Connect with us

Internet

Dengan 6 Situs Ini Skripsimu Akan Cepat Kelar ! Mahasiswa Wajib Tahu Nih

Published

on

Bagi mahasiswa tingkat akhir, salah satu momok yang ditakuti adalah mengerjakan skripsi. Laporan karya ilmiah ini merupakan syarat kelulusan demi memperoleh gelar S1. Banyak yang lancar dan lulus tepat waktu, namun tak sedikit pula yang tersendat bahkan hingga Drop Out (DO) karena tak selesai mengerjakan skripsi. Nah bagaimana tips mengerjakan skripsi dengan lancar ? berikut beberapa situs yang bisa membantumu dalam menyelesaikan skripsi. Berikut selengkapnya

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Situs yang pertama adalah Perpusnas RI yang dikelola langsung oleh pemerintah Indonesia. Dalam situs ini, ada banyak jurnal ilmiah berkualitas yang bisa diunduh secara gratis. Tapi, pastikan kamu sudah mendaftar sebagai anggota ya. Cara mendaftarnya pun kurang lebih sama saat kamu mendaftar akun di media-media sosial.

2. Free-eBooks

Sesuai dengan namanya, Free-eBooks merupakan salah satu situs eBook yang terkenal dan bisa diunduh secara gratis. Pada situs ini tersedia bermacam-macam ebook dengan berbagai jenis kategori. Tak hanya ebook, kamu juga bisa mengunduh jurnal bahkan majalah sekalipun. Namun untuk mengunduh, kamu terlebih dahulu harus mendaftra menjadi member situs tersebut. Dan jangan khawatir, untuk menjadi member, tidak diperlukan biaya registrasi.

3. Indonesia One Search by The National Library of Indonesia

Berbeda dengan dua situs sebelumnya, untuk situs ini kamu tidak perlu login untuk mengunduh berbagai jurnal penelitian. Salah satu kelebihan dari situs ini adalah terdapat banyak jurnal dan ebook dari berbagai Institusi dalam dan luar negeri yakni sekitar 21.473.752 artikel jurnal full text dengan 2.734 jurnal reputasi berbagai bidang ilmu.

4. Open Library
Di situs ilmiah ini kamu bisa mengakses jurnal ilmiah maupun e-book gratis yang bisa dibaca kapan pun secara offline lho !

5. Microsoft Academic
Perusahaan raksasa milik Bill Gates ini pun juga tak mau ketinggalan, dengan situsnya yang bernama Microsoft Academic Search (MAS), kamu akan sangat terbantu dalam mengerjakan skripsi, thesis, ataupun aktivitas penelitian lainnya. Dan berbeda dengan google scholar yang lebih terfokus pada paper dan karya ilmiah, maka MAS akan memberikan layanan yang lebih lengkap meliputi jadual CfP (Call For Paper) dari sejumlah konferensi / seminar terkenal, Co Author Graph, Citation Graph, Daftar Jurnal kelas atas dll.

6. Google Scholar
Layanan milik Google ini juga tak kalah canggih dalam menyediakan referensi penelitian dalam format publikasi. Kamu bisa mencari berbagai jurnal penelitian terkait sesuai dengan topik yang kamu butuhkan untuk skripsi.

7. Indonesian Publication Index (IPI)
Mirip seperti Google Scholar, namun situs ini hanya berisi jurnal-jurnal berbahasa Indonesia. Cara mencarinya pun mudah, tinggal masukkan kata kunci di kolom pencarian.

8. Academia
Berbeda dengan situs-situ diatas, Academia merupakan jejaring sosial untuk para akademisi yang sering digunakan sebagai media sharing makalah penelitian. Jadi, di sini kamu hanya bisa mencari jurnal yang memang diunggah oleh pengguna Academia. Yang tak lain kelemahannya adalah cakupannya tidak terlalu lengkap.

Komentar
Continue Reading

Internet

Tips Menjaga Password Agar Tak Mudah Dibobol

Published

on

Ketika kamu memutuskan untuk masuk dalam sebuah aplikasi atau website, biasanya akan disarankan untuk menyiapkan password. Password sebaiknya mudah diingat tapi tetap memperhatikan sejumlah faktor keamanan agar tidak disalahgunakan pihak lain.

