Connect with us

Internet

Hati-Hati ! Ini 4 Bahaya Browsing Memakai VPN Gratis

Published

on

Situasi politik yang memanas usai diumumkannya hasil final rekapitulasi Pemilu oleh KPU, membuat pemerintah memutuskan untuk membatasi penggunaan media sosial seperti facebook, instagram, dan whatsApp. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir dan mencegah penyebaran hoaks lewat media sosial.

Nah, untuk mengakses berbagai media sosial yang dibatasi oleh pemerintah tersebut, jalan pintas yang paling sering digunakan adalah menggunakan layanan VPN. Aplikasi VPN bisa dengan mudah diperoleh dari playstore. Namun, ternyata masih banyak yang menggunakan layanan VPN Gratis, yang tentu banyak memiliki bahaya dan dampak negatif. Apa saja? Berikut dirangkum hitsbanget dari berbagai sumber.

1. Kebocoran Data dan Alamat IP
Bahaya fatal yang bisa muncul akibat memakai VPN adalah bocornya data dan IP kamu ke publik. VPN bekerja seperti terowongan di mana koneksi kalian melewati suatu jalur ‘rahasia’ untuk sampai ke tujuan yaitu internet.

Tapi, pada beberapa penyedia layanan VPN gratis, jalur rahasia yang digunakan mempunyai banyak ‘lubang’ sehingga ada kemungkinan data dan alamat IP kalian bisa saja bocor ke publik melalui ‘lubang’ tadi. Oleh karena itu, sangat memungkinkan jika data-data pribadi kamu akan disalahgunakan oleh pihak tak bertanggungjawab.

2. Penjualan Data
Bahaya lain saat memakai VPN gratis adalah resiko penjualan data secara ilegal. Bagi kamu pengguna VPN berbayar rasanya tidak perlu khawatir soal masalah penjualan data ini karena para penyedia VPN berbayar umumnya memiliki aturan yang ketat dan jaminan. Namun untuk pengguna VPN gratisan, atran itu tidak berlaku.

3. Melacak Kegiatan Kamu
VPN gratis bisa mencatat dan melacak semua konten, alamat IP, sampai situs-situs yang kamu kunjungi, dan aktifitas lainnya. Selain masalah keamanan privasi itu, biasanya VPN gratis mempunyai kecepatan jelajah yang lambat, koneksi yang tidak stabil, batas penggunaan data, dan enkripsi yang lemah.

4. Adware
Kebanyakan penyedia layanan VPN gratis mengandalkan pendapatan dari iklan-iklan yng dipasang pihak ketiga pada website mereka. Nah, tentu saja iklan-iklan yang dipasang tersebut dapat menganggu kenyamanan pengguna dan tidak menutup kemungkinan iklan itu telah disusupi malware atau aplikasi lain yang akan secara otomatis terinstall ke komputer ataupun ke piranti kalian.

Komentar
Continue Reading

Gadget

“Time To Say Goodbye”, BBM Akan Tutup Layanan Pada 31 Mei 2019

Published

on

Sobat Spaneng pasti ingat memori-memori ketika mengirim pesan menggunakan BBM atau Blackberry Messenger. Aplikasi yang pernah populer sekitar 6 tahun silam tersebut pernah turut andil meramaikan aplikasi perpesanan di Indonesia. BBM menjadi aplikasi idola karena salah satunya fitur khas emoticon yang unik. Namun tak akan lama lagi hal tersebut tak bisa lagi dinikmati oleh para penggunanya. Pasalnya, aplikasi perpesanan yang khas dengan “PING!” nya  tersebut akan menutup layanannya pada 31 Mei 2019. “Time to Say GOODBYE” ujar pesan yang disampaikan kepada pengguna BBM.

img: bbm.com

Salah satu alasan diberhentikannya layanan BBM adalah karena persaingan di era saat ini. Sulitnya BBM beradaptasi dengan platform lain membuat pengguna berpindah ke layanan lain. Walaupun selama kurang lebih 3 tahun hadir di lintas platform, nyatanya BBM harus tumbang ditengah gempuran inovasi dan teknologi yang semakin berkembang saat ini. Padahal, BBM telah menambahkan beberapa fitur yang cukup menarik bukan hanya untuk sekedar berkomunikasi saja, melainkan juga dapat melakukan aneka pembayaran tagihan. Namun tampaknya hal tersebut masih belum bisa mempertahankan atau bahkan menambah jumlah pengguna barunya. Hingga pada akhirnya penggunanya justru beranjak ke platform lain seperti WhatsApp dan Line.

