelah itu minum yoghurt lalu sikat gigi. Dijamin kamu tak perlu malu ngobrol dengan gebetan pasca mengkonsumsi bawang putih. Terkecuali kamu mau mengusir vampire, ya tak usah gosok gigi.

2. Cabai

cabai segar via liputan6.com

Salah satu jenis rempah-rempah yang membuat bangsa Eropa menjajah Indonesia. Dalam cabe terkandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Jadi kandungan dalam cabai ini bisa mencegah sekaligus menyembuhkan peradangan.

Hanya saja kamu jangan mengkonsumsinya berlebihan. Iya sih kamu terhindar dari peradangan dan penyakit seperti flu/pilek, cuma kamu bisa sakit perut lalu bolak-balik ke kamar mandi. Jadi konsumsi sesuai porsinya ya.

3. Apel

apel hijau via sehat-natural.com

Selain jeruk, apel juga termasuk buah yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Apel memiliki senyawa yang mampu meredakan ataupun mencegah peradangan. Untuk itu tak ada salahnya kamu banyak mengkonsumsi apel selama musim masih disebut “pancaroba” ini.

Lagian kalau kamu sedang pedekate sama calon mertua, membawakan oleh-oleh buah apel saat berkunjung ke rumahnya juga terlihat manis kok. Apalagi kamu ditambahi sedikit promosi “ini apel bagus buat kesehatan lho pak, kesehatan bapak aja saya perhatikan, apalagi putri bapak 😀” *krik.

4. Lemon

es lemon menyegarkan via awsimages.detik.net.id

Kandungan vitamin C dalam lemon sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Rutin mengkonsumsinya maka kamu bisa terhindar dari flu ataupun pilek. Lebih segar lagi kalau kamu mengkonsumsinya dalam kondisi dingin.

Selain mendinginkan tenggorokan, semoga saja bisa sekalian mendinginkan suasana yang panas karena sedang musim pilkada. Maklum lagi banyak yang sedang gontok-gontokan sekarang.

5. Jahe

wedang jahe via http://cdn2.tstatic.net

Nah ini juga daya pikat kepulauan Hindia di masa lalu. Tanaman yang membuat tubuh terasa hangat saat dikonsumsi dalam bentuk minuman ini juga bisa memperkuat daya tahan tubuh.

Jadi kalau sedang banyak begadang karena nonton piala dunia, mendingan kamu perbanyak mengkonsumsi wedang jahe daripada kopi. Hangat dan menyehatkan, sehingga kalau esok pagi harus bekerja keras mengumpulkan uang untuk taruhan bola bisa tetap semangat.

6. Soup

semangkuk soup via taste.com

Mengkonsumsi soup akan melegakan tenggorokan. Selain itu kandungan vitamin, protein dan mineral didalamnya juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Memasaknya pun tergolong mudah dan tidak ribet.

Karena itu jika bingung mau masak apa, langsung saja masak soup. Sudah tidak ribet, menyehatkan lagi. Sangat cocok untuk perempuan yang baru saja menikah dan masih belum lihai urusan dapur.

Comments

comments