Berikut beberapa panduan atau tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar password tetap aman :

1. Segera ubah default password setelah membuat akun

Password default atau password bawaan adalah password pertama kali yang diberikan sebuah website yang kamu kunjungi. Jenis password ini sangat mungkin diretas. Mereka biasanya akan mencari informasi dengan mengunjungi website produsen tertentu dan mengunduh password pengguna secara manual. Jika kamu mendapatkan password default, segeralah untuk menggantinya dengan password yang kamu buat sendiri.

2. Pakai sistem kombinasi

Untuk memudahkan dalam mengingat, sebaiknya pilih sistem kombinasi saat membuat password. Mungkin inisial nama kamu, yang kemudian dikombinasikan dengan angka kesukaan. Password dengan sistem kombinasi membuat orang lain dan hacker sulit menebak.

3. Jangan sembarang menghubungkan perangkat ke jaringan wifi yang tidak dikenal

Penggunaan wifi dalam ruang publik bisa sangat berbahaya bagi keamanan password kamu. Jika perangkat terkoneksi dengan wifi palsu, maka semua aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya akan dapat dilihat oleh peretas. Tak jarang, hacker melakukan kegiatannya dengan menyediakan wifi palsu di ruang-ruang publik. Itu berarti, perjalanan seluruh trafik ditransfer dan aktivitasnya dapat dilacak secara teknis, sehingga data pribadi pengguna sangat rentan disalahgunakan.

4. Jangan login akun di sembarang perangkat

Lokasi login akun yang aman adalah di perangkat kamu sendiri, di laptop ataupun PC. Terkait soal keamanan password, sebaiknya hati-hati jika membuka alamat e-mail di tempat umum, warung internet, rumah teman, rumah saudara, atau kenalan kamu.

Tanpa kita tahu, mereka bisa saja memasang dan menginstal program mata-mata yang dapat mengetahui hal-hal yang kamu ketik di keyboard dan mengirimkannya ke e-mail yang telah diset. Bila ini terjadi, maka data-data kamu bisa bocor dan menjadi santapan empuk para hacker.

5. Gunakan password manager

Password manager adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur login password yang kuat dan rumit untuk beberapa akun yang kamu miliki. Password manager bertujuan untuk menyimpan informasi login akun di setiap website yang kamu akses, dan memudahkanmu untuk login kembali ke dalam website tersebut secara otomatis.

6. Gunakan password berbeda pada setiap akun

Password yang sama pada beberapa aplikasi yang berbeda adalah kesalahan fatal. Jika terjadi hal yang tak diinginkan, misalnya hacker berhasil mencuri password di salah satu situs website, maka ia akan mencari tahu website lain yang kamu miliki, dan mencoba membukanya dengan password tersebut.

Komentar
Continue Reading

Aplikasi

Cara Kirim Pesan WhatsApp yang Tak Perlu Menyimpan Nomor Ponsel

Published

on

Mungkin sobat spaneng pernah dimintai tolong teman untuk mengirimkan pesan whatsapp ke seseorang namun tak mengenal orang tersebut, mau tak mau kamu tentu harus menyimpan nomornya terlebih dulu bukan ? Jika hanya seorang saja yang dikirimi pesan tentu bukan perkara yang sulit, namun bagaimana jadinya jika kamu adalah seorang admin suatu instansi misalnya, dan kamu diharuskan mengirimkan broadcast pengumuman kepada 100 orang atau lebih melalui WA ? Apa mungkin harus menyimpan dulu nomornya satu per satu ?

img: bbc.com

Nah untuk mengatasi hal tersebut, 3 tips mengirim pesan Whatsapp tanpa harus simpan nomer ponsel. Berikut selengkapnya\

