Connect with us

Kesehatan

Bagian Tubuh Manakah yang Pertama Kali Kamu Bersihkan Ketika Mandi? Ternyata itu Menunjukkan Kepribadianmu lho!

Published

on

Kebersihan adalah bagian yang sangat penting dalam hidup kita. Semakin kamu higienis, semakin kamu merasa baik dan sehat. Dan salah satu kebiasaan untuk menjaga kebersihan badan adalah mandi. Tanpa kita sadari, ketika mandi ada bagian tubuh tertentu yang biasanya selalu dibasuh/dibersihkan pertama kali. Nah tahukah kamu ternyata ada beberapa fakta ilmiah menarik yang tentang bagian tubuh apa yang harus kamu cuci terlebih dahulu? Berikut selengkapnya.

  1. Muka

    allure.com

    Orang yang mencuci muka mereka terlebih dahulu tertarik dengan uang dalam hidup. Uang adalah hal terpenting dalam hidup mereka. Mereka menghabiskan seluruh hidup mereka untuk mendapatkan uang dan menabung untuk masa depan. Orang-orang yang mencuci muka lebih dulu juga baik di tempat tidur.

  2. Rambut

    gladchilhood.blogspot.com

    Kebalikan dari orang yang mencuci muka lebih dulu, orang-orang ini memiliki sifat artistik dan menggunakan hati daripada otak dalam mengambil keputusan. Mereka tidak mengejar uang dan umumnya mereka adalah orang yang gemar melamun. Mereka sangat malas tetapi bisa bekerja tanpa lelah untuk mencapai tujuan. Dan juga orang yang mencuci rambutnya terlebih dahulu ketika mandi sering sangat ‘kreatif’ di tempat tidur.

  3. Ketiak

    dreamstime.com

    Orang yang mencuci ketiak terlebih dahulu sangat ceria dan banyak orang menyukainya. Namun kelemahannya mereka terlalu bergantung pada orang lain untuk melakukan pekerjaan.

  4. Dada

    bloggersarena.com

    Orang-orang ini adalah yang paling logis dan lugas. Mereka tidak membuang waktu untuk hal-hal konyol. Mereka juga tidak suka jika pekerjaan mereka terganggu dan sangat membenci seseorang yang pemalas.

  5. Bahu

    revistaviver.com.br

    Mereka terus menerus gagal dalam hidup. Mereka adalah penyendiri dan orang-orang biasanya tidak menyukai orang golongan ini. Namun jangan langsung dipercaya ya guys! Karena semuanya tentu kembali kepada diri kita masing-masing.

  6. Alat Kelamin

    bloggersarena.com

    Orang-orang ini sangat baik di tempat tidur dan memiliki dorongan seksual yang tinggi. Mereka adalah kekasih yang sangat setia tetapi mereka termasuk golongan orang yang tertutup.

  7. Kaki

    www.mnn.com

    Orang dengan golongan ini biasanya selalu menyerah ketika ada saat-saat sulit dalam hidup mereka. Kepribadian mereka sangatlah patuh dengan aturan yang ada. Namun kelemahannya mereka memiliki pola pikir yang terbatas dan juga takut gagal. Bahkan golongan ini termasuk kedalam golongan yang “takut mencoba”.

  8. Leher

    dreamstime.com

    Orang-orang yang mencuci leher mereka dulu adalah orang yang mudah marah dan pengecut. Bahkan masyarakat sekitar berjuang untuk menerima kepribadian mereka yang keterlaluan.

  9. Bagian Lain

Orang yang mencuci bagian-bagian lain pertama (telapak tangan, hidung, mulut, dll)  biasanya mereka sering gagal mengenali kekuatan mereka sendiri. Mereka menerima orang-orang dengan kekurangan dan itulah sebabnya mereka adalah teman dan pasangan hidup yang sangat baik.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Ingin Tubuh Lebih Segar Saat Bangun Pagi? Cobalah Tidur Dengan Mendengarkan Musik

Published

on

By

Musik menjadi sesuatu yang sulit dipisahkan dari kehidupan, mulai dari membangkitkan semangat, menemani saat kamu sedih dan menemani kamu beraktifitas.

