Connect with us

Aplikasi

HandBrake – Software Kompresi Video Gratisan dan Kualitas Premium

Published

on

Jadi gini sahabat spaneng…

Aku kemarin membuat video tutorial dengan QuickTime, software bawaan di Mac OS. Aku membuat video tutorial dengan merekam layar dan suara dengan durasi 30an menit. Kelar bikin tutorial, betapa kagetnya file video yang dihasilkan sekitar 1.5GB. Sempat sedikit bahagia karena ada fitur kompresi di QuickTime tapi kemudian sangat kecewa ketika hasil kompresi dengan kualitas video HD 720p itu sangat-sangat jelek, pun dengan hasil ukuran setelah kompresi yang tidak begitu signifikan (masih 800an MB). Aku mencoba kompresi ke HD 1080p, hasilnya cukup bagus tapi ya ukurannya cuma turun dikit (jadi 1.2GB). Ku cobalah upload video itu youtube dengan koneksi internet paket murahan. Proses upload butuh waktu sekitar 2.5jam, dan….. apesnya proses upload gagal ketika sudah mencapai 90%. Ini KAMPRETTT banget!!!

Mulailah gugling software kompresi video (yang gratisan tentunya). Lebih dari 5 software aku install-uninstall di laptop gak ada yang oke. Sampe akhirnya ketemu yang namanya HandBrake ini, software kompresi video yang gratis dan opensource :). Penggunaanya pun sangat mudah. Ketika buka aplikasinya kita langsung diarahkan untuk memilih video yang mau kita kompres. Setelah video dipilih, kemudian pilih formatnya (aku nyoba MP4 HD 1080p) dan tekan tombol Start. Butuh waktu sekitar 20menitan untuk proses kompresinya. Dan JENGJEENG…video hasil kompresinya 716MB !!! (dari 1.5GB). Itupun dengan kualitas yang masih sangat bagus menurutku.

So, buat kalian yang lagi butuh video converter / kompresi, aku rekomen banget kalian untuk nyoba HandBrake ini. Software kompresi video gratisan dengan kualitas Premium!!!

Download HandBrake Video Transcoder

 

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

4 Fitur WhatsApp yang Mungkin Kalian Belum Tahu

Published

on

Buat Sobat Spaneng yang menggunakan smartphone tentu sudah tak asing lagi dengan aplikasi perpesanan WhatsApp. Saat ini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi perpesanan instan paling populer di dunia lho ! Bahkan penggunanya mencapai 1,5 miliar lebih.
Namun apakah kamu tahu jika aplikasi WhatsApp juga menyimpan beberapa trik untuk mempermudah penggunanya ? Berikut beberapa trik yang mungkin belum kamu tahu :

img: bbc.com

1. Menghemat Konsumsi Paket Data

Banyak dari kita yang hanya ‘asal’ memakai aplikasi WhatsApp tanpa memanfaatkan fitur-fitur canggih didalamnya, salah satunya adalah fitur untuk menghemat konsumsi penggunaan paket data. Penggunaan paket data seringkali boros akibat pengiriman/ download gambar serta video. Untuk mengatasi hal tersebut, sebetulnya ada metode yang cukup mudah yaitu kamu tinggal masuk ke menu pengaturan dan di tab “Penggunaan data” pilih “Penggunaan data rendah.” Mudah bukan ?

2. Mengobrol Lebih Cepat

Fitur ini sangat simpel namun mungkin jarang digunakan. Seperti banyak aplikasi lain, kamu dapat mengirim pesan menggunakan tombol “Enter”. Cukup buka pengaturan, lalu pilih tab “Diskusi” dan pilih “Enter is send.”

3. Mengakses Statisktik Percakapan

Kamu juga bisa lho mengetahui berapa banyak pesan, data, dan panggilan yang dikirim maupun terima. Dan untuk mengakses informasi ini, kamu cukup pergi ke pengaturan dan membuka “Penggunaan data”. Di tab “Penggunaan jaringan” kamu akan menemukan semua data yang dicari.

4. Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp

Fitur lain yang tak kalah canggih adalah kemampuan mengirim pesan otomatis diaplikasi WhatsApp. Namun untuk menggunakan fitur ini kamu perlu smartphone yang sudah di-root terlebih dahulu dengan ROOT Seebye Scheduler. Aplikasi ini sangat intuitif, jadi yang perlu pengguna lakukan hanyalah memberi nama proses kamu, pilih kontak, lalu konfigurasikan tanggal, waktu, dan konten pesan.

