Connect with us

Internet

Hati-Hati ! Ini 4 Bahaya Browsing Memakai VPN Gratis

Published

on

Situasi politik yang memanas usai diumumkannya hasil final rekapitulasi Pemilu oleh KPU, membuat pemerintah memutuskan untuk membatasi penggunaan media sosial seperti facebook, instagram, dan whatsApp. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir dan mencegah penyebaran hoaks lewat media sosial.

Nah, untuk mengakses berbagai media sosial yang dibatasi oleh pemerintah tersebut, jalan pintas yang paling sering digunakan adalah menggunakan layanan VPN. Aplikasi VPN bisa dengan mudah diperoleh dari playstore. Namun, ternyata masih banyak yang menggunakan layanan VPN Gratis, yang tentu banyak memiliki bahaya dan dampak negatif. Apa saja? Berikut dirangkum hitsbanget dari berbagai sumber.

1. Kebocoran Data dan Alamat IP
Bahaya fatal yang bisa muncul akibat memakai VPN adalah bocornya data dan IP kamu ke publik. VPN bekerja seperti terowongan di mana koneksi kalian melewati suatu jalur ‘rahasia’ untuk sampai ke tujuan yaitu internet.

Tapi, pada beberapa penyedia layanan VPN gratis, jalur rahasia yang digunakan mempunyai banyak ‘lubang’ sehingga ada kemungkinan data dan alamat IP kalian bisa saja bocor ke publik melalui ‘lubang’ tadi. Oleh karena itu, sangat memungkinkan jika data-data pribadi kamu akan disalahgunakan oleh pihak tak bertanggungjawab.

2. Penjualan Data
Bahaya lain saat memakai VPN gratis adalah resiko penjualan data secara ilegal. Bagi kamu pengguna VPN berbayar rasanya tidak perlu khawatir soal masalah penjualan data ini karena para penyedia VPN berbayar umumnya memiliki aturan yang ketat dan jaminan. Namun untuk pengguna VPN gratisan, atran itu tidak berlaku.

3. Melacak Kegiatan Kamu
VPN gratis bisa mencatat dan melacak semua konten, alamat IP, sampai situs-situs yang kamu kunjungi, dan aktifitas lainnya. Selain masalah keamanan privasi itu, biasanya VPN gratis mempunyai kecepatan jelajah yang lambat, koneksi yang tidak stabil, batas penggunaan data, dan enkripsi yang lemah.

4. Adware
Kebanyakan penyedia layanan VPN gratis mengandalkan pendapatan dari iklan-iklan yng dipasang pihak ketiga pada website mereka. Nah, tentu saja iklan-iklan yang dipasang tersebut dapat menganggu kenyamanan pengguna dan tidak menutup kemungkinan iklan itu telah disusupi malware atau aplikasi lain yang akan secara otomatis terinstall ke komputer ataupun ke piranti kalian.

Komentar
Continue Reading

Artis

Artis-Artis Ini Memiliki Bisnis Start-Up, Siapa Saja Mereka ?

Published

on

Salah satu peluang kerja di era digital seperti sekarang adalah bisnis dibidang start up. Dilansir dari wikipedia, start-up adalah perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Dan bisnis start-up kini semakin diminati karena profit yang cukup menggiurkan, seperti para selebriti tanah air berikut yang ikut bergelut dibidang start-up.

Siapa saja mereka ? simak yuk !

  1. Giring Ganesha

    img: kincir.com

    Vokalis segaligus politikus Giring Ganesha mendirikan sebuah start-up digital bernama Kincir.com pada 2013 silam. Start-up ini menyediakan informasi menarik seputar game, dunia perfilman dan juga berita terkini. Selama 6 tahun, Giring pun menjabat sebagai CEO sekaligus co-founder dari start-up yang ia dirikan ini.

  2. Christian Sugiono

    img: malesbanget.com

    Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan serial ‘Jalan-jalan Men!’ yang dibawakan oleh host kocak Jebraw dan Naya. Ya, serial tersebut merupakan salah satu karya kerjasama antara malesbanget.com dengan salah satu provider seluler. Malesbanget.com (MBDC) merupakan start-up media online yang didirikan oleh Christian Sugiono pada tahun 2002. Sempat vacum cukup lama, MBDC akhirnya mulai lagi pada tahun 2011. Selain sebagai founder, aktor film ‘Jomblo’ ini pun juga menjabat sebagai direktur untuk mengelola sisi kreatif website ini.