Selain memiliki manfaat yang sudah kamu pahami, ternyata musik juga mampu membantu orang dewasa untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan ketika bangun seseorang yang mendengarkan musik sebelum tidur akan mendapatkan tubuh yang lebih segar.

Musik bahkan dijadikan sebagai salah satu teknik relaksasi sebelum tidur. Seperti yang dilansir dari sleep. org ternyata  mendengarkan musik sebelum tidur dapat membantu orang yang mengalami gangguan dalam hal tidur untuk meningkatkan kualitas tidurnya.

Manfaat mendengarkan musik sebelum tidur tidak langsung bisa dinikmati karena dibutuhkan waktu hingga tiga minggu untuk melihat peningkatanya. Gunakanlah lagu-lagu yang sekiranya membuat kamu tidur lebih cepat dan merasa lebih baik saat bangun di pagi hari.

 

Kenapa Kamu harus Tidur dan Mendengarkan musik?

Image Unsplash

Musik terbukti dapat membuat otak bekerja lebih tenang dan memicu penurunan detak jantung serta memperlambat pernapasan.

Jenis Musik Apakah Yang Bisa Dijadikan Pilihan?

Image Unsplash

 

Cobalah menggunakan pilihan musik yang kamu sukai, musik – musik yang memiliki irama lambat sekitar 60 -80 BPM atau kamu bias mencoba mendengarkan lagu -lagu pilihan dari kategori lagu yang menurut kamu easy listening seperti musik klasik atau music jazz.

 

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Ingin Daya Tahan Tubuh Semakin Kuat? Konsumsi Saja Makanan Berikut Ini

Published

on

By

Idealnya musim kemarau berlangsung antara bulan April sampai dengan September. Namun karena situasi di Indonesia akhir-akhir ini sedang tidak ideal, maka kamu akan sering menemui hujan deras beberapa hari di pertengahan musim kemarau yang seharusnya sedang terik-teriknya ini.

Sehingga jangan heran kalau orang menyebut kita sedang berada di musim pancaroba atau peralihan. Aneh sih, dalam satu tahun kita harus mendengarkan kata pancaroba hampir setiap bulan karena cuaca yang tidak menentu. Dengan kondisi cuaca yang seringkali berubah dengan cepat, maka daya tahan tubuh pun jadi terancam. Tubuh jadi rentan terkena penyakit seperti flu, meriang, panas dalam ataupun radang.

Meskipun tergolong bukan penyakit berbahaya, namun tetap saja penyakit itu akan mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Untuk itulah ada baiknya kamu mengkonsumsi makanan berikut ini agar daya tahan tubuhmu meningkat dan tidak mudah sakit.

  1. Bawang Putih

bawang putih via resepkoki.id

Jangan kamu pikir bahwa khasiat bawang putih hanyalah mengusir vampire seperti yang kamu lihat di film-film. Ketika kamu mengkonsumsinya tanpa memasaknya terlebih dahulu secara rutin, kamu akan mendapat banyak sekali manfaat seperti menurunkan resiko kanker, memperkuat daya tahan tubuh, meredakan radang serta pilek dan banyak manfaat lainnya.

Khawatir bau mulut? tenang ini ada solusinya kok. Sebelum kamu makan, bawang putih tersebut kamu cuci bersih dahulu dengan air dingin. Lalu konsumsilah bawang putih bersama daun kemangi. Setelah itu minum yoghurt lalu sikat gigi. Dijamin kamu tak perlu malu ngobrol dengan gebetan pasca mengkonsumsi bawang putih. Terkecuali kamu mau mengusir vampire, ya tak usah gosok gigi.

2. Cabai

cabai segar via liputan6.com

Salah satu jenis rempah-rempah yang membuat bangsa Eropa menjajah Indonesia. Dalam cabe terkandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Jadi kandungan dalam cabai ini bisa mencegah sekaligus menyembuhkan peradangan.

Hanya saja kamu jangan mengkonsumsinya berlebihan. Iya sih kamu terhindar dari peradangan dan penyakit seperti flu/pilek, cuma kamu bisa sakit perut lalu bolak-balik ke kamar mandi. Jadi konsumsi sesuai porsinya ya.