Pihak BBM mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, mitra serta karyawan BBM yang pernah menjadi bagian dari BBM. Dan untuk kamu yang ingin mengunduh data, obrolan, video, dan dokumen penting, BBM memberikan waktu paling lambat 7 hari setelah penghentian operasi. Proses penghapusan data dari infrastuktur Cloud perusahaan akan memakan waktu hingga 180 hari.

Jadi buat kamu yang punya banyak kenangan di BBM, segera unduh data-data penting tersebut !

Komentar
Continue Reading

Hits Banget

Mengenal Satelit Nusantara Satu yang Telah Sukses Mengorbit di Atas Papua

Published

on

Satu lagi kemajuan Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi dimana Satelit Nusantara Satu berhasil mengangkasa menggunakan roket peluncur SpaceX Falcon 9 yang lepas landas dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida, Amerika Serikat, pada Jumat (22/2) pukul 08.45 WIB.

Berikut video detik-detik peluncuran Satelit Nusantara Satu

Satelit ini memiliki fungsi untuk memperluas jangkauan layanan serta kecepatan jaringan. Jika sudah beroperasi, Nusantara Satu bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan dan menyediakan koneksi di 25 ribu desa di seluruh Indonesia. Selain itu juga dapat meningkatkan konektivitas internet broadband, komunikasi suara, data, dan video yang menjangkau seluruh kepulauan Indonesia.

Yang menarik perhatian dari Nusantara Satu adalah satelit ini menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS). Teknologi yang merupakan pertama di Indonesia ini sangat canggih dimana frekuensi dapat digunakan berulang kali sehingga kapasitas lebih tinggi. Pengaturan tersebut didukung oleh 8 buah spot beam yang setara dengan 120 transponder.

Selain itu, berikut beberapa fakta yang perlu kamu ketahui tentang Satelit Nusantara Satu

  1. Merupakan satelit broadband terbesar di Indonesia yang mempunyai kapasitas total 15 Gbps

    img: celebestopnews

  2. Diluncurkan oleh roket canggih Falcon 9 milik SpaceX, Florida, Amerika Serikat

    img: sindonews

  3. Menghabiskan dana hingga 230 juta dolar AS atau 3,3 triliun rupiah
  4. Mengorbit di atas Papua dan pengendaliannya dari pusat kontrol di kawasan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat

Dan rencananya Satelit Nusantara Satu mulai berfungsi pada April 2019 mendatang. Keren banget kan ? Semoga seluruh daerah di pelosok negeri bisa segera menikmati kemudahan akses internet ya !

Komentar
Continue Reading

Internet

Malas Baca Berita ? Google Go’ Siap Bacain Berita Buat Kamu

Published

on

Portal berita digital kini sudah menjamur di jagat maya. Namun ternyata tak semua warganet gemar mambaca. Nah buat Sobat Spaneng yang tak suka ataupun malas membaca berita online, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Go. Google Go didukung kecerdasan buatan yang bisa membacakan isi halaman situs yang dibuka lewat audio, bahkan saat berada pada jaringan 2G sekalipun.

Seraya dibacakan, kata per kata dalam teks akan ditandai untuk memudahkan pengguna menyimak apa yang sedang didengarkan. Dengan begitu, teks panjang akan lebih mudah dipahami sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti memasak atau berolahraga. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store. Meski ditujukan untuk ponsel segmen menengah ke bawah, smartphone kelas menengah dan kelas atas juga bisa mengunduhnya di tempat yang sama.

Adapun langkah-langkah penggunaannya sebagai berikut

  1. Install Aplikasi Google Go terlebih dahulu.
  2. Akses aplikasi Google Go tersebut dan cari portal berita dengan berita-berita yang ingin dibacakan.
  3. Untuk mengakses berita kamu tinggal tekan pilihan “Semua Aplikasi” dan cari kategori berita.
  4. Masuk ke portal berita yang kamu inginkan lalu pilih berita yang ingin dibacakan oleh Google Go.
  5. Pencet tombol play dengan lingkaran warna-warni yang berada di tengah bawah layar hape kamu.

Setelah itu, maka secara otomatis berita itu akan dibaca oleh Google. Kamu tinggal hanya mendengarkan saja. Gampang banget kan ?

Komentar
Continue Reading

Trending