Bagaimana, mudah bukan ? selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

Cara Kirim Pesan WhatsApp yang Tak Perlu Menyimpan Nomor Ponsel

Published

on

Mungkin sobat spaneng pernah dimintai tolong teman untuk mengirimkan pesan whatsapp ke seseorang namun tak mengenal orang tersebut, mau tak mau kamu tentu harus menyimpan nomornya terlebih dulu bukan ? Jika hanya seorang saja yang dikirimi pesan tentu bukan perkara yang sulit, namun bagaimana jadinya jika kamu adalah seorang admin suatu instansi misalnya, dan kamu diharuskan mengirimkan broadcast pengumuman kepada 100 orang atau lebih melalui WA ? Apa mungkin harus menyimpan dulu nomornya satu per satu ?

img: bbc.com

Nah untuk mengatasi hal tersebut, 3 tips mengirim pesan Whatsapp tanpa harus simpan nomer ponsel. Berikut selengkapnya\

  1. Menggunakan Tautan Wa.me
    Cara ini paling direkomendasikan oleh WhatsApp, karena tercantum pada FAQ sendiri. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni pengguna hanya perlu membuka browser di ponsel, lalu mengetikkan “wa.me” (tanpa tanda kutip) yang nantinya akan disusul dengan nomor telepon tujuan.
    Misalnya kita menggunakan nomor ‘+6281931754682’, maka nanti pengguna akan hanya perlu menulis https://wa.me/+6281931754682.
  2. Pakai Aplikasi Pihak Ke Tiga
    Selain dengan cara di atas, App Store dan Google Play juga menyediakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu pengguna melakukan metode ini.Aplikasi yang paling direkomendasikan adalah “Click to chat”, karena tidak memiliki iklan dan juga perizinan yang diajukan tidak aneh-aneh.
    Cara menggunakannya cukup mudah, dalam aplikasi tersebut kamu hanya perlu memasukkan kode nomor negara yang dilanjutkan dengan nomor telepon, lalu diiringi dengan pesan yang ingin disampaikan pada bagian bawah aplikasi.
  3. Trik Dalam Aplikasi
    Ini merupakan cara termudah dan tercepat, kamu hanya perlu memasukkan nomor ke address bar yang terdapat pada Google (Bukan Chrome). Nantinya nomor yang sudah dimasukkan akan ditekan cukup lama sehingga memunculkan opsi-opsi baru untuk menghubungi nomor tersebut. Cara ini dapat dilakukan dengan sistem operasi Android 9 Pie dan Android 10 yang terdapat pada sejumlah smartphone Google Pixel dan Android.

Bagaimana, mudah bukan ? selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

Mengintip Beberapa Fitur Baru Di WhatsApp

Published

on

Platform perpesanan pribadi WhatsApp kini terus mengembangkan berbagai fitur untuk memaksimalkan pelayanannya. Dan fitur terbaru yang akan dirilis adalah Boomerang dan Dark Mode. Bagaimana fitur-fitur tersebut ? berikut penjelasannya

  1. WhatsApp Boomerang

    img: harapan rakyat

    Seperti halnya fitur Boomerang di platform Instagram, Boomerang di WhatsApp pun sama yaitu gerakan berulang-ulang dengan durasi maksimal 7 detik. Nantinya para pengguna dapat memilih fitur Boomerang tersebut disebelah menu GIF.

    Fitur Boomerang di WhatsApp ini nantinya bisa dibagikan sebagai status WhatsApp, atau langsung dibagikan ke teman-teman di kontak WhatsApp. Namun, fitur itu nantinya akan tersedia untuk WhatsApp di iOS terlebih dahulu, baru kemudian disusul untuk pengguna WhatsApp di Android.

  2. Dark ModeDark mode atau mode gelap di WhatsApp memang belum dirilis secara resmi. Namun jika kamu sudah tak sabar, berikut beberapa langkah untuk mencobanya

Khusus untuk pengguna android, sebelumnya kamu bisa mendownload Android Q yang saat ini tersedia dalam versi beta.

1: Masuk ke menu Settings –> Display –> Select Theme –> Dark. Tema ini adalah tema gelap bawaan yang ditambahkan Google pada Android Q.

2: Jika dark theme sudah diaktifkan, selanjutnya kalian perlu mengaktifkan opsi developer untuk memberikan izin. Caranya, kembali ke Settings –> About Phone –> Build Number. Tap beberapa kali hingga muncul pesan ‘Developer Options is turned on’ yang menandakan bahwa opsi developer telah diaktifkan.

3: Setelah Developer Options aktif, cari ‘Override force-dark’ lalu tap. Sekarang kamu telah menggunakan mode gelap di WhatsApp !

4: Langkah-langkah di atas akan mengaktifkan tema gelap untuk WhatsApp di Android Q. Untuk mendapatkan pengalaman mode gelap seutuhnya, pastikan kalian menggunakan wallpaper gelap gelap sebagai background WhatsApp.

Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis secara global oleh Facebook, mengingat WhatsApp telah dibeli oleh Facebook. Namun jika bocoran dari fitur tersebut sudah terungkap, maka bisa diperkirakan bahwa fitur ini akan segera diluncurkan oleh Facebook dalam waktu dekat.

Bagaimana menurut sobat spaneng, apakah fitur ini nantinya cukup berguna atau akan sia-sia belaka ?

Komentar
Continue Reading

Trending