3. Apel

apel hijau via sehat-natural.com

Selain jeruk, apel juga termasuk buah yang bisa memperkuat daya tahan tubuh. Apel memiliki senyawa yang mampu meredakan ataupun mencegah peradangan. Untuk itu tak ada salahnya kamu banyak mengkonsumsi apel selama musim masih disebut “pancaroba” ini.

Lagian kalau kamu sedang pedekate sama calon mertua, membawakan oleh-oleh buah apel saat berkunjung ke rumahnya juga terlihat manis kok. Apalagi kamu ditambahi sedikit promosi “ini apel bagus buat kesehatan lho pak, kesehatan bapak aja saya perhatikan, apalagi putri bapak 😀” *krik.

4. Lemon

es lemon menyegarkan via awsimages.detik.net.id

Kandungan vitamin C dalam lemon sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Rutin mengkonsumsinya maka kamu bisa terhindar dari flu ataupun pilek. Lebih segar lagi kalau kamu mengkonsumsinya dalam kondisi dingin.

Selain mendinginkan tenggorokan, semoga saja bisa sekalian mendinginkan suasana yang panas karena sedang musim pilkada. Maklum lagi banyak yang sedang gontok-gontokan sekarang.

5. Jahe

wedang jahe via http://cdn2.tstatic.net

Nah ini juga daya pikat kepulauan Hindia di masa lalu. Tanaman yang membuat tubuh terasa hangat saat dikonsumsi dalam bentuk minuman ini juga bisa memperkuat daya tahan tubuh.

Jadi kalau sedang banyak begadang karena nonton piala dunia, mendingan kamu perbanyak mengkonsumsi wedang jahe daripada kopi. Hangat dan menyehatkan, sehingga kalau esok pagi harus bekerja keras mengumpulkan uang untuk taruhan bola bisa tetap semangat.

6. Soup

semangkuk soup via taste.com

Mengkonsumsi soup akan melegakan tenggorokan. Selain itu kandungan vitamin, protein dan mineral didalamnya juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Memasaknya pun tergolong mudah dan tidak ribet.

Karena itu jika bingung mau masak apa, langsung saja masak soup. Sudah tidak ribet, menyehatkan lagi. Sangat cocok untuk perempuan yang baru saja menikah dan masih belum lihai urusan dapur.

Komentar
Continue Reading

Kesehatan

Terlihat Biasa Saja, Ternyata Bahan Makanan ini Bisa Mengakibatkan Overdosis Jika Dikonsumsi Secara Berlebihan

Published

on

By

Istilah Overdosis biasanya diidentikkan dengan penggunaan obat-obatan terlarang maupun konsumsi alkohol. Akan tetapi anggapan ini sebenarnya tak sepenuhnya benar, overdosis sejatinya merupakan reaksi keracunan pada tubuh akibat menumpuknya suatu zat (biasanya obat-obatan) dalam kadar yang tinggi dalam tubuh. Konsentrasi satu zat dengan konsentrasi tinggi dalam tubuh ini akan memberikan beban yang berat pada organ-organ dalam tubuh hingga mengalami kerusakan yang bahkan bisa menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

Tapi mungkin banyak yang belum tahu jika, selain obat-obatan, ternyata ada juga makanan yang sehari-hari kita konsumsi bisa juga mengakibatkan Overdosis, seperti yang dikutip dari listverse.com bahkan ada jenis makanan yang jika overdosis bisa juga mengakibatkan kematian.

Bahan makanan apa saja yang menyebabkan bisa overdosis berikut penjelasanya.

  1. Kecap Asin

    Image : Pinterest

Pada 2013, seorang pria berusia 19 tahun dari Virginia meminum 0,9 liter (1 qt) kecap setelah ditantang oleh teman-temannya untuk melakukannya. Dia mengalami koma dan hampir mati karena kadar garam yang ekstrim di tubuhnya. Hipernatremia adalah suatu kondisi di mana ada terlalu banyak garam dalam darah. Ketika aliran darah menjadi jenuh dengan garam, ia menarik air dari bagian lain dari tubuh, termasuk otak, dalam upaya untuk menurunkan konsentrasi garam. Ketika otak kehilangan air, ia bisa menyusut dan berdarah. Setelah remaja Virginia meminum kecap, dia mulai mengalami kejang. Teman-temannya membawanya ke rumah sakit, tetapi pada saat dia tiba, dia sudah jatuh koma. Dokter menyiram garam dari sistemnya menggunakan campuran air dan gula dekstrosa. Kadar natriumnya kembali normal lima jam kemudian, tetapi dia tetap koma selama tiga hari sebelum bangun sendiri. Dokter mengatakan bahwa pemuda itu beruntung masih hidup. Dia adalah orang pertama yang overdosis pada garam dalam jumlah besar dan bertahan hidup tanpa masalah neurologis abadi.

