Connect with us

Kesehatan

Hati-hati ! Cemas dan Stress Berlebih Bisa Memicu Radang Otak

Published

on

Buat kamu yang sering stress atau cemas berlebih sebaiknya mulai sekarang hati-hati, karena ternyata stress adalah salah satu pemicu penyakit yang sangat berbahaya yaitu radang otak.

Radang otak atau ensefalitis merupakan peradangan akut otak yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri (misalnya meningitis). Penyakit ini termasuk jenis penyakit berbahaya dan mematikan karena berkaitan dengan organ paling penting dalam tubuh manusia yakni otak.

img: ozhealthpharma.com.au

Penyakit radang otak dipicu oleh beberapa faktor, antara lain gaya hidup, pola makan, dan juga stress jangka panjang. Selain karena hal-hal tersebut, radang otak juga dapat disebabkan oleh masalah pada sistem kekebalan tubuh. Normalnya, sistem kekebalan tubuh akan berusaha melawan virus atau bakteri yang masuk ke tubuh supaya tidak menyebabkan penyakit yang serius. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa saja, namun anak-anak serta lansia memiliki risiko tertinggi karena sistem kekebalan tubuh mereka yang cenderung lebih lemah.

Selain itu, penyebab lain radang otak yang sering kita alami adalah stress. Dimana stress juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang otak mereka sendiri dan akhirnya terjadi peradangan otak. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa peradangan otak yang terjadi di belakang efek neurologis disebabkan oleh stres berat atau stres akut. Stres, kecemasan, dan depresi bisa menjadi pemicu seseorang menderita radang otak atau memperburuknya jika memang ia sudah berstatus penderita.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Buat Kamu yang Suka Begadang, Ini Dia 5 Tips Jitu Mengatasi Mata Panda

Published

on

Buat kamu yang sering begadang, tak jarang memiliki permasalahan mata panda yaitu area yangmenghitam disekitar mata. Masalah pada lingkaran mata ini tentu sangat mengganggu penampilan, sehingga perlu dilakukan perawatan agar lingkaran di bawah mata bisa hilang. Biasanya perawatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan krim mata, namun ternyata ada cara lain yang bisa mengatasi lingkaran hitam di bawah mata yaitu dengan kebiasaan-kebiasaan sederhana ini. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini

1. Meletakkan sendok stainless yang sudah didinginkan di area kelopak mata

img: kitamuda.id

Cara menggunakannya sangat mudah sekali lho, kamu tinggal masukan dua buah sendok kedalam kulkas lebih kurang selama 1 jam. Kemudian bagian belakang sendok yang cembung letakkan di kelopak mata dan diamkan selama 5-10 menit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal kamu bisa melakukanya setiap hari.

2. Biasakan tidur dengan waktu yang cukup

img: telegraph.co.uk

kelihatannya memang sepele, namun ternyata kebiasaan tidur dengan waktu yang cukup akan membantu mengurangi masalah mata panda. Sehingga penting bagi kamu untuk selalu mengatur waktu tidurmu.

3. Hindari sinar matahari secara langsung

img: famiele.com

Terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat kulit lebih gelap, hal ini karena matahari dapat meningkatkan kadar melanin. Sehingga jika sedang beraktivitas yang menyebabkan kulitmu terpapar sinar matahari langsung sebaiknya gunakan sunblock pada wajah dan juga area mata. Namun kamu juga bisa mengatasinya dengan menggunakan kacamata.

4. Meminum air mineral dan mengkonsumsi makanan yang mengandung air

img: daily express

Kulit wajah juga membutuhkan air yang cukup, karena jika kulit kekurangan air wajah akan terlihat kusam. Hal ini akan terlihat jelas area lingkaran bawah mata. Sehingga penting untuk kamu meminum air mineral dengan cukup dan konsumsi makanan yang mengandung air.

5. Hindari konsumsi garam yang berlebihan

Mengonsumsi garam secara berlebihan juga dapat memicu pembengkakan pada mata. Untuk itu agar perlu untuk menghindari mengonsumsi garam secara berlebihan.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

4 Cara Mudah Meracik Kopi Hitam Biasa Menjadi Istimewa

Published

on

By

Para penikmat kopi apa kabar? Semoga bulan puasa yang penuh berkah ini tidak mengurangi kenikmatan serta kekhidmatan dalam menyeruput kopi yang dalam satu bulan ini hanya bisa dilakukan di malam hari.

Ada dua golongan penikmat kopi di dunia ini. Golongan yang pertama adalah penikmat kopi sachet. Sedangkan golongan yang kedua adalah aliran garis keras  yang hanya mau meminum kopi tumbukan langsung, entah itu dari petani langsung ataupun dari mesin di cafe-cafe.

Tapi diantara dua golongan itu masih ada mereka yang berdiri di garis tengah. Yakni orang-orang yang berjuang membuat racikan kopi biasa ala kadarnya menjadi kopi yang istimewa seperti yang biasa kamu lihat di cafe-cafe kekinian. Padahal bahan-bahan yang digunakan tidaklah mahal dan mudah didapatkan.

