Hiburan, Musik

Begini Jadinya Kalau Lagu Manca Jika Ketemu Dengan Musik Gamelan

Gamelan , nama Gamelan sendiri sebenarnya berasal dari dua suku kata “gamel” dan “an”. Adapun Gamel dalam bahasa jawa berarti memukul atau menabuh, sedangkan an dalam bahasa jawa berarti kata benda. Jadi gamelan merupakan suatu aktifitas menabuh yang dilakukan oleh orang jaman dahulu yang kemudian menjadi nama alat musik ansambel, bahwa Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama.(wikipedia)

Gamelan memang identik dengan Indonesia karena sering dipakai dalam musik musik tradisional, seperti lagu lagu jawa juga dalam berbagai macam penampilan kesenian tradisional seperti wayang, tari-tarian dll.

Akan tetapi seiring berkembangnya zaman dan majunya teknologi musik gamelan ternyata juga bisa diracik dengan musik musik bernuasa pop sampai jenis musik EDM hlo.Beberapa lagu seperti Fix You Coldplay,Despacito bahkan sampai Marsmello ternyata jadi lebih asik dinikmati ketika dikolaborasikan dengan alunan musik gamelan. mungkin kamu akan merasa merinding bangga karena merasa memiliki warisan budaya yang bisa mendunia yaitu gamelan.

 

Bagaimana jadinya jika lagu Marshmello versi Trap House Music diubah dengan nuansa Gamelan Bali dicampur dengan Gamelan Jawa Timuran

 

Begini ni kalau Despacito dibalut Kendang Jaipong dengan nuansa Jawa Barat

 

pernah dibuat galau saat kamu mendengar lagu Coldplay “fix you”, kali ini lagu yang terkadang bikin baper ini di aransemen dengan nuansa instrumen gamelan Bali , ntaaaaps….

 

lagu lagu yang semula bergenre Rock seperti Bring me to life – Evanescence, Linkin park – In the end ternyata juga epic jika dikolaborasikan dengan alunan nada nada gamelan.

Comments

comments