  1. Teh

    Image : Unsplash.com _Trent Erwin

Seorang pria Arkansas menderita gagal ginjal akibat terlalu banyak minum es teh. Pria 56 tahun itu minum sekitar 16 240-mililiter (8 oz) cangkir es teh setiap hari. Pada Mei 2014, pria itu dirawat di rumah sakit setelah mengeluh mual, lemah, dan nyeri tubuh. Dokter menemukan bahwa ginjalnya sangat tersumbat dan iritasi. Mereka memulainya dengan dialisis, yang mungkin akan dia jalani selama sisa hidupnya. Kerusakan pada ginjal pria disebabkan oleh zat kimia yang disebut oksalat. Zat kimia ini terjadi secara alami dalam teh hitam serta makanan lain seperti rhubarb dan bayam. Terlalu banyak oksalat dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Pria asal Arkansas itu mengonsumsi 3-10 kali lebih banyak oksalat daripada rata-rata orang Amerika. Menurut Harvard School of Public Health, mengonsumsi hingga empat cangkir teh per hari adalah jumlah yang aman. Enam belas cangkir per hari terlalu banyak.

  1. Pala

    Image : Unsplah.com_Baehaki Hariri

Pala populer sepanjang tahun ini, tetapi pastikan untuk tidak menaburkan terlalu banyak di atas makanan anda. Menelan sesedikit sekitar 4,4 gram (2 sdt) rempah-rempah dapat menyebabkan keracunan pala. Biasanya, orang yang mengonsumsi pala dalam jumlah besar mencari yang tinggi. Bumbu mengandung senyawa alami yang disebut myristicin, yang memiliki efek halusinogen dalam dosis besar yang mirip dengan yang tinggi dari LSD. Menggunakan rempah-rempah sebagai obat adalah praktik yang populer di kalangan remaja dan narapidana karena aksesibilitasnya. Tetapi meskipun pala itu legal dan mudah diperoleh, ada beberapa efek samping yang sangat tidak menyenangkan dari menelan jumlah yang diperlukan untuk mengalami yang tinggi. Dalam satu jam mengkonsumsi pala dalam jumlah besar, pengguna biasanya menderita masalah pencernaan yang parah. Setelah beberapa jam, orang dapat mulai mengalami masalah jantung dan saraf. Ini sangat berbahaya bagi siapa saja yang memiliki masalah jantung yang tidak terdiagnosis. Halusinasi tidak terjadi sampai beberapa jam setelah menelan pala, yang dapat menyebabkan orang untuk mengkonsumsi jumlah tambahan jika mereka pikir mereka gagal mengambil cukup pertama kalinya. Menggunakan bumbu sebagai obat bukanlah perkembangan modern. Kasus keracunan pala yang tersebar luas terlihat pada awal 1900-an dan kemudian lagi pada tahun 1960-an sebelum muncul kembali baru-baru ini.