Golongan inilah yang harus mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya. Dengan modal ala kadarnya, mereka mampu menciptakan racikan yang luar biasa enaknya. Kamu pun bisa mencoba melakukannya dengan mempraktekkan 4 cara berikut ini.

  1. Kopi Keju

images: republika.co.id

Biasanya kamu mengkonsumsi keju bersamaan dengan roti. Usai memakannya barulah minum kopi yang diberi campuran dengan gula. Tapi cobalah untuk keluar dari zona nyaman dengan mencampurkan kopi tanpa gula dan mengganti kedudukan gula tersebut dengan keju. Campuran rasanya dijamin akan bikin kamu ketagihan.

2. Es Kopi+Air Kelapa

images: liputan6.com

Cara membuatnya sangatlah mudah. Kamu tinggal mencampur bubuk kopi dengan air dingin lalu simpan dalam kulkas selama beberapa jam. Setelah itu saring dan campurkan dengan es kelapa muda. Kamu yang sedang mengantuk pasca makan siang pasti bisa langsung segar kembali setelah menikmati campuran minuman penuh kesegaran ini.

3. Kopi Mentega

images: hellosehat.com

Seduh bubuk kopi dengan air panas lalu campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dan 2 sendok makan mentega. Selain memberikan rasa yang unik, campuran minuman ini juga bisa menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan mengenyangkan perut yang sedang kelaparan.

4. Kopi+teh+susu kental manis

images: liputan6.com

Cara yang keempat ini sangatlah sederhana. Kamu tinggal mencampurkan kopi panas dengan teh dan susu kental manis. Atur sendiri takaran sesuai kebutuhan. Sensasinya akan memberikan kesegaran dan membuat semangat bekerjamu akan tumbuh lagi setelah kelelahan.

 

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi Saat Buka Puasa, Gak Cuma Kurma Aja Lho!

Published

on

By

Berbukalah dengan yang manis! Begitulah ungkapan yang beberapa tahun belakangan ini banyak diplesetkan menjadi “berbukalah dengan yang ada, karena yang manis belum tentu ada” ataupun “berbukalah dengan yang mau, karena yang manis belum tentu mau”. Apapun itu plesetannya, memang dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis.

Salah satu yang manis untuk berbuka puasa adalah buah kurma. Ya, ramadan tanpa kurma ibarat makan bakso tanpa pakai garpu. Kelihatan sepele namun berasa aneh saja. Seperti ada bagian yang kurang.

Lagian memakan kurma saat berbuka juga merupakan sunah Nabi Muhammad SAW. Sudah manis dan lezat, dapat pahala juga. Keuntungan berlipat ganda tentunya.

Tapi bagaimana jika tidak suka atau tidak memiliki kurma? Tenang, hasil riset dari pakar buah-buahan menyatakan bahwa bukan hanya kurma saja yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

  1. Pisang. Buah yang sangat digemari monyet ini akan membuat perutmu segera berasa kenyang karena kandungan karbohidratnya. Selain itu, pisang juga dapat memperlancar pencernaan.

images: http://cdn2.tstatic.net

2. Apel. Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin A, B, dan C. Apel juga bisa mengurangi nafsu liar makan dan minum kamu saat berbuka. Otomatis kamu tak perlu tersiksa ketika sholat taraweh hanya karena kebanyakan makan saat berbuka.

images: hellosehat.com

3. Blewah. Sering tergoda dengan buah ini ketika memasuki sepertiga akhir puasa? Sabar, tinggal merem aja udah buka kok. Buah yang sering menjadi penyempurna es buah ini bisa mengatasi rasa mual yang diakibatkan dari asam lambung.

images: cloudinary.com

4. Anggur. Walaupun harganya relatif mahal, tapi anggur ternyata sangat bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama menjalankan ibadah puasa.

images: bogor.net

5. Pepaya. Demi tetap lancarnya pencernaanmu selama bulan ramadan, maka sebaiknya kamu mengkonsumsi pepaya saat berbuka puasa. Oh iya, lebih nikmat lagi kalau disajikan dingin-dingin baru keluar dari lemari es.

images: idnews.co.id

6. Melon. Buah yang didominasi warna hijau ini juga cukup baik untuk pencernaan karena tinggi serat. Selain itu melon juga kaya akan kandungan vitamin C, kalium, dan beta karoten.

images: halloyahya.com

7. Semangka. Rasa hausmu akan langsung hilang ketika mengkonsumsi buah yang didalamnya terkandung 91% air ini. Semangka juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

images: brilio.net

Jadi tak usah khawatir yaa kalau berbuka tanpa kurma. Kamu tinggal pilih salah satu dari buah-buahan di atas. Setidaknya itu akan cukup membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

Komentar
Continue Reading

Trending