  1. Menggunakan Tautan Wa.me
    Cara ini paling direkomendasikan oleh WhatsApp, karena tercantum pada FAQ sendiri. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni pengguna hanya perlu membuka browser di ponsel, lalu mengetikkan “wa.me” (tanpa tanda kutip) yang nantinya akan disusul dengan nomor telepon tujuan.
    Misalnya kita menggunakan nomor ‘+6281931754682’, maka nanti pengguna akan hanya perlu menulis https://wa.me/+6281931754682.
  2. Pakai Aplikasi Pihak Ke Tiga
    Selain dengan cara di atas, App Store dan Google Play juga menyediakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu pengguna melakukan metode ini.Aplikasi yang paling direkomendasikan adalah “Click to chat”, karena tidak memiliki iklan dan juga perizinan yang diajukan tidak aneh-aneh.
    Cara menggunakannya cukup mudah, dalam aplikasi tersebut kamu hanya perlu memasukkan kode nomor negara yang dilanjutkan dengan nomor telepon, lalu diiringi dengan pesan yang ingin disampaikan pada bagian bawah aplikasi.
  3. Trik Dalam Aplikasi
    Ini merupakan cara termudah dan tercepat, kamu hanya perlu memasukkan nomor ke address bar yang terdapat pada Google (Bukan Chrome). Nantinya nomor yang sudah dimasukkan akan ditekan cukup lama sehingga memunculkan opsi-opsi baru untuk menghubungi nomor tersebut. Cara ini dapat dilakukan dengan sistem operasi Android 9 Pie dan Android 10 yang terdapat pada sejumlah smartphone Google Pixel dan Android.

Bagaimana, mudah bukan ? selamat mencoba !

Komentar
Continue Reading

Artis

Atta Halilintar Masuk dalam 10 Youtuber Terkaya di Dunia

Published

on

Siapa yang tak kenal sosok Atta Halilintar ? Anak sulung dari keluarga Gen Halilintar ini kini telah bergelimang harta karena profesi yang digelutinya, menjadi seorang Youtuber. Menjadi Youtuber nomor 1 di Indonesia, Atta bisa meraup pendapatan hingga 20 miliar per bulan. Sungguh angka yang fantastis untuk sebuah profesi pekerjaan yang tergolong baru.

Bahkan, Purple Moon Promo mencatat bahwa seorang Youtuber bisa mendapatkan pendapatan hingga Rp 112 miliar per bulan.
Pada laporan tersebut, Felix Kjellberg alias PewDiePie dinobatkan sebagai Youtuber paling kaya sedunia karena mengantongi 6,5 juta poundsterling atau Rp 112 miliar tiap bulannya.

img: kanal247

Pada kesempatan yang sama, pakar brand merchandise asal Inggris tersebut juga merilis daftar Youtuber dengan penghasilan terbanyak di dunia.

“Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas Youtuber sudah sangat meningkat. Beberapa dari mereka bisa dibilang bagaikan selebritas,” ujar juru bicara Purple Moon Promo seperti dilansir Hitekno dari Cosmopolitan, Rabu (21/8/2019).
“Pilihan karier modern ini tidak cuma bikin mereka mendapatkan popularitas, karena banyak dari mereka juga jadi berkantong tebal. Kami memutuskan untuk melihat dan mencari tahu 20 Youtuber yang paling banyak menjual produk dan dari iklan,” imbuhnya.

Menariknya, terdapat nama Atta Halilintar dalam daftar Youtuber paling tajir tersebut. Pria yang pernah digosipkan dengan Ria Ricis ini menempati urutan ke-8 dengan pendapatan 1,3 juta poundsterling atau sekitar Rp 23,8 miliar setiap bulannya.
Dan berikut ini 10 besar Youtuber dengan pendapatan terbanyak tahun 2019 versi Purple Moon Promo:
1. PewDiePie, kisaran £6,5 juta per bulan
2. Dude Perfect, kisaran £2,8 juta per bulan
3. VanossGaming, kisaran £2,1 juta per bulan
4. DanTDM, kisaran £2,1 juta per bulan
5. JuegaGerman, kisaran £1,8 juta per bulan
6. Markiplier, kisaran £1,7 juta per bulan
7. Collins Key, kisaran £1,7 juta per bulan
8. Atta Halilintar, kisaran £1,3 juta per bulan
9. jacksepticeye, kisaran £1,3 juta per bulan
10. Smosh, kisaran £1,3 juta per bulan

Komentar
Continue Reading

Trending