  1. Pasta Gigi

    Image : Pinterest

Terlalu banyak pasta gigi bisa berakibat tragis. Pada awal 1990-an, label pasta gigi mengandung peringatan dasar yang mengatakan, “Jangan Menelan. Gunakan hanya jumlah seukuran kacang untuk anak-anak di bawah enam tahun. ”Administrasi Makanan dan Obat (FDA) tidak percaya bahwa peringatan ini membahas bahaya sebenarnya mengonsumsi pasta gigi. Jadi pada tahun 1997, peringatan racun ditambahkan ke produk pasta gigi yang mengandung fluoride. American Dental Association serta produsen pasta gigi berpikir bahwa persyaratan ini adalah reaksi berlebihan oleh FDA. Namun, FDA berpendapat bahwa fluoride adalah obat yang terkait dengan toksisitas dan, oleh karena itu, membutuhkan peringatan yang kuat bagi konsumen. Apakah atau tidak peringatan terlalu parah, mengonsumsi pasta gigi bukanlah ide yang baik. Menelan pasta gigi bebas fluoride dalam jumlah besar kemungkinan tidak lebih dari sakit perut. Namun, menelan pasta gigi dalam jumlah besar yang mengandung fluoride bisa berakibat fatal. Anak-anak lebih rentan terhadap keracunan fluoride karena tubuh mereka yang lebih kecil dipengaruhi oleh jumlah yang lebih kecil dari substansi. Satu tabung pasta gigi fluoride anak-anak mengandung cukup fluorida untuk membunuh seorang anak dengan berat kurang dari 30 kilogram (66 lb). Jika seorang anak hanya menelan 3 persen dari tabung, ia masih akan mengalami keracunan fluoride akut, yang menyebabkan gejala seperti flu, pusing, dan nyeri lambung.

  1. Belimbing

    Image: pintereset

Buah Belimbing dapat menyebabkan kerusakan besar di dalam tubuh jika terlalu banyak dikonsumsi. Bagi orang yang sudah memiliki ginjal yang lemah, kerusakan atau kegagalan ginjal dapat terjadi karena makan hanya dalam jumlah kecil. Buah belimbing mengandung racun yang mampu mendatangkan malapetaka pada sistem ginjal. Orang dengan ginjal sehat biasanya dapat menyaring racun tanpa efek buruk, tetapi siapa pun dengan kerusakan ginjal yang ada diperingatkan untuk tidak memakan buah bintang. Buah ini sangat berbahaya bagi orang yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki tahap awal kerusakan ginjal. Selain orang-orang yang memiliki masalah ginjal, mereka yang makan buah secara teratur atau minum jus buah bintang pada perut kosong berada pada risiko tertinggi untuk keracunan buah bintang. Gejala keracunan buah bintang termasuk mual, kelemahan, insomnia, kejang dan cegukan, yang merupakan gejala paling umum pada kasus ringan. Dokter dapat mengobati kasus toksisitas buah bintang yang parah dengan dialisis, tetapi fungsi ginjal tidak pernah kembali normal setelah kerusakan terjadi.

  1. Ikan Tuna

    Image : Unsplah_Nenad Radojčić

Peringatan tentang mengkonsumsi tuna umumnya diarahkan pada wanita hamil dan anak kecil, tetapi kita semua juga beresiko jika kita berlebihan di bar sushi. Daging, dimasak dan tuna kalengan semua mengandung merkuri. Merkuri ditemukan di sebagian besar jenis ikan, tetapi ikan predator yang lebih besar mengandung konsentrasi yang lebih tinggi. Tuna memakan ikan yang lebih kecil, jadi mereka juga mengkonsumsi kandungan merkuri ikan yang lebih kecil, yang meningkatkan tingkat merkuri mereka. Merkuri beracun bagi manusia. Jumlah kecil dapat disaring, tetapi jumlah yang lebih besar akan menumpuk dan menghasilkan keracunan merkuri. Tanda-tanda keracunan paling awal termasuk koordinasi yang buruk dan mati rasa di jari-jari tangan dan kaki, diikuti oleh tremor dan masalah penglihatan. Keracunan merkuri jangka panjang dapat mempengaruhi fungsi memori dan merusak proses belajar. Kasus yang parah dapat menyebabkan masalah ginjal, gagal napas dan kematian. Banyak orang yang sadar akan bahaya makan terlalu banyak tuna tetapi tidak menyadari jumlah sebenarnya yang “terlalu banyak”. Jenis tuna tertentu, seperti albacore yang populer, mengandung tingkat merkuri yang lebih tinggi. Untuk seseorang dengan berat 68 kilogram ( 150 lb) atau lebih, FDA merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari satu kaleng albacore seberat 170 gram (6 oz) setiap sembilan hari. Itu berarti kebiasaan tuna sehari-hari untuk makan siang akan cukup mudah menyebabkan keracunan merkuri.

Komentar
Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 HitsBanget.com. Powered by WordPress.