  3. Kevin Aprilio

    img: mostviralproject

    Selain dikenal sebagai musisi sekaligus produser lagu, Kevin Aprilio juga mempunyai bisnis dibidang start-up yaitu mostviralproject.com (MVP). Platform yang bergerak dibidang digital entertainment ini berdiri pada tahun 2018. Sebagai CEO dari MVP, Kevin Aprilio berniat memerangi pembajakan di industri musik indonesia dengan start-up ini.

  4. Vidi Aldiano

    img: krowd.id

    Pelantun lagu ‘Nuansa Bening’ ini pun juga tak mau ketinggalan untuk mempunyai bisnis start-up bernama krowd.id. Platform ini menjembatani para kreator kreatid dalam mengeksekusi ide menjadi produk akhir. Secara garis besar, konsep ini diambil dari budaya Indonesia yaitu ‘gotong-royong’. Di bisnis ini, ia berkolaborasi dengan CEO Creativepreneur Putri Tanjung dan CEO Kibar Yansen Kamto.

Komentar
Continue Reading

Internet

Trik Mempercepat Koneksi WiFi yang Lambat

Published

on

Internet kini sudah menjadi kebutuhan yang penting untuk membantu kegiatan sehari-hari. Untuk kepentingan komunikasi, pekerjaan, dan hiburan tentunya, koneksi internet tanpa kabel dengan WiFi  bisa menjadi alternatif pilihan. Namun salah satu kelemahan Wifi adalah koneksinya yang tergantung aliran listrik dan juga koneksinya terkadang tiba-tiba menjadi lambat. Jika sudah begini, komunikasi dan pekerjaan tentu akan akan terganggu.
Nah, jika kalian sering menghadapi koneksi WiFi yang lambat, tidak perlu lagi khawatir karena berikut ini ada beberapa trik mempercepat koneksi WiFi yang dirangkum hitsbanget dari berbagai sumber.

img: lifewire.com

1. Jangan Terlalu Dekat Dengan Perangkat Wireless

Lambatnya sinyal WiFi bisa jadi dihambat oleh perangkat wireless seperti speaker Bluetooth dan microphone wireless. Oleh karena itu, sebisa mungkin jauhkan router dari gangguan perangkat lain.

2. Jauhkan dari Perangkat Elektronik

Umumnya, router ditempatkan didekat telepon atau televisi. Padahal hal ini salah kaprah, karena peletakan router di dekat perangkat elektronik bisa menghambat sinyal WiFi. Sebaliknya letakkan router sejauh mungkin dari perangkat elektronik.

3. Buat Antena Sederhana Untuk Mempercepat Sinyal Wifi

Ada beberapa trik DIY (do it your self) yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat koneksi WiFi, salah satunya dengan membuat antena dari kaleng minuman. Caranya potong lembaran metal yang menyelimuti kaleng, buang tutup dan alasnya. Letakkan potongan kaleng ini di belakang antena router dengan bentuk seperti parabola, dan biarkan bagian depannya terbuka. Trik ini diketahui cukup membantu mempercepat koneksi WiFi meskipun hasilnya tidak begitu drastis.

4. Ubah Pengaturan Pada Smartphone

Trik lain untun mempercepat koneksi Wifi adalah dengan mengubah pengaturan pada smartphone kamu. Khusus untuk HP Xiaomi, berikut langkah-langkahnya: masuk ke Settings, pilih opsi WiFi. Setelah itu, scroll ke bawah hingga menemukan opsi Advanced settings. Klik opsi tersebut kemudian pilih opsi WiFi speed mode untuk memberi prioritas bandwidth pada aplikasi tertentu. Ada opsi Regular mode yang bisa membagi bandwidth secara merata untuk aplikasi yang berjalan di foreground dan background.

Selain itu ada opsi Extreme mode yang bisa memprioritaskan bandwidth pada aplikasi yang berjalan di foreground, sedangkan aplikasi yang berjalan di background kemungkinan tidak bisa mengakses internet untuk sementara.

5. Ganti Channel

Salah satu penyebab sinyal WiFi menjadi lambat adalah terganggunya router kita oleh router dan access points milik tetangga. Karena router WiFi bisa bekerja di berbagai channel. Untuk mengatasi hal ini caranya bisa dengan menggunakan PC untuk melihat channel mana yang digunakan oleh WiFi tetangga. Caranya masuk ke Command Prompt dan ketik “netsh wlan show all“. Nantinya kalian akan melihat daftar yang berisi jaringan wireless dan channel yang digunakan di sekitar kalian.

Selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

Internet

Dengan 6 Situs Ini Skripsimu Akan Cepat Kelar ! Mahasiswa Wajib Tahu Nih

Published

on

Bagi mahasiswa tingkat akhir, salah satu momok yang ditakuti adalah mengerjakan skripsi. Laporan karya ilmiah ini merupakan syarat kelulusan demi memperoleh gelar S1. Banyak yang lancar dan lulus tepat waktu, namun tak sedikit pula yang tersendat bahkan hingga Drop Out (DO) karena tak selesai mengerjakan skripsi. Nah bagaimana tips mengerjakan skripsi dengan lancar ? berikut beberapa situs yang bisa membantumu dalam menyelesaikan skripsi. Berikut selengkapnya

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Situs yang pertama adalah Perpusnas RI yang dikelola langsung oleh pemerintah Indonesia. Dalam situs ini, ada banyak jurnal ilmiah berkualitas yang bisa diunduh secara gratis. Tapi, pastikan kamu sudah mendaftar sebagai anggota ya. Cara mendaftarnya pun kurang lebih sama saat kamu mendaftar akun di media-media sosial.

2. Free-eBooks

Sesuai dengan namanya, Free-eBooks merupakan salah satu situs eBook yang terkenal dan bisa diunduh secara gratis. Pada situs ini tersedia bermacam-macam ebook dengan berbagai jenis kategori. Tak hanya ebook, kamu juga bisa mengunduh jurnal bahkan majalah sekalipun. Namun untuk mengunduh, kamu terlebih dahulu harus mendaftra menjadi member situs tersebut. Dan jangan khawatir, untuk menjadi member, tidak diperlukan biaya registrasi.

3. Indonesia One Search by The National Library of Indonesia

Berbeda dengan dua situs sebelumnya, untuk situs ini kamu tidak perlu login untuk mengunduh berbagai jurnal penelitian. Salah satu kelebihan dari situs ini adalah terdapat banyak jurnal dan ebook dari berbagai Institusi dalam dan luar negeri yakni sekitar 21.473.752 artikel jurnal full text dengan 2.734 jurnal reputasi berbagai bidang ilmu.

4. Open Library
Di situs ilmiah ini kamu bisa mengakses jurnal ilmiah maupun e-book gratis yang bisa dibaca kapan pun secara offline lho !

5. Microsoft Academic
Perusahaan raksasa milik Bill Gates ini pun juga tak mau ketinggalan, dengan situsnya yang bernama Microsoft Academic Search (MAS), kamu akan sangat terbantu dalam mengerjakan skripsi, thesis, ataupun aktivitas penelitian lainnya. Dan berbeda dengan google scholar yang lebih terfokus pada paper dan karya ilmiah, maka MAS akan memberikan layanan yang lebih lengkap meliputi jadual CfP (Call For Paper) dari sejumlah konferensi / seminar terkenal, Co Author Graph, Citation Graph, Daftar Jurnal kelas atas dll.

6. Google Scholar
Layanan milik Google ini juga tak kalah canggih dalam menyediakan referensi penelitian dalam format publikasi. Kamu bisa mencari berbagai jurnal penelitian terkait sesuai dengan topik yang kamu butuhkan untuk skripsi.

7. Indonesian Publication Index (IPI)
Mirip seperti Google Scholar, namun situs ini hanya berisi jurnal-jurnal berbahasa Indonesia. Cara mencarinya pun mudah, tinggal masukkan kata kunci di kolom pencarian.

8. Academia
Berbeda dengan situs-situ diatas, Academia merupakan jejaring sosial untuk para akademisi yang sering digunakan sebagai media sharing makalah penelitian. Jadi, di sini kamu hanya bisa mencari jurnal yang memang diunggah oleh pengguna Academia. Yang tak lain kelemahannya adalah cakupannya tidak terlalu lengkap.

Komentar
Continue